Cara sederhana ubah charger bekas jadi lampu LED unik, lebih terang dari buatan pabrik

Cara sederhana ubah charger bekas jadi lampu LED unik, lebih terang dari buatan pabrik

Techno.id - Dimmer lampu adalah alat yang digunakan untuk mengatur intensitas cahaya pada lampu. Fungsi utama dari dimmer lampu adalah memberikan fleksibilitas pada penggunaan lampu, karena dapat mengubah suasana ruangan dengan mengatur intensitas cahaya. Artinya seseorang bisa mengatur kecerahan dari lampu untuk menerangi ruangan sesuai kebutuhan.

Dengan mengurangi intensitas cahaya, dimmer lampu dapat menghemat energi dan memperpanjang umur lampu. Pasalnya semakin rendah intensitas cahaya, semakin sedikit energi digunakan oleh lampu. Dimmer lampu dapat membantu menciptakan suasana lebih nyaman dan santai. Pada saat yang sama, pengaturan intensitas cahaya juga dapat membantu melindungi mata dari cahaya terlalu terang.

Karena dimmer lampu dapat memperpanjang umur lampu, menggunakan dimmer lampu dapat mengurangi biaya perawatan dan penggantian lampu terlalu sering. Namun, dimmer lampu mempunyai harga terbilang mahal dan memerlukan instalasi rumit.

Kendati demikian, seseorang dapat membuat sebuah dimmer lampu hanya berbekal adapter bekas saja. Penasaran seperti apa caranya? Berikut techno.id sajikan langkah-langkah membuat dimmer lampu, yang dirangkum dari kanal YouTube Inspirasi Usaha.

(brl/guf)