Cara update Windows 10 ke 11, pahami spesifikasi minimumnya

image

Techno.id - Microsoft sudah sejak 2021 silam secara resmi merilis Windows 11 sebagai update dari versi Windows sebelumnya yaitu Windows 10. Hadir dengan tampilan yang lebih segar, Windows 11 hadir untuk memberikan pengalaman penggunaan yang lebih maksimal dari versi sebelumnya.

Tidak hanya tampilan dan pengalaman penggunaan yang lebih menyenangkan, Microsoft juga memberikan berbagai fitur anyar pada Windows 11 untuk memudahkan berbagai keperluan setiap pengguna. Untuk melakukan update dari Windows 10 ke 11, ada dua cara yang bisa dilakukan. Tidak perlu ke gerai komputer, kamu bisa melakukan update manual secara mandiri.

Untuk melakukan update dari Windows 10 ke 11, kamu perlu memastikan beberapa syarat seperti spesifikasi minimum, ketersediaan upgrade, dan kelancaran konektivitas internet pada perangkat yang kamu gunakan. Bagaimana caranya? berikut techno.id telah merangkum dari berbagai sumber pada Selasa (10/5), Cara update Windows 10 ke 11.

Spesifikasi minimum upgrade ke Windows 11.

Cara update Windows 10 ke 11 news.microsoft.com

foto: news.microsoft.com

Untuk bisa melakukan upgrade dari Windows 10 ke 11 dengan lancar, terdapat spesifikasi minimum pada sebuah perangkat baik laptop maupun PC yang harus diperhatikan. Pembatasan spesifikasi dilakukan dengan tujuan kelancaran penggunaan perangkat dengan Windows 11.

Beberapa perangkat keluaran terbaru mungkin sudah bisa menjalankan Windows 11 dengan lancar, namun perangkat komputer dengan tahun produksi lama perlu melakukan pengecekan terlebih dahulu. Untuk detail spesifikasi minimum yang dibutuhkan, kamu bisa melihat daftar berikut.

CPU: CPU 64-bit dengan dua inti (dual core) atau lebih dengan kecepatan minimal 1 GHz
RAM: 4 GB
Storage: 64 GB
System firmware: UEFI, mendukung Secure Boot
TPM: Trusted Platform Module (TPM) versi 2.0
GPU: Mendukung DirectX 12 atau yang lebih baru dan driver WDDM 2.0
Display: Layar lebih besar dari 9 inch dengan resolusi HD (720p) yang mendukung sistem warna 8-bits per channel.

Spesifikasi tersebut merupakan standar minimum untuk bisa menjalankan Windows 11 dengan lancar. Namun pada seri processor Intel Core Gen 7 dan AMD Ryzen Gen 1 mungkin sudah tidak mendukung penggunaan Windows 11.

Cara update Windows 10 ke 11

Untuk melakukan update Windows 11 ada dua cara yang bisa kamu pilih sesuai preferensi yang dianggap paling mudah.

1. Melalui notifikasi Windows Update.

Cara update Windows 10 ke 11 news.microsoft.com

foto: news.microsoft.com

Cara pertama yang bisa kamu gunakan adalah cek Windows Update pada perangkat yang kamu gunakan. Jika versi Windows 11 telah tersedia pada perangkat yang kamu gunakan, kamu bisa melakukan update manual untuk bisa menggunakan Windows 11.

Untuk melakukan update Windows 11 melalui notifikasi Windows Update, kamu bisa mengikuti langkah berikut.

1. Masuk ke kolom pencarian dan ketikkan Check for updates, setelah muncul kemudian klik.
2. Klik Check for updates pada menu yang ditampilkan.
3. Jika update Windows 11 telah tersedia, kamu bisa mulai melakukan download Windows 11 dengan klik Download and Install.
4. Tunggu hingga proses download selesai. Proses download mungkin akan berlangsung lama, jika kamu menggunakan laptop, kamu bisa menghubungkan laptop yang kamu gunakan dengan adapter untuk menjaga laptop agar tidak kehabisan baterai.
5. Setelah proses download dan instal selesai, Windows 11 akan meminta perangkat yang kamu gunakan untuk di restart.
6. Setelah melakukan restart, kamu sudah bisa menggunakan Windows 11 pada perangkat yang kamu gunakan.

2. Melalui Windows 11 Installation Assistant.

Cara update Windows 10 ke 11 news.microsoft.com

foto: news.microsoft.com

Cara ini bisa kamu gunakan jika perangkat yang kamu pakai belum mendapatkan notifikasi untuk melakukan update ke Windows 11. Kamu perlu mendownload Installation Assistant terlebih dahulu sebelum melakukan update ke Windows 11.

Untuk mulai melakukan update Windows 11 menggunakan Installation Assistant, kamu bisa mengikuti langkah berikut.

1. Buka web browser yang kamu gunakan dan ketikkan Installation Assistant.
2. Pada urutan pertama akan muncul Download Windows 11 yang bersumber dari website resmi Microsoft, klik website tersebut.
3. Setelah masuk kedalam website resmi Microsoft, klik Download Now untuk mulai mendownload Installation Assistant.
4. Tunggu hingga proses download selesai.
5. Setelah proses download Installation Assistant selesai, klik dua kali pada setup Installation Assistant.
6. Jika muncul notifikasi User Account Control klik Yes.
7. Sebelum melakukan instalasi Windows 11, akan terdapat beberapa ketentuan yang perlu diperhatikan. Cermati secara rinci kemudian klik Accept and install.
8. Secara otomatis Installation Assistant akan mulai mendownload Windows 11. Proses download mungkin memerlukan banyak waktu, jika kamu menggunakan laptop, sebaiknya hubungkan perangkat tersebut dengan adapter yang ada.
9. Setelah proses download Windows 11 melalui Installation Assistant selesai, kamu diminta untuk merestart perangkat yang kamu pakai.
10. Setelah merestart perangkat yang kamu gunakan, kamu sudah bisa menggunakan Windows 11 pada perangkat yang kamu inginkan.

(brl/guf)