7 Alasan harus upgrade ke Windows 11 pada laptop dan PC

image

Techno.id - Microsoft secara resmi telah merilis Windows 11 sebagai penerus Windows 10 yang sudah lama berjaya sebagai salah satu operating system bagi laptop dan PC.

Tidak banyak orang yang masih ragu untuk melakukan upgrade dari Windows 10 ke Windows 11 dengan berbagai alasan. Salah satunya adalah spesifikasi minimum yang dibutuhkan untuk dapat menginstal Windows 11 dengan lancar.

Spesifikasi yang dibutuhkan untuk dapat menjalankan Windows 10 dianggap terlalu berat, namun dibalik kendala tersebut, terdapat berbagai keunggulan yang dihadirkan Windows 11 salah satunya tampilan yang lebih menarik.

Tidak hanya itu, berbagai alasan lain menjadikan kamu perlu upgrade ke Windows 11, lalu apa saja alasannya? Berikut techno.id telah merangkum dari berbagai sumber pada Jumat (22/4), 7 Alasan harus upgrade ke Windows 11 pada laptop dan PC.

1. Tampilan yang lebih baru

 Windows 11 news.microsoft.com

foto: news.microsoft.com

Salah satu faktor penting yang menyebabkan kamu perlu upgrade ke Windows 11 adalah tampilan yang lebih baru dan lebih segar dari Windows 10. Apa menariknya?, Windows 11 menawarkan berbagai kemudahan customization pada semua penggunanya.

Dengan demikian, kamu bebas membuat tampilan pada laptop dan PC yang kamu gunakan sesuai selera yang kamu miliki. Ikon shortcut yang berada di tengah juga memberikan tampilan yang lebih menarik dan terkesan rapi.

2. Perubahan posisi Start Menu dan File Explorer

 Windows 11 news.microsoft.com

foto: news.microsoft.com

Pada Windows, 7, 8,1 maupun 10, posisi Start Menu dan File Explorer berada pada pojok kiri bawah, sedangkan pada Windows 11, Start Menu, File Explorer, serta berbagai shortcut aplikasi berada pada bagian tengah.

Dalam penggunaannya mungkin butuh penyesuaian untuk menggunakan Windows terbaru ini. Namun di sisi lain, penempatan berbagai ikon yang berada di tengah membuat tampilan dari Windows 11 lebih rapi dan enak dipandang.

3. Tampilan Widgets

 Windows 11 news.microsoft.com

foto: news.microsoft.com

Pada Windows 10 tampilan widgets yang dibawakan memang sudah lebih lengkap dibandingkan Windows 7 dan 8,1. Namun pada Windows 11, tampilan widgets yang dibawakan lebih simple dan rapi dengan mode transparan yang ditampilkan.

Sekali lagi, update Windows 11 mengarah pada tampilan yang membuat Windows terbaru ini menjadi menarik untuk digunakan pada perangkat yang kamu miliki.

4. Mudahkan komunikasi

 Windows 11 news.microsoft.com

foto: news.microsoft.com

Keunggulan lain dari Windows 11 ada pada dukungan Microsoft Teams yang mempermudah setiap pengguna untuk melakukan chat, telephone, hingga video call menggunakan aplikasi tersebut.

Kamu bisa menggunakan Windows 11 secara langsung untuk melakukan komunikasi seperti chat, telephone, hingga video call dengan berbagai orang tanpa perlu membuka smartphone yang kamu miliki. Cukup dengan laptop atau PC yang sudah menggunakan Windows 11, semua keperluan tersebut dapat dicover dengan mudah.

5. Microsoft Store terbaru

 Windows 11 news.microsoft.com

foto: news.microsoft.com

Pada update Windows 11, tidak hanya tampilan Microsoft Store yang mendapatkan penyegaran, berbagai fitur dan aplikasi yang ada pada Microsoft Store juga mendapat berbagai perubahan dan dukungan.

Microsoft Store telah menyediakan berbagai aplikasi Android yang sebelumnya hanya ada pada perangkat smartphone, kini sudah bisa dinikmati dengan mudah pada laptop dan PC dengan basis Windows 11.

6. Teknologi gaming terbaru

 Windows 11 news.microsoft.com



foto: news.microsoft.com

Kamu yang senang memainkan berbagai game baik online maupun offline menggunakan laptop dap PC tentunya akan senang dengan pembaruan fitur gaming yang ada pada Windows 11.

Pembaruan yang ada pada fitur ini menawarkan berbagai game yang bisa kamu mainkan dengan mudah dan nyaman. Tanpa menghilangkan berbagai fitur pada Windows 10, Windows 11 justru memberikan banyak perubahan yang mendukung keperluan para gamers.

7. Pembaruan fitur screenshot

 Windows 11 news.microsoft.com

foto: news.microsoft.com

Salah satu fitur unik dan menyenangkan lainnya ada pada fitur screenshot yang dibawa Windows 11. Fitur screenshot sebenarnya sudah ada pada Windows 10 yang bisa kamu lakukan dengan menekan tombol Win+Shift+S secara berbarengan.

Kamu bisa menyeleksi area tertentu yang ingin kamu screenshot dengan mudah. Namun pada Windows 11, fitur screenshot yang dibawakan lebih unik dan berbeda. Kamu bisa membentuk berbagai pola yang kamu inginkan dengan fitur screenshot yang disediakan.

Tidak seperti pada Windows 10, kamu hanya bisa membuat bentuk kotak pada gambar yang ingin kamu screenshot.


(brl/guf)