9 Cara memperbaiki masalah paling umum yang sering dialami Chromebook

9 Cara memperbaiki masalah paling umum yang sering dialami Chromebook

Techno.id - Chromebook diklaim sebagai laptop yang sangat kuat, tetapi masih dapat mengalami kegagalan fungsi dari waktu ke waktu. Namun, sebagian besar masalah umum Chromebook dapat diselesaikan dengan mudah. Berikut adalah tips pemecahan masalah yang kamu perlukan untuk menyelesaikan masalah umum yang sering dialami Chromebook.

1. Chromebook sering macet

9 Cara memperbaiki masalah paling umum yang sering dialami Chromebook foto: freepik

Jika Chromebook kamu terus-menerus macet, mungkin karena kamu membuka terlalu banyak tab di Chrome. Bisa juga Chromebook kamu memiliki malware, atau bahkan kamu memasang terlalu banyak ekstensi browser. Kamu biasanya dapat mengatasi masalah apa pun di mana aplikasi Chromebook terus macet dengan memulai ulang Chromebook. Jika tidak, kamu mungkin perlu melihat browser.

Jika menurut kamu hanya satu tab yang menyebabkan masalah, tekan Ctrl + Shift + R untuk menyegarkan halaman secara paksa. Jika masalah kembali, buka menu Chrome dengan mengklik tiga titik vertikal di sudut kanan atas, lalu navigasikan ke Alat Lainnya > Pengelola Tugas, pilih tab yang menyebabkan masalah, dan klik Akhiri Proses.

Jika masalah berlanjut, hampir pasti itu adalah hasil dari aplikasi atau ekstensi jahat. Untuk memperbaikinya, coba tutup semua browser dan jendela aplikasi. Kamu juga dapat menonaktifkan ekstensi dan mengaktifkannya kembali satu per satu untuk mengidentifikasi ekstensi yang bermasalah dengan membuka Pengaturan > Ekstensi.

2. Peramban Chrome sering nge-lag

9 Cara memperbaiki masalah paling umum yang sering dialami Chromebook foto: freepik

Kelambatan browser biasanya merupakan gejala usia laptop, tetapi kamu dapat mengurangi beberapa beban pada perangkat keras yang sudah tua dengan mengubah kebiasaan menjelajah website. Mulailah dengan mengambil langkah-langkah dasar untuk meningkatkan kinerja browser Chrome, coba nonaktifkan ekstensi atau bahkan instal ulang Chrome.

Kamu juga dapat mencoba menggunakan aplikasi manajemen tab untuk Chrome. Masalah kinerja browser biasanya terjadi karena penggunaan memori melebihi RAM komputer yang tersedia, jadi mengurangi jumlah memori yang digunakan Chrome adalah satu-satunya cara sederhana untuk memperbaikinya. Tergantung pada laptop, kamu mungkin juga dapat meningkatkan RAM.

3. Semua hal menjadi lambat

9 Cara memperbaiki masalah paling umum yang sering dialami Chromebook foto: freepik

Jika Chromebook mengalami kelambatan bahkan saat kamu hanya menggunakan kalkulator atau menonton video yang disimpan secara lokal, itu bisa menjadi tanda bahwa kamu perlu memperbarui sistem operasinya. Versi baru ChromeOS biasanya diunduh secara otomatis, tetapi jika kamu membiarkan komputer berjalan setiap saat, kamu mungkin ketinggalan beberapa pembaruan.

Kamu dapat memeriksa apakah Chromebook memiliki pembaruan yang terlambat dengan menavigasi ke Pengaturan > Tentang ChromeOS > Google ChromeOS. Setelah memverifikasi bahwa Chromebook memiliki koneksi internet, klik tombol berlabel Periksa pembaruan. Jika ada pembaruan yang tersedia, Chromebook akan mulai menginstal pembaruan secara otomatis.

4. Masalah layar dengan monitor kedua

9 Cara memperbaiki masalah paling umum yang sering dialami Chromebook foto: google

Secara default, Chromebook menghasilkan tampilan yang diperluas saat kamu menyambungkan monitor lain. Jika kamu ingin mencerminkan layar, kamu mungkin merasa ini membuat frustrasi. Namun, menyesuaikan pengaturan tampilan adalah proses yang relatif sederhana.

Kamu dapat memperbaiki masalah layar Chromebook dan mengubah pengaturan tampilan dengan menavigasi ke Pengaturan > Perangkat > Tampilan. Kamu dapat memilih Tampilan Internal Cermin untuk mencerminkan layar, atau menggunakan opsi lain yang tersedia untuk menyesuaikan pengaturan tampilan sesuai keinginan kamu.

Jika monitor kedua tidak berfungsi sama sekali, kamu mungkin mengalami masalah perangkat keras. Coba matikan kabel daya, kabel display, dan monitor kedua tersebut. Jika Chromebook kamu memiliki beberapa port tampilan, coba sambungkan monitor ke port tampilan yang berbeda.

5. Kamera tidak berfungsi

9 Cara memperbaiki masalah paling umum yang sering dialami Chromebook foto: freepik

Jika kamera Chromebook kamu tidak berfungsi, mungkin karena aplikasi lain yang menggunakannya. Kamu dapat memeriksa aplikasi mana yang memiliki izin untuk menggunakan kamera di Pengaturan > Aplikasi > Kelola aplikasi. Kamu juga dapat memeriksa situs web mana yang memiliki izin kamera di browser Chrome di Pengaturan > Privasi dan Keamanan di bawah Pengaturan situs > Kamera.

Jika tidak dapat menemukan aplikasi mana yang menggunakan webcam, kamu juga dapat menggunakan Pengelola Tugas Google untuk menutup proses browser dan menutup semua aplikasi yang terbuka secara manual di desktop. Jika gagal, coba mulai ulang Chromebook. Jika menggunakan kamera eksternal, kamu juga harus memverifikasi bahwa kamera berfungsi dengan menghubungkannya ke perangkat lain.

6. Periferal Chromebook tidak berfungsi

9 Cara memperbaiki masalah paling umum yang sering dialami Chromebook foto: freepik

Jika papan ketik atau panel sentuh bawaan Chromebook tidak berfungsi, perangkat kamu mungkin mengalami masalah perangkat keras. Sebelum mengambil langkah pemecahan masalah apa pun, coba mulai ulang Chromebook kamu dan periksa apakah papan ketik dan panel sentuh kamu berfungsi saat menggunakan akun tamu. Jika berfungsi di akun tamu, kemungkinan besar masalahnya disebabkan kesalahan konfigurasi di akun pengguna Chrome.

Jika papan ketik dan panel sentuh Chromebook kamu masih tidak berfungsi, kamu perlu menggunakan alat diagnostik bawaan untuk mengatasi masalah tersebut. Kamu dapat melakukannya dengan membuka Pengaturan dan menavigasi ke Tentang ChromeOS > Diagnostik. Pilih perangkat periferal yang kamu atasi masalahnya, klik Uji, dan ikuti petunjuk di layar untuk mencoba dan menyelesaikan masalah tersebut.

Jika kamu kesulitan dengan keyboard atau mouse eksternal yang tidak berfungsi, kemungkinan besar masalahnya terkait dengan perangkat keras. Coba gunakan perangkat dengan port USB yang berbeda, dan coba sambungkan ke perangkat lain.

Jika periferal Bluetooth tidak dapat tersambung, kamu juga harus memverifikasi bahwa periferal tersebut tidak tersambung ke perangkat lain.

(brl/red)