Instagram rilis fitur kembalikan akun terbajak, ini cara menggunakannya

Instagram rilis fitur kembalikan akun terbajak, ini cara menggunakannya

Techno.id - Instagram akhirnya memberikan fitur keamanan baru untuk pengguna. Kali ini mereka meningkatkan keamanan dengan menyediakan website untuk mengembalikan akun Instagram terbajak.

Melaui kerjasama dengan Meta, Instagram resmi meluncurkan siten Instagram.com/hacked. Laman tersebut bertujuan untuk melaporkan dan menyelesaikan masalah terkait akun. Terlebih situs ini ditujukan membantu pengguna korban pembajakan atau peretasan akun, sehingga pemilik akun sulit untuk mengakses akun Instagramnya.

Situs Instagram Hacked menjawab kebutuhan pengguna untuk mengatasi keluhan tidak dapat login. Pemilik akun Instagram dapat meminta bantuan agar dapat memulihkan akun yang telah dibajak, melaporkan akun fake atau peniru, lupa password, dan kehilangan akses untuk autentikasi dua faktor 2FA.

Pengguna hanya tinggal memilih keluhan akun yang dialami. Kemudian cukup mengikuti instruksi yang diminta oleh sistem keamanan. Apabila pengguna mempunyai beberapa akun, tinggal memilih akun mana yang memiliki error atau telah dibajak.

Instagram juga memberikan fitur keamanan dengan sistem verifikasi dari teman. Artinya pengguna dapat meminta dua temannya untuk mengonfirmasi identitas si pemilik akun. Kedua teman yang telah dipilih diberi waktu 24 jam untuk merespon permintaan verifikasi. Setelah permintaan diterima, Instagram akan memberikan opsi kepada pemilik akun untuk mengatur ulang password.

Berikut techno.id sajikan Rabu (21/12) cara memulihkan akun instagram terkena bajak melalui Instagram Hacked:

Instagram rilis fitur kembalikan akun terbajak, ini cara menggunakannya

foto: Instagram.com

1. Silakan masuk ke situs Instagram.com/hacked
2. Kemudian pengguna akan diberikan form terkait alasan mengapa tidak dapat masuk ke akun
3. Kemudian pilih opsi jawaban "Akun saya diretas".
4. Masukan nama pengguna, nomor ponsel yang didaftarkan, atau email untuk sistem dapat mengidentifikasi pengguna.
5. Setelah itu silakan ikuti instruksi dari Instagram.

Instagram juga akan menelusuri cara untuk tindakan preventif dengan mengirimkan peringatan kepada pengguna, apabila mereka telah diikuti oleh akun fake atau peniru. Selain itu, Instagram telah merilis fitur centang biru yang akan ditampilkan ke Stories, DM, dan feed selain di halaman profil.


(brl/guf)