Cara mengetahui kesehatan baterai MacBook, jangan abaikan saat menerima pesan disarankan servis

Cara mengetahui kesehatan baterai MacBook, jangan abaikan saat menerima pesan disarankan servis

Techno.id - Seperti perangkat lain, baterai MacBook juga rentan aus setelah beberapa kali siklus pengisian daya. Inilah alasan mengapa Apple menyediakan informasi kesehatan baterai untuk membantu pengguna memahami kondisi baterai mereka secara keseluruhan.

Jika kamu secara teratur memeriksa kesehatan baterai MacBook dan melihat peringatan Disarankan untuk Diservis, kamu harus memahami maksud rekomendasi yang diberikan Apple tersebut. Setelah itu, kamu bisa mengambil tindakan yangharus dilakukan.

Apple akan memberikan notifikasi Disarankan Servis

Saat kesehatan baterai MacBook turun di bawah 80%, biasanya kamu akan menerima pesan Disarankan untuk Diservis. Notifikasi tersebut mengindikasikan baterai MacBook kamu tidak lagi bekerja secara optimal dan membutuhkan perhatian segera.

Nah untuk memeriksa kesehatan baterai MacBook, klik logo Apple di bagian kiri atas layar. Pilih Pengaturan Sistem > Baterai. Pada tab Battery, klik tanda (i) di samping Battery Health (Kesehatan Baterai). Ini akan menampilkan kesehatan baterai Anda saat ini.

Yang harus kamu lakukan jika baterai MacBook membutuhkan perbaikan

Jika kamu melihat peringatan Disarankan untuk Diservis setelah memeriksa kesehatan baterai MacBook, berarti baterai tersebut perlu diganti. Kamu dapat menghubungi Dukungan Apple atau mengunjungi pusat layanan resmi Apple terdekat untuk mengganti baterai.

Cara mengetahui kesehatan baterai MacBook, jangan abaikan saat menerima pesan disarankan servis foto: freepik/drobotdean

Bisa juga karena bug perangkat lunak

Perlu diperhatikan bahwa tidak semua peringatan Disarankan untuk Servis berarti baterai perlu diganti. Meskipun jarang terjadi, bug perangkat lunak terkadang dapat menyebabkan pelaporan kesehatan baterai yang tidak akurat. Untungnya, pembaruan perangkat lunak rutin Apple juga berisi perbaikan bug.

Untuk memperbarui MacBook, buka Pengaturan Sistem > Umum > Pembaruan Perangkat Lunak. Jika ada pembaruan yang tersedia, unduh dan instal.

Ketika kamu menerima pesan Disarankan untuk Servis mengenai kesehatan baterai MacBook, harus segera ditangani. Peringatan ini dapat menjadi tanda bahwa baterai kamu sudah mendekati masa habisnya. Itu sebabnya mengapa baterai mungkin tidak dapat bertahan lama.

(brl/red)