Cara mengetik dengan suara di laptop Windows 11, makin keren

Cara mengetik dengan suara di laptop Windows 11, makin keren

Techno.id - Laptop merupakan salah satu barang elektronik yang memiliki banyak keunggulan. Kemudahan penggunaan laptop tentu didasari pada berbagai hal. Desain tipis, bobot ringan, serta mudah disimpan menjadi beberapa alasan penting banyak orang melirik laptop. Tidak hanya itu, harga laptop yang cenderung ramah di kantong.

Pada laptop, terdapat komponen penting yang digunakan seperti keyboard. Sebagaimana yang telah diketahui, keyboard pada laptop berfungsi untuk melancarkan pengetikan. Namun ternyata ada cara lain yang bisa kamu lakukan untuk mengetik di laptop bahkan tanpa menggunakan keyboard secara menyeluruh.

Setiap perangkat terdapat fitur voice assistant yang bisa digunakan untuk berbagai keperluan salah satunya mengetik. Hanya dengan fitur ini, setiap pengguna laptop bisa dengan mudah mengetik tanpa perlu lelah menekan keyboard. Tidak hanya praktis, cara ini tentu juga membuat setiap pengguna terlihat keren.

Berkenaan dengan pembahasan tersebut, berikut techno.id telah merangkum dari berbagai sumber pada Jumat (28/10), cara mengetik dengan suara di laptop Windows 11.

Cara mengetik dengan suara di laptop Windows 11

Cara mengetik dengan suara di laptop Windows 11, makin keren

foto: unsplash.com

Sesuai penjelasan di atas, proses pengetikan pada laptop tidak melulu menggunakan keyboard. Setiap orang bisa menggunakan cara lain yang memudahkan diri mereka dalam melakukan pengetikan. Namun perlu diingat, cara ini bisa dilakukan hanya dengan bantuan voice assistance.

Selain itu beberapa hal seperti kondisi ruangan, spesifikasi speaker pada laptop, serta kelancaran koneksi internet juga sangat perlu diperhatikan. Untuk mulai mengetik dengan suara di laptop, kamu bisa simak ulasan berikut.

1. Buka Google Docs pada browser laptop yang biasa kamu gunakan.
2. Jika belum login, maka kamu perlu masuk terlebih dahulu menggunakan akun Google yang kamu miliki.
3. Kamu bisa membuat dokumen baru atau bahkan menggunakan dokumen lama yang sudah ada.
4. Jika sudah masuk ke menu Tools kemudian pilih Voice Typing. Jika ingin menggunakan shortcut, kamu bisa tekan Ctrl + Shift + S.
5. Sesuaikan bahasa yang diinginkan dengan klik tombol bahasa di atas tombol mikrofon.
6. Akan ada pop up kecil yang memunculkan tombol mikrofon. Jika Google Docs meminta perizinan klik Allow.
7. Saat tombol mikrofon berwarna merah, kamu bisa mulai mengucapkan kalimat yang ingin diketikkan.
8. Agar tidak terjadi salah spelling, kamu perlu mengucapkan setiap kata maupun kalimat dengan benar dan jelas.

Sesuai penjelasan sebelumnya, menggunakan voice assistant pada laptop hanya bisa digunakan ketika internet yang terhubung dengan perangkat kamu memiliki kualitas yang baik. Maka akan lebih baik jika sebelumnya kamu memeriksa koneksi internet yang digunakan agar proses pengetikan menggunakan voice assistant bisa berjalan dengan lancar.


(brl/guf)