10 Cara memperbaiki port pengisian daya iPhone yang tidak berfungsi

10 Cara memperbaiki port pengisian daya iPhone yang tidak berfungsi

Techno.id - Kamu pengguna iPhone dan pernah mengalami perangkat kamu tidak bisa di-charge? Padahal kamu sudah menggunakan pengisi daya bawaan Apple. Ada beberapa faktor yang menyebabkan iPhone tidak mau di-charge.

Biasanya ada penyebab umum mengapa iPhone tidak mengisi daya. Bisa jadi karena kabel atau adaptor pengisi daya rusak. Bisa juga karena port pengisian daya tersumbat, kerusakan perangkat keras, atau iPhone terlalu panas. Nah jika iPhone kamu berjalan dalam kondisi Baterai Dioptimalkan, matikan fitur tersebut agar iPhone dapat mengisi daya kembali.

Nah pada artikel ini, Techno.id ingin membahas mengenai penyebab iPhone tidak dapat di-charge karena masalah port pengisian daya. Berikut ini langkah-langkah yang harus kamu lakukan untuk memperbaikinya.

10 Cara memperbaiki port pengisian daya iPhone yang tidak berfungsi foto: freepik/pvproductions

1. Langkah pertama yang bisa kamu lakukan adalah dengan mencoba menggunakan kabel pengisian daya yang berbeda. Jika iPhone kamu mulai mengisi daya, itu artinya kabel bawaan iPhone kamu kemungkinan besar sudah tidak dapat diandalkan dan harus diganti.

2. Pastikan kabel sudah terpasang dengan benar. Sambungan yang longgar atau tidak sejajar dapat mencegah pengisian daya. Lepaskan dan sambungkan kembali kabel pengisian daya dan iPhone kamu.

3. Periksa di mana kabel dicolokkan jika iPhone tidak mengisi daya. Bisa jadi sambungan ke adaptor AC yang bermasalah. Coba colokkan iPhone kamu ke stopkontak yang berbeda atau port pengisian daya lain yang kompatibel. Jika iPhone kamu mengisi daya dari satu sumber dan tidak dari sumber yang lain, kemungkinan besar sumber daya itu sendiri yang menjadi masalah.

10 Cara memperbaiki port pengisian daya iPhone yang tidak berfungsi foto: freepik/pressfoto

4. Gunakan senter dan kaca pembesar, untuk memeriksa kotoran atau serpihan yang menghalangi koneksi pada port pengisian daya. Kemudian bersihkan port pengisian daya dengan hati-hati.

5. Jika iPhone kamu kehabisan daya untuk waktu yang lama, berikan sedikit goncangan agar daya yang ada cukup untuk menyalakannya.

6. Jika iPhone terlalu panas, pengisian daya akan berhenti untuk mendinginkannya. Setelah cukup dingin, seharunya iPhone akan mulai mengisi daya lagi.

7. Cabut dan nyalakan kembali iPhone kamu. Setelah proses restart selesai, colokkan kembali dan periksa apakah iPhone mendapatkan daya.

10 Cara memperbaiki port pengisian daya iPhone yang tidak berfungsi foto: freepik/rawpixel.com

8. Periksa pembaruan sistem iPhone kamu dan instal jika tersedia. Ini bukan penyebab yang umum, tetapi bisa saja terjadi.

9. Untuk iPhone 8 dan yang lebih baru mendukung pengisian daya Qi nirkabel. Coba letakkan iPhone di atas permukaan pengisian daya Qi yang kompatibel.

10. Jika tidak ada yang berhasil, saatnya untuk mencoba pengaturan ulang pabrik. Namun perlu diketahui, cara ini akan menghapus semua aplikasi, pengaturan, kontak, dan lain sebagainya. Selama memiliki cadangan, kamu bisa memulihkan semuanya, tetapi akan memakan waktu setelah pengaturan ulang selesai.

Setelah semua itu, jika iPhone kamu masih tidak mau mengisi daya, pilihan terbaik adalah membawanya ke tempat perbaikan resmi. Masalahnya bisa jadi karena faktor lain, seperti baterai, atau bisa juga karena ada kerusakan fisik pada port yang disebabkan air, terjatuh, atau kecelakaan lain yang tidak disengaja.

(brl/red)