Cara menampilkan keyboard di layar laptop, bisa gunakan Control Panel

Cara menampilkan keyboard di layar laptop, bisa gunakan Control Panel

Techno.id - Laptop merupakan sebuah perangkat yang memiliki banyak kegunaan. Penggunaan laptop sendiri dianggap lebih mudah mengingat perangkat ini memiliki desain yang tipis dan ringkas. Dengan demikian, bukan hal sulit untuk membawa laptop kemanapun ketika pergi. Tak hanya itu, laptop juga dibekali dengan keyboard yang memudahkan setiap orang untuk mengetik beragam kata.

Kemudahan pada keyboard tentu juga menjadi salah satu faktor banyak orang memilih laptop sebagai daily driver. Namun selayaknya barang elektronik, keyboard pada laptop bisa mengalami kerusakan. Kerusakan yang terjadi pada keyboard laptop pada dasarnya disebabkan oleh banyak hal. Mulai dari cara penggunaan yang salah, konsleting, serta benturan dengan benda keras.

Saat keyboard laptop mengalami kerusakan, tentu perangkat tersebut tidak bisa bekerja dengan baik. Namun masalah ini tentu memiliki solusi. Salah satu solusi untuk mengatasi keyboard laptop rusak adalah menggunakan keyboard pada layar. Mungkin banyak yang belum mengetahui, namun laptop memiliki keyboard cadangan pada layar yang bisa digunakan untuk mengetik.

Berkenaan dengan pembahasan tersebut, berikut techno.id telah merangkum dari berbagai sumber pada Selasa (1/11), cara menampilkan keyboard di layar laptop.

Cara menampilkan keyboard di layar laptop

Cara menampilkan keyboard di layar laptop, bisa gunakan Control Panel

foto: pixabay.com

Cara menggunakan keyboard pada layar laptop bisa dengan beberapa cara. Pada dasarnya, semua cara yang ada termasuk mudah untuk dilakukan. Kamu hanya perlu memilih cara yang dianggap paling mudah untuk dilakukan. Namun perlu diingat, setiap laptop tentu memiliki cara settingan masing-masing. Bukan tidak mungkin ada beberapa cara yang tidak bisa digunakan pada laptop kamu. Untuk mulai menggunakan keyboard pada layar, kamu bisa simak ulasan berikut.

1. Cara menampilkan keyboard di layar laptop melalui pencarian

Cara pertama yang bisa kamu gunakan untuk menampilkan keyboard pada layar adalah menggunakan kolom pencarian. Pada bagian pencarian kamu hanya perlu ketikkan On-Screen keyboard. Secara otomatis keyboard pada layar laptop akan muncul.

2. Cara menampilkan keyboard di layar laptop melalui tombol shortcut

Jika cara pertama memerlukan bantuan banyak tombol keyboard, cara kali ini lebih terkesan simpel. Untuk menampilkan keyboard pada layar, kamu hanya perlu menekan Windows + Ctrl + O. Cara ini mungkin hanya akan berhasil pada beberapa laptop yang telah mendukung shortcut yang ada. Bagi kamu yang tidak bisa menggunakan shortcut tersebut, tidak ada salahnya mencoba cara berikutnya.

3. Cara menampilkan keyboard di layar laptop masih melalui tombol shortcut

Selain menggunakan Windows + Ctrl + O, ada shortcut lain yang bisa kamu coba. Cara ini membutuhkan lebih sedikit shortcut yang bisa kamu coba semisal kerusakan pada keyboard laptop kamu tidak sepenuhnya. Kamu hanya perlu menekan Windows + U untuk membuka Ease of Access Center. Setelah menu tersebut terbuka, kamu bisa pilih Start On-Screen Keyboard. Dengan cara ini, tentu kamu bisa menampilkan keyboard pada layar laptop dengan lebih mudah.

4. Cara menampilkan keyboard di layar laptop melalui Pengaturan

Pada dasarnya, cara ini sama seperti poin nomor tiga. Jika pada cara sebelumnya menggunakan shortcut, kali ini kamu bisa menggunakan trackpad untuk menampilkan keyboard pada layar. Kamu hanya perlu masuk ke Settings > Ease of Access > Keyboard. Jika ada opsi untuk Start On-Screen Keyboard, klik pilihan tersebut.

5. Cara menampilkan keyboard di layar laptop melalui Command Prompt

Cara lain yang bisa kamu gunakan untuk memunculkan keyboard pada layar laptop adalah menggunakan Command Prompt. Sebagaimana yang telah diketahui, fungsi utama dari Command Prompt adalah memberikan perintah pada laptop. Untuk menampilkan keyboard pada layar laptop menggunakan Command Prompt, kamu hanya perlu ketikkan "osk" kemudian Enter. Secara otomatis keyboard pada layar laptop akan muncul.


(brl/guf)