Cara memeriksa aplikasi yang banyak menghabiskan baterai di iPhone  

Cara memeriksa aplikasi yang banyak menghabiskan baterai di iPhone  

Techno.id - Sejak iOS 8, pengguna dapat melihat aplikasi mana saja yang paling menguras baterai, termasuk yang berjalan di latar belakang di iPhone. Nah kamu dapat menghentikan aplikasi boros daya tersebut agar tidak menggunakan begitu banyak daya baterai, terutama jika aplikasi tersebut menghabiskan baterai di latar belakang saat kamu tidak menggunakannya.

Sebenarnya tujuan aplikasi berjalan di latar belakang berguna untuk membantu pengguna agar dengan mudah mengakses aplikasi tersebut saat dibuka kembali. Tetapi pada saat yang ama aplikasi-aplikasi tersebut menggunakan daya dan menghabiskan masa pakai baterai.

Lihat aplikasi berdasarkan penggunaan baterai

Cara memeriksa aplikasi yang banyak menghabiskan baterai di iPhone foto: tangkapan layar/techno.id/yani andriyansyah

Informasi ini tersedia di layar Pengaturan. Untuk mengaksesnya, ketuk Pengaturan di layar Beranda, lalu ketuk Baterai. Persentase penggunaan baterai ditampilkan untuk setiap aplikasi yang saat ini menggunakan daya baterai, dengan aplikasi yang menggunakan daya baterai paling banyak tercantum di bagian atas.

Mengetuk ikon jam akan menampilkan berapa menit setiap aplikasi telah aktif di layar, di latar belakang, atau keduanya. Kamu juga dapat mengetuk nama aplikasi apa pun untuk menampilkan informasi ini untuk semua aplikasi.

Memahami penggunaan baterai

Cara memeriksa aplikasi yang banyak menghabiskan baterai di iPhone foto: tangkapan layar/techno.id/yani andriyansyah

Daftar penggunaan baterai menyediakan dua kolom berbeda. Kamu dapat melihat berapa banyak aplikasi baterai yang telah digunakan dalam 24 jam terakhir, dalam 7 hari atau 10 hari terakhir. Ketuk salah satu kolom untuk melihat daftar.

Di bagian Waktu Sejak Pengisian Penuh Terakhir, di bawah daftar Penggunaan Baterai, kamu akan melihat dua jumlah waktu, Penggunaan dan Siaga. Penggunaan menunjukkan berapa lama kamu benar-benar menggunakan ponsel dalam hitungan jam dan menit sejak terakhir kali terisi penuh. Jumlah waktu ponsel kamu tidak digunakan sejak pengisian penuh terakhir ditampilkan di sebelah Siaga.

Tidak ada tindakan yang dapat kamu ambil dari layar khusus ini. Mengetuk nama aplikasi akan menampilkan jumlah menit di layar dan di latar belakang.

Layar ini bekerja secara berbeda dari layar baterai Android. Data Android disetel ulang saat kamu mengisi daya perangkat, sehingga layar selalu menampilkan data dari siklus pengisian daya terakhir. Sementara di iOS, selalu menunjukkan masa pakai baterai selama periode waktu tertentu. Misalnya, jika kamu menggunakan perangkat dengan sangat berat dan mengisi dayanya tiga kali sehari, daftar 24 Jam Terakhir akan menampilkan penggunaan baterai selama tiga kali pengisian daya terakhir tersebut.

Ingatlah hal ini, daftar ini tidak akan menunjukkan dengan tepat apa yang menghabiskan baterai selama pengisian daya terakhir. Itu hanya akan menunjukkan aplikasi mana yang paling banyak menggunakan baterai.

Jadikan aplikasi menggunakan lebih sedikit daya baterai

Cara memeriksa aplikasi yang banyak menghabiskan baterai di iPhone foto: freepik/grinvalds

Dalam kebanyakan kasus, aplikasi yang muncul dalam daftar ini menggunakan daya baterai karena perangkat kamu secara aktif menggunakan aplikasi tersebut. Jadi, jika kamu melihat WhatsApp misalnya di iPhone, di dekat bagian atas daftar, itu karena kamu menghabiskan banyak waktu menggunakan WhatsApp di perangkat.

Tentu saja, tidak semua aplikasi akan menggunakan daya yang sama. Game yang intensif grafis akan menggunakan lebih banyak masa pakai baterai dalam 10 menit daripada peramban web Safari atau aplikasi dasar lainnya.

Untuk sebagian besar aplikasi di sini, tidak banyak yang dapat kamu lakukan untuk mengurangi penggunaan baterainya selain mengurangi penggunaan aplikasi. Jika kamu melihat game menggunakan banyak daya baterai, perhatikan berapa banyak baterai yang terkuras game tersebut saat kamu memainkannya. Pertimbangkan untuk memainkan game yang tidak terlalu intensif grafis jika perlu menghemat baterai.

Beberapa aplikasi dalam daftar memiliki label Aktivitas Latar Belakang. Ini berarti aplikasi menggunakan daya baterai dengan berjalan di latar belakang. Misalnya, aplikasi Mail secara otomatis mengambil email baru di latar belakang.

Untuk mencegah aplikasi menggunakan data di latar belakang, navigasikan ke Pengaturan > Umum > Penyegaran Aplikasi Latar Belakang. Nonaktifkan penyegaran latar belakang untuk aplikasi penghisap baterai, mencegah mereka menyegarkan datanya di latar belakang.

(brl/red)