Beda Windows, MacOS, dan Linux sebagai sistem operasi

image

Techno.id - Perangkat keras seperti laptop, PC, Mac, dan MacBook hadir sebagai salah satu alat yang biasa digunakan untuk memudahkan pekerjaan setiap orang. Dengan bantuan perangkat tersebut, berbagai pekerjaan dapat dilakukan dengan mudah dan ringan.

Setiap perangkat yang ada tentunya membutuhkan bantuan sebuah software inti yang berfungsi untuk menjalankan berbagai software atau aplikasi lain pada perangkat tersebut. Operating system atau yang biasa disingkat dengan OS adalah sebuah software yang ada pada sebuah perangkat.

Dengan berbagai spesifikasi yang ada, software masing-masing memiliki kelebihan dan keunggulan yang dibawakan. Software yang umum atau sering digunakan antara lain Windows, MacOS, dan Linux. Ketiga software sistem operasi ini tentunya memiliki perbedaan dalam penggunaannya.

untuk membahas lebih dalam mengenai perbedaan ketiga software sistem operasi tersebut, berikut techno.id telah merangkum dari berbagai sumber pada Selasa (26/4), beda Windows, MacOS, dan Linux sebagai sistem operasi.

1. Windows

Windows, MacOS, dan Linux berbagai sumber

foto: microsoft.com

Windows adalah salah satu software yang paling banyak digunakan dalam berbagai perangkat komputer seperti laptop dan PC. Jika melirik ke belakang, sejarah Windows pertama kali pada 20 November 1985 dengan nama Windows 1.0.

Seiring perkembangan teknologi, Windows kian mengalami peningkatan dan pembaruan hingga versi terbaru hadir dengan nama Windows 11. Sebagai sistem operasi Windows memiliki tampilan yang mudah digunakan dengan berbagai menu yang lengkap.

Sebagai salah satu sistem operasi yang paling sering digunakan, Windows memiliki beberapa kelebihan dan kekurangan.

Kelebihan:
1. User interface yang mudah digunakan. Kebnyakan pengguna perangkat perkomputeran menggunakan Windows.
2. Banyak aplikasi yang dibuat khusu untuk perangkat dengan OS windows.
3. Bisa membuka lebih dari satu file dalam waktu bersamaan.
4. Hardware untuk windows mudah untuk didapatkan.
5. Grafis yang dihasilkan memiliki kualitas yang baik.

Kekurangan:
1. Memerlukan ruang penyimpanan yang besar.
2. Mudah terserang berbagai virus.
3. Lisensi Windows memiliki harga yang cukup mahal.
4. Pada perangkat dengan spesifikasi minim, Windows sering lambat dalam penggunaannya.
5. Sistem keamanan yang mudah dibobol.

2. Linux

Windows, MacOS, dan Linux berbagai sumber

foto: ubuntu.com

Selain Windows, ada sistem operasi lain dengan nama Linux. Linux pertama kali ditemukan oleh Linus Torvalds pada 1991. Dalam penggunaannya, Linux adalah sistem operasi dengan open source yang memberikan akses gratis pada setiap penggunanya.

Linux hadir dengan berbagai versi sistem operasi seperti Red Hat, Debian, Mandrake, SuSe, Xandros, Gentoo, Ubuntu, dan lain sebagainya. Sebagai sistem operasi, tentu saja Linux memiliki beberapa kelebihan dan kekurangan.

Kelebihan:
1. Linux merupakan sistem operasi open source yang bisa digunakan secara gratis oleh siapa saja.
2. Virtual memory yang ada pada Linux memuat perangkat dengan spesifikasi rendah bisa menjalankan aplikasi berat dengan lancar.
3. Stabilitas yang tinggi membuat perangkat yang menggunakan Linux bisa digunakan tanpa penurunan performa hingga perangkat tersebut rusak.
4. Dukungan oleh banyak programmer di dunia.
5. Linux bisa digunakan untuk berinteraksi dengan perangkat lain menggunakan kompabilitas file system, kompatibilitas network, dan emulasi operating system.

Kekurangan:
1. Dukungan aplikasi yang tersedia untuk Linux belum sebanyak Windows.
2. Penggunaan Linux yang lebih rumit dari Windows.

3. MacOS

Windows, MacOS, dan Linux berbagai sumber

foto: apple.com

Selain Windows dan Linux, sistem operasi lain yang ada pada perangkat komputer adalah MacOS. Macintosh Operating System atau yang biasa disingkat dengan MacOS merupakan sistem operasi yang ditemukan oleh Apple Inc Pada tahun 2001.

Selama penggunaannya, MacOS terus mengalami perkembangan. Dengan user interface yang mudah digunakan, MacOS menjadi salah satu sistem operasi pertama yang menggunakan Graphical User Interface (GUI), sebuah sistem operasi yang tidak hanya menggunakan teks, namun juga gambar.

Kelebihan:
1. Proteksi tinggi terhadap serangan virus.
2. User interface yang mudah dipahami membuat banyak pengguna tertarik menggunakan MacOS.
3. Performa tinggi yang dihasilkan membuat perangkat yang menggunakan MacOS bisa menjalankan berbagai aplikasi dengan lancar.
4. Penggunaan MacOS cocok untuk berbagai konten media sosial berkat tampilan yang menarik.

Kekurangan:
1. Dukungan aplikasi yang tidak sebanyak Windows.
2. Harga lisensi yang termasuk mahal untuk sebuah sistem operasi.
3. MacOS lebih dikhususkan untuk keperluan desaining.
4. Kurang mendukung untuk keperluan gaming.
5. Tidak dapat membuka aplikasi secara bersamaan.


(brl/guf)