Cara sederhana memasangkan laptop dengan monitor eksternal, main game makin puas

Cara sederhana memasangkan laptop dengan monitor eksternal, main game makin puas

Cara sederhana memasangkan laptop dengan monitor eksternal

Sebelum memasangkan laptop dan monitor, ada baiknya untuk memperhatikan unsur konektivitas pada laptop. Jika kamu memiliki laptop yang dirilis baru-baru ini maka ouputnya bertipe HDMI. Kondisi ini jauh lebih mudah karena monitor keluaran terbaru mendukung tipe tersebut. Kamu perlu memasangkan monitor dengan laptop yang memiliki port yang kompatibel.

Namun jika ternyata pilihan konektivitasnya berbeda, maka kamu perlu membeli adapter atau konverter. Semisal adapter HDMI ke Display Port, atau aadapter USB-C ke HDMI.

1. Colokkan ujung kabel atau adapternya ke laptop milikmu. Colokkan ujung yang satunya lagi ke monitor milikmu

2. Nyalakan laptop jika masih dalam keadaan mati saat kabel dipasangkan. Jika kabel kompatibel dan terpasang dengan benar, kamu akan melihat layar yang terduplikasi di monitor eksternal. Tampilannya adalah bawaan dari Windows dan bisa disesuaikan

3. Jika tidak hendak menduplikasi dan ingin memanjangkan tampilan dari laptop, arahkan di laptop ke pengaturan tampilan lalu ganti ke pilihan Perpanjang.

Bagi pengguna Windows caranya sebagai berikut: Buka Settings, pilih System, kemudian pilih Display. Di bawah tulisan Multiple display, atur opsi drop down menjadi Extend these display.

Sementara bagi pengguna Mac caranya sebagai berikut: Buka System Preferences, pilih Displays, lalu pilih Arrangement. Untuk membuat display mirror, klik kotak Mirror Displays. Untuk memperpanjang tampilan, klik kembali pada kotak sebelumnya.

(brl/guf)