Jangan panik, begini cara mudah mengatasi laptop freeze

Jangan panik, begini cara mudah mengatasi laptop freeze

Techno.id - Kamu mungkin pernah mengalami kendala saat menggunakan laptop yang tiba-tiba freeze atau berhenti merespons. Layar tetap menyala tetapi krusor tidak dapat digerakkan sama sekali.

Ini adalah permasalahan umum yang sering dialami banyak pengguna. Banyak faktor yang menyebabkan laptop nge-freeze, mulai dari penggunaan yang terlalu ekstrem, overheating atau panas berlebih, hingga kapasitas memori penuh.

Tapi nggak perlu khawatir dan panik, Techno.id sudah merangkum cara mengatasi laptop freeze dengan solusi tercepat, Rabu (21/9).

Gunakan tombol shorcut kombinasi

Jangan panik, begini cara mudah mengatasi laptop freeze foto: tangkapan layar/techno.id/rama prameswara

Saat laptop mengalami freeze, yang paling penting adalah tetap tenang. Jangan panik atau mencoba mematikan laptop secara paksa. Terlalu banyak pemadaman mendadak dapat merusak system di dalamnya.

Solusi paling efektif untuk mengatasi permasalahan ini adalah melakukan refresh VGA menggunakan shortcut. Tekan bersamaan tombol Ctrl + Shift + Windows + B, dalam beberapa detik kemudian biasanya laptop akan berfungsi lagi seperti biasa.

Jika masalah freeze pada laptop terus berlanjut meskipun telah mencoba cara di atas, mungkin ada masalah perangkat keras yang lebih serius. Konsultasikan dengan teknisi komputer atau dukungan pelanggan laptop kamu.

Menghadapi laptop yang freeze memang bisa sangat menjengkelkan, tetapi dengan cara di atas, kamu dapat mengatasi masalah tersebut dengan cepat dan menjaga laptop tetap berjalan dengan lancar. Selalu penting untuk menjaga laptop dalam kondisi yang baik agar dapat digunakan dengan optimal.

(magang/rama prameswara)

(brl/red)