Begini cara memeriksa kesehatan baterai iPhone agar mendapatkan informasi yang jelas dan akurat

Begini cara memeriksa kesehatan baterai iPhone agar mendapatkan informasi yang jelas dan akurat

Techno.id - iOS menyertakan beberapa alat yang berguna untuk menampilkan berapa banyak masa pakai baterai yang tersisa di iPhone, serta aplikasi mana yang paling banyak menghabiskan baterai. Namun, tidak satu pun dari alat ini yang benar-benar memberi tahu kamu apa pun tentang kesehatan jangka panjang baterai.

Kesehatan baterai vs masa pakai baterai

Kesehatan baterai berbeda dengan masa pakai baterai. Masa pakai baterai menentukan berapa lama baterai bertahan dengan sekali pengisian daya. Tetapi kesehatan baterai menentukan seberapa banyak masa pakai baterai berkurang seiring waktu.

Setelah satu tahun, masa pakai baterai tidak akan bertahan lama seperti saat ponsel masih baru, dan akan terus menurun seiring berjalannya waktu.

Begini cara memeriksa kesehatan baterai iPhone agar mendapatkan informasi yang jelas dan akurat foto: freepik/alexraw

Jika kamu harus terus-menerus mengisi ulang ponsel karena baterainya hanya akan bertahan beberapa jam, kamu tahu betapa menjengkelkannya kondisi tersebut. Masalahnya, sebagian besar ponsel tidak memiliki baterai yang dapat diakses pengguna yang dapat ditukar dengan baterai baru.

Untungnya, ada dua metrik yang dapat kamu periksa untuk mendapatkan gambaran besar tentang kesehatan baterai. Pertama adalah kapasitas maksimum yang tersisa (total daya yang dapat ditahan baterai). Kedua adalah jumlah total siklus pengisian daya yang telah dilalui baterai.

Penggunaan baterai selalu mengurangi kapasitas total dari waktu ke waktu, tetapi baterai yang sehat hanya akan mengurangi beberapa persen dari kapasitas aslinya. Selain itu, baterai lithium-ion yang ditemukan di hampir semua ponsel cerdas, mengalami penurunan pada setiap siklus pengisian daya.

Apple mengatakan mereka merancang baterai iPhone sehingga harus mempertahankan sekitar 80% dari kapasitasnya setelah 500 kali pengisian daya. Data kesehatan baterai tidak tersedia di pengaturan iOS, jadi kamu harus mengambil beberapa tindakan ekstra untuk mendapatkan informasi ini.

Lihat di pengaturan

Begini cara memeriksa kesehatan baterai iPhone agar mendapatkan informasi yang jelas dan akurat foto: tangkapan layar/techno.id/yani andriyansyah

Untuk pengguna iPhone lama yang tidak dapat memperbarui perangkat mereka, dapat melihat kesehatan baterai di pengaturan. Buka aplikasi pengaturan, lalu navigasikan ke Baterai > Kesehatan Baterai.

Dari sana, kamu akan melihat persentase di sebelah "Kapasitas Maksimum", yang memberi kamu gambaran, apakah baterai iPhone kamu dalam keadaan sehat atau tidak. Semakin tinggi persentasenya, semakin baik.

Di bawahnya, kamu akan melihat kinerja iPhone berdasarkan kesehatan baterai dalam "Kemampuan Kinerja Puncak." Untuk baterai dalam kondisi baik, kamu mungkin akan melihat baterai saat ini mendukung kinerja puncak normal. Jika tidak, kamu mungkin melihat pesan yang berbeda jika baterai rusak sama sekali.

(brl/red)