Cara restart laptop dengan keyboard, bisa untuk Windows 7 hingga 11

Cara restart laptop dengan keyboard, bisa untuk Windows 7 hingga 11

Techno.id - Laptop merupakan sebuah perangkat elektronik yang memiliki beragam fungsi. Dengan alat satu ini, hampir semua pekerjaan bisa dilakukan dengan lancar. Laptop merupakan barang elektronik yang bisa dibilang memiliki spesifikasi tinggi. Tak hanya itu, desain laptop yang ramping juga membuat perangkat satu ini ringkas dan bisa dibawa dengan mudah.

Saat menggunakan sebuah laptop, mungkin bisa saja terjadi beberapa kendala seperti crash atau hang. Masalah tersebut pada dasarnya bukan hal yang jarang terjadi. Namun yang menjadi poin penting adalah bagaimana cara mengatasinya. Mungkin sebagian orang akan panik terlebih dahulu saat menghadapi masalah serupa.

Masalah tersebut bisa diatasi dengan me-restart laptop. Tidak hanya me-restart manual, ternyata ada cara lain yang bisa digunakan untuk restart laptop salah satunya menggunakan keyboard. Restart laptop menggunakan keyboard tentu terbilang mudah dilakukan. Tak hanya itu, proses restart laptop menggunakan keyboard juga bisa dilakukan dengan lebih cepat.

Berkenaan dengan pembahasan tersebut, berikut techno.id telah merangkum dari berbagai sumber pada Kamis (3/11) cara restart laptop dengan keyboard.

Cara restart laptop dengan keyboard

Cara restart laptop dengan keyboard, bisa untuk Windows 7 hingga 11

foto: unsplash.com

Restart laptop menggunakan keyboard, setidaknya ada tiga cara yang bisa kamu gunakan. Setiap cara yang ada tentu tidak selalu berhasil digunakan. Penyesuaian merek dan model laptop juga perlu dipertimbangkan. Bukan hal aneh jika beberapa perusahaan laptop tidak memberikan dukungan terhadap cara yang ada. Untuk mulai menilik cara restart laptop menggunakan keyboard, kamu bisa simak ulasan berikut.

1. Cara restart laptop menggunakan ALT + F4

Selain bisa digunakan untuk mematikan laptop secara total, kombinasi ALT + F4 juga dapat berfungsi sebagai tombol restart. Untuk menggunakannya, kamu hanya perlu ikuti langkah berikut. 1. Tekan kombinasi ALT + F4 secara bersamaan.

Akan muncul pop up kecil pada layar laptop kemudian pilih menu Restart menggunakan tombol panah yang ada di pojok kanan bawah keyboard.

Jika sudah memilih restart, tekan Enter maka secara otomatis laptop kamu akan ter restart.


2. Cara restart laptop menggunakan CTRL + ALT + DEL

Kombinasi lain yang bisa kamu gunakan untuk merestart laptop adalah CTRL + ALT + DEL. Pada dasarnya, kombinasi ini tidak jauh berbeda dengan yang sebelumnya. Namun kali ini, tombol yang perlu kamu tekan sedikit lebih banyak. Jika ingin mulai mematikan laptop dengan kombinasi tombol yang ada, kamu bisa ikuti langkah berikut.

1. Tekan tombol CTRL + ALT + DEL secara bersamaan.
2. Setelah muncul pop up kecil, pilih opsi Restart.
3. Setelah memilih opsi tersebut, tekan saja Enter, secara otomatis laptop kamu akan melakukan restart dengan sendirinya.


3. Cara restart laptop menggunakan Windows Run

Sedikit berbeda dengan dua cara diatas, kali ini kamu bisa memanfaatkan Windows Run untuk merestart laptop kamu. Cara yang dibutuhkan pada dasarnya terbilang sangat mudah. Kamu hanya perlu ikuti langkah berikut.

1. Ketikkan Run di kolom pencarian.
2. Setelah muncul menu Run, ketikkan saja shutdown -r. Jika kamu menghilangkan -r di bagian belakang, laptop kamu akan dimatikan. Namun jika kamu mengetikkan -r di bagian belakang, laptop kamu akan dorestart.
3. Setelah mengetikkan shutdown -r, tekan saja Enter, maka laptop kamu akan di restart dengan sendirinya.


(brl/guf)