Topton M6S, mini PC seukuran smartphone dengan RAM 12 GB

Topton M6S, mini PC seukuran smartphone dengan RAM 12 GB

Techno.id - Seperti namanya, Mini PC adalah komputer yang berukuran kecil, umumnya dapat diletakkan di atas meja secara mudah. Ukuran dari mini PC juga bervariasi, dari seukuran kertas A5 sampai sedikit mendekati ukuran kertas A4. Secara ukuran Topton M6S mungkin menjadi salah satu Mini PC yang benar-benar mini.

Melansir dari gizmochina, Topton M6S memiliki dimensi 72mm x 72mm x 45mm. Sebagai gambaran, ukuran tersebut tidak lebih besar dari sebuah kartu nama atau id card. Berat dari Topton M6S juga sangat ringan yaitu hanya 150 gram saja.

Topton M6S, mini PC seukuran smartphone dengan RAM 12 GB

foto: gizmochina

Kendati memiliki ukuran yang kecil, Topton M6S tetap memiliki spesifikasi yang cukup baik. Melansir dari liliputing, Topton M6S ditenagai dengan prosesor Intel N100. Melansir dari notebookcheck, prosesor ini dilengkapi dengan 4 core dan 4 threads dengan kecepatan 3.4GHz. Prosesor ini juga dilengkapi dengan iGPU dengan 24 executing unit. Prosesor Intel N100 tersebut dikombinasikan dengan RAM LPDDR5 berkapasitas 12GB.

Topton M6S, mini PC seukuran smartphone dengan RAM 12 GB

foto: sumber gizmochina

Melansir dari notebookcheck, Topton M6S menggunakan penyimpanan internal berupa SSD M.2 NVMe 2242. Seperti mini PC lain, Topton M6S ditawarkan dalam berbagai kapasitas penyimpanan internal selain juga tersedia dalam kondisi barebone. Melansir dari notebookcheck, Topton M6S ditawarkan dengan berbagai kapasitas penyimpanan internal mulai dari 128GB hingga 2TB. Kendati demikian, Topton juga menawarkan M6S dengan konfigurasi barebone. Sehingga pengguna tetap dapat membeli mini PC ini tanpa penyimpanan internal.

Meski memliki ukuran yang kecil, Topton M6S tetap memiliki port yang lengkap. Terdiri dari 3 buah USB 3.2 Type-A, 1 buah USB Type-C, 1 buah MicroSD Card reader, 2 buah HDMI, 1 buah ethernet, dan 1 buah jack 3.5mm.

Magang: Nabiel Mumtaz

(brl/guf)