Cara sederhana meningkatkan masa pakai baterai smartphone, hindari dari sumber panas

Cara sederhana meningkatkan masa pakai baterai smartphone, hindari dari sumber panas

Techno.id - Masa pakai baterai smartphone masih menjadi masalah yang kerap dialami pengguna. Banyak dari mereka yang harus mengisi daya beberapa kali dalam sehari.

Apalagi jika smartphone mereka sudah digunakan cukup lama, maka akan semakin sering mereka mengisi daya. Karena itu ada beberapa cara sederhana untuk mengatasai atau mempepanjang masa pakai baterai smartphone.

Sudah bukan rahasia lagi jika panas menjadi musuh utama baterai. Karena itu hindari panas berlebih pada smartphone. Misalnya jangan biarkan smartphone terpapar matahari langsung saat terik atau meletakkan ponsel di dasbor mobil. Berjalan di pantai sambil menggunakan smartphone saat siang hari yang panas juga dapat menyebabkan panas berlebih pada perangkat.

Cara sederhana meningkatkan masa pakai baterai smartphone, hindari dari sumber panas foto: freepik/svetlanasokolova

Cara lain untuk membatasi berapa banyak siklus pengisian daya yang merusak masa pakai baterai adalah dengan membatasi pengisian daya baterai hingga 80%. Sebab, secara efektif kamu mengorbankan 20% baterai secara permanen. Hindari membiarkan daya ponsel melebihi 80% hingga 90%.

Sebaliknya, jangan biarkan daya ponsel turun di bawah 20% hingga 30% jika memungkinkan. Sementara pandangan yang menyebutkan kamu harus menguras baterai sebelum mengisinya adalah mitos yang harus dihentikan.

Cara terbaik yang dapat kamu lakukan untuk kesehatan baterai jangka panjang adalah menjauhkannya dari sumber panas dan menjaga persentase baterai dalam kisaran 20% hingga 90%.

(brl/red)