8 Cara mengisi daya baterai smartphone dengan benar, biar masa pakainya makin panjang

8 Cara mengisi daya baterai smartphone dengan benar, biar masa pakainya makin panjang

Techno.id - Ada banyak alasan mengapa baterai smartphone tampak semakin buruk dari waktu ke waktu? Sebagian besar bisa jadi disebabkan cara kamu menggunakan ponsel, aplikasi yang diinstal, sampah yang dikumpulkan, penyesuaian yang kamu buat, termasuk semakin banyak notifikasi yang membebani baterai.

Baterai smartphone, seperti semua baterai, mengalami penurunan seiring waktu, yang berarti baterai tersebut semakin tidak mampu menahan jumlah daya yang sama. Meskipun seharusnya memiliki masa pakai antara tiga dan lima tahun, atau antara 500 dan 1.000 siklus pengisian daya, baterai ponsel berusia tiga tahun tidak akan pernah bertahan seperti baterai baru.

Saat ini hampir semua smartphone menggunakan baterai lithium-ion. Ada tiga faktor yang membuat baterai jenis ini aus, jumlah siklus pengisian daya, suhu, dan usia. Namun, berbekal tips untuk praktik perawatan baterai terbaik di bawah ini, kamu dapat menjaga kesehatan baterai ponsel cerdas lebih lama.

1. Perhatikan siklus pengisian daya baterai

8 Cara mengisi daya baterai smartphone dengan benar, biar masa pakainya makin panjang foto: freepik/macrovector

Siklus hidup baterai ponsel lithium-ion diukur dalam "siklus pengisian daya". Baterai baru biasanya akan bertahan antara 300 dan 500 siklus pengisian daya. Mungkin hanya dua tahun jika kamu tidak berhati-hati dengan kebiasaan pengisian daya.

Artinya, baterai ponsel akan mati setelah diisi beberapa ratus kali, tetapi kapasitasnya pasti akan berkurang semakin banyak diisi. Untungnya, ada cara untuk memperlambat kecepatan siklus ini.

Nah satu siklus pengisian penuh dihitung saat kamu menghabiskan 100% kapasitas baterai. Mungkin perlu beberapa hari untuk menyelesaikan satu siklus penuh. Jika kamu menggunakan 60% dari kapasitas baterai pada suatu hari dan kemudian mengisinya kembali sepenuhnya dalam semalam, diikuti dengan menggunakan 40% keesokan harinya, kamu akan menghabiskan total 100%. Dua hari itu menambah hingga satu siklus pengisian penuh.

2. Waktu untuk mengisi daya smartphone

8 Cara mengisi daya baterai smartphone dengan benar, biar masa pakainya makin panjang foto: freepik/macrovector

Aturan yang ideal kamu harus menjaga pengisian daya baterai antara 30% dan 90% hampir sepanjang waktu. Isi ulang saat turun di bawah 50%, tetapi cabut sebelum mencapai 100%.

Tetapi banyak pengguna yang terbiasa membiarkan pengisian daya semalaman. Namun dengan mendorong pengisian dari 80-100% menyebabkan baterai lithium-ion menua lebih cepat.

Mungkin lebih baik mengisi ulang baterai di pagi hari. Dengan begitu, lebih mudah untuk mengawasi persentase baterai selama pengisian daya. Sebaliknya, hindari membiarkan baterai ponsel di bawah 20%. Sebab, baterai lithium-ion tidak optimal jika terlalu jauh di bawah angka 20%. Performa baterai lithium-ion paling baik berada di tengah. Jangan sampai persentase baterai terlalu rendah, tapi juga jangan terlalu tinggi.

3. Hindari pengisian daya sampai 100%

8 Cara mengisi daya baterai smartphone dengan benar, biar masa pakainya makin panjang foto: freepik/mego-studio

Beberapa orang menyarankan agar kamu melakukan pengisian ulang baterai dari nol hingga 100% penuh (siklus pengisian daya) sebulan sekali. Karena cara ini akan mengkalibrasi ulang baterai, yang mirip dengan me-restart komputer. Namun untuk menjaga masa pakai baterai jangka panjang tetap sehat, pengisian daya yang sering dan kecil lebih baik daripada pengisian penuh.

Jika kamu pengguna iPhone sebaiknya mengaktifkan fitur Pengisian Daya Baterai yang Dioptimalkan dengan membuka Pengaturan>Baterai> Kesehatan Baterai. Fotur ini dirancang untuk mengurangi keausan pada baterai dan meningkatkan masa pakainya dengan mengurangi waktu yang dihabiskan iPhone untuk terisi penuh.

Saat fitur diaktifkan, iPhone akan menunda pengisian daya hingga melewati 80% dalam situasi tertentu, bergantung pada Layanan Lokasi yang memberi tahu ponsel saat berada di rumah atau kantor.

Pengguna iPhone 15 disarankan menggunakan pengaturan Pengoptimalan Pengisian Daya baru Apple yang membatasi pengisian daya iPhone hingga 80% untuk mengurangi keausan baterai.

Semakin dalam kamu mengosongkan baterai lithium, semakin banyak tekanan yang ditimbulkan pada baterai. Jadi, pengisian ulang yang sering dapat memperpanjang masa pakai baterai.

4. Hindari mengisi daya ponsel semalaman

8 Cara mengisi daya baterai smartphone dengan benar, biar masa pakainya makin panjang foto: freepik/rawpixel.com

Cara terbaik adalah menghindari pengisian baterai semalaman. Karena hampir pasti berarti kamu mengisi daya baterai hingga 100%, Mungkin akan nyaman ketika bangun tidur di pagi hari, baterai perangkat telah terisi 100%, Namun setiap pengisian penuh dihitung sebagai siklus.

Meskipun sebagian besar ponsel cerdas modern saat ini memiliki sensor internal untuk mematikan pengisian daya saat mencapai 100%, jika masih dihidupkan, baterai akan hilang dalam jumlah kecil saat tidak digunakan.

Sebab, saat mengisi daya semalaman, perangkat kamu akan mengalami "pengisian tetesan" untuk menjaga baterai ponsel tetap 100%. Padahal ponsel secara alami kehilangan dayanya sendiri di malam hari. Ini berarti ponsel kamu terus-menerus terpental antara pengisian penuh dan sedikit di bawah pengisian penuh tersebut atau 99% hingga 100%. Siklus ini akan terus berlangsung selama pengisian daya dan itu dapat memanaskan ponsel yang juga berdampak buruk pada baterai.

(brl/red)