Kamu sekarang bisa menonton video TikTok secara offline, begini caranya

Kamu sekarang bisa menonton video TikTok secara offline, begini caranya

Techno.id - TikTok sekarang memungkinkan pengguna menonton video secara offline dengan fitur khusus yang disebut "Video Offline". Selama ini mungkin banyak dari pengguna yang mengunduh video Tik Tok secara manual. Nah fungsi Video Offline adalah mengotomatiskan prosesnya.

Fitur ini memungkinkan pengguna mengunduh antara 50 dan 200 video sekaligus sehingga mereka dapat menikmatinya secara offline nanti. Tentu saja, untuk menghemat data selular saat menggunakan TikTok, kamu bisa menggunakan Video Offline saat terhubung ke Wi-Fi.

Kamu kemudian dapat menonton video tersebut saat tidak lagi terhubung dengan jaringan internet. Contohnya termasuk saat kamu sedang traveling ke wilayah yang sulit akses jaringan selular atau saat dalam penerbangan.

Cara menggunakan fitur Video Offline di TikTok

Kamu sekarang bisa menonton video TikTok secara offline, begini caranya foto: tangkapan layar/techno.id/yani andriyansyah

Untuk memeriksa apakah kamu memiliki fitur tersebut, buka profil TikTok kamu dan ketuk ikon hamburger (tiga garis di pojok kanan atas). Pilih Pengaturan dan privasi. Di bawah Cache & Seluler, kamu akan menemukan video Offline jika memiliki fitur tersebut.

Saat kamu online, buka Video Offline dan pilih antara kumpulan video 50, 100, 150, dan 200. Tekan tombol Unduh dan aplikasi TikTok akan mengambil jumlah video yang ditentukan dari halaman Untuk Kamu.

Luncurkan aplikasi saat kamu offline dan langsung kembali ke Video Offline. Di situlah hiburan kamu disimpan. Kamu dapat menonton video ini tanpa koneksi internet.

Tetapi jika kamu menginginkan lebih banyak video, kamu harus online lagi. Di halaman Video Offline, kamu dapat mematikan Unduhan hanya melalui Wi-Fi, dan mendapatkan lebih banyak video TikTok menggunakan data selular.

Sekarang, bagaimana kamu melihat video baru tersebut? Salah satu opsinya adalah memilih video Offline di halaman yang sama, memilih paket yang lebih besar, dan mengetuk ikon Unduh. Aplikasi akan menambahkan video ini ke koleksi kamu.

Cara lain untuk mendapatkan video baru adalah menghapus unduhan yang ada dengan menekan Hapus di halaman Video Offline dan memulai dari awal. Setelah penyimpanan kamu kosong, cukup ketuk tombol Unduh video offline, yang menampilkan kembali empat opsi bundel kamu.

Apakah layak menggunakan fitur Video Offline TikTok?

Kamu sekarang bisa menonton video TikTok secara offline, begini caranya foto: freepik/luisanm

Fitur ini memungkinkan pengguna TikTok mengunduh kumpulan video dengan cepat saat online dan menontonnya melalui aplikasi tanpa terhubung ke internet.

Faktor kesenangannya mungkin tidak setinggi atau tahan lama seperti mengunduh video Netflix untuk ditonton secara offline, tetapi TikTok memiliki kelebihannya. Berikut adalah beberapa faktor kunci yang harus diperhatikan.

Kamu tidak dapat memilih video mana yang akan diunduh

Dari saat kamu memberi tahu TikTok untuk mengunduh sekumpulan video, aplikasi akan mengambilnya dari halaman Untuk Kamu secara acak. Jika kamu secara umum senang dengan konten yang ditampilkan TikTok kepada kamu, video yang diunduh akan menarik bagi kamu.

Namun, jika rekomendasi video TikTok selalu gagal, kamu mungkin tidak mendapatkan hiburan offline terbaik kecuali kamu mengunduh video TikTok yang kamu sukai secara manual.

Bisa juga ubah halaman TikTok Untuk Kamu dan video yang kamu rekomendasikan akan meningkat, menjadikan fitur Video Offline lebih menarik dan bermanfaat.

Tidak ada iklan

Iklan tidak dihitung sebagai video saat TikTok mengunduh kumpulan konten untuk ditonton secara offline. Jadi, ketika kamu meminta 200 video, itulah yang kamu dapatkan. Tidak ada iklan yang mengganggu. Ini adalah keuntungan utama dari fitur ini.

(brl/red)