Ini 11 langkah yang musti dilakukan setelah membeli laptop baru

image

Techno.id - Laptop merupakan salah satu alat kerja yang memiliki banyak fungsi. Mulai dari menjalankan pekerjaan ringan hingga berat, laptop dapat menjadi salah atau piranti kerja yang bisa diandalkan.

Dalam memilih sebuah laptop, salah satu komponen yang perlu diperhatikan adalah processor. Semakin tinggi spesifikasi processor yang digunakan, semakin mudah juga sebuah laptop untuk menjalankan berbagai aplikasi.

Selain processor, komponen lain juga perlu dipertimbangkan seprti kapasitas RAM, storage, jumlah port, konektivitas wireless dan lain sebagainya. Tidak hanya berbentuk fisik, beberapa part yang tidak terlihat juga perlu mendapatkan sentuhan agar performa laptop yang dihasilkan bisa maksimal.

Ada beberapa langkah yang perlu kamu lakukan setelah membeli sebuah laptop agar penggunaan jangka panjang dari laptop yang kamu beli bisa nyaman dan awet digunakan. Berkaitan dengan hal tersebut, berikut techno.id telah merangkum dari berbagai sumber ada rabu (13/4), 11 langkah yang musti dilakukan setelah membeli laptop baru.

1. Cek kelengkapan unit

Salah satu langkah penting setelah membeli sebuah laptop baru adalah melakukan pengecekan pada unit yang diterima. Tidak jarang ada beberapa komponen atau package include yang tertinggal pada sebuah laptop.

Kamu bisa melakukan pengecekan agar tidak mengalami kerugian ketika membeli sebuah laptop baru. Jika terdapat kekurangan included package, kamu bisa melaporkan pada penjual dan meminta unit yang lengkap.

2. Baca buku panduan

Buku panduan merupakan salah satu user guide yang perlu kamu pelajari. Tidak hanya panduan, beberapa buku panduan juga menyediakan spesifikasi laptop yang kamu beli seperti jumlah port, kapasitas baterai, dan lain sebagainya.

Dengan merujuk pada buku panduan, kamu mungkin bisa mengatasi masalah yang mungkin timbul pada laptop yang kamu gunakan.

3. Update Operating system

Operating system, atau yang biasa disingkat dengan OS merupakan salah satu software yang membantu sebuah perangkat untuk menjalankan berbagai aplikasi lainnya.

Kamu bisa melakukan pengecekan pada laptop yang baru kamu beli, jika ada opsi update maka segera lakukan update. Tujuan dari melakukan update adalah mengatasi masalah yang mungkin ditimbulkan dari versi OS sebelumnya. Dengan melakukan update pada laptop yang kamu gunakan, kamu bisa menikmati performa maksimal dari perangkat tersebut.

4. Hapus aplikasi yang tidak diperlukan

Dalam beberapa perangkat seperti laptop, sering kali dijumpai beberapa aplikasi yang tidak diperlukan namun terinstall pada laptop tersebut.

Kamu bisa menghapus aplikasi yang mungkin tidak kamu butuhkan untuk jangka panjang agar performa laptop yang kamu miliki bisa berjalan dengan maksimal.

5. Atur ulang penggunaan daya

Baterai merupakan salah satu komponen penting yang ada pada sebuah laptop. Tidak seperti PC, kamu bisa menggunakan laptop tanpa harus selalu terhubung dengan daya listrik berkat adanya baterai.

Settingan awal baterai yang dibawakan pada sebuah laptop merupakan settingan default dari pabrik. Yang mana settingan ini merupakan settingan umum yang dilakukan ke semua laptop yang dibuat. Kamu bisa mengatur ulang settingan baterai sesuai kebutuhanmu agar penggunaan daya pada laptop yang baru kamu beli bisa maksimal.

6. Install Antivirus

Tidak hanya manusia, perangkat perkomputeran seperti laptop juga rawan terkena virus. Tentu saja virus yang menyerang laptop berbeda dengan virus manusia.

Kamu bisa menginstall Antivirus tambahan pada laptop yang baru kamu beli untuk memaksimalkan perlindungan dari berbagai virus seperti malware, bloatware, dan lain sebagainya.

7. Pengaturan backup data otomatis

Bagi kamu yang menggunakan laptop dengan mobilitas yang tinggi, kamu bisa melakukan bacup data pada perangkat yang kamu gunakan. Dengan tujuan meminimalisir terjadinya kehilangan data, kamu bisa melakukan langkah ini pada laptop yang baru kamu beli.

Berbagai sistem backup data sudah tersedia seperti cloud yang bisa menyimpan banyak data yang kamu miliki secara online.

8. Gunakan piranti pendukung

Untuk menjaga laptop yang baru dibeli, kamu bisa menggunakan berbagai alat tambahan yang bisa memperpanjang usia pemakaian laptop.

Salah satu alat yang bisa kamu gunakan adalah coolingpad. Alat yang berfungsi menjaga suhu laptop ini bisa kamu gunakan untuk meminimalisir panas yang ditimbulkan processor saat membuka aplikasi berat.

9. Atur ulang tampilan laptop

Pada bagian desktop, seringkali terdapat shortcut pada aplikasi tertentu yang sudah terinstal pada sebuah laptop. Kamu bisa mengatur ulang berbagai shortcut yang ada agar mempermudah penggunaan laptop yang baru kamu beli.

Kamu juga bisa mengatur ulang wallpaper dan settingan lainnya agar kamu merasa nyaman dalam menggunakan laptop untuk melakukan berbagai aktivitas.

10. Install aplikasi yang disukai

Secara umum, sebuah laptop memiliki beberapa aplikasi yang serupa pada laptop lain seperti Microsoft Office, Chrome, Firefox, berbagai aplikasi pemutar musik dan video, hingga aplikasi lainnnya.

Kamu bisa menambahkan berbagai aplikasi yang kamu sukai untuk menunjang berbagai keperluan yang kamu kerjakan. Pastikan juga bahwa laptop yang kamu beli mampu untuk menjalankan aplikasi yang kamu inginkan.

11. Gunakan pelindung laptop

Proteksi lebih pada sebuah laptop merupakan salah satu tindakan penting untuk melindungi laptop yang kamu gunakan dari berbagai kerusakan. Terlebih lagi jika laptop yang kamu beli masih menggunakan Hardisk sebagai sistem penyimpanan.

Kamu bisa menggunakan tas pelindung yang bisa melindungi seluruh body laptop yang kamu miliki agar terhindar dari berbagai kerusakan seperti benturan atau terjatuh.


(brl/guf)