Cara membersihkan cache di laptop Windows 11, bikin kembali kencang

Cara membersihkan cache di laptop Windows 11, bikin kembali kencang

Techno.id - Laptop merupakan sebuah perangkat elektronik yang hadir untuk mempermudah keperluan setiap orang. Melalui benda tipis ini, setiap pengguna bisa menyelesaikan pekerjaan, streaming film, mendengarkan musik, berselancar menggunakan peramban, dan masih banyak lagi. Selain multiguna, laptop juga mudah dibawa ke mana pun berkat keringkasan yang ada di sektor fisik.

Selama pemakaian, laptop tentu menghasilkan file yang bernama cache. Jika asing dengan cache, data satu ini merupakan file cadangan sementara yang berfungsi untuk mempercepat loading. Cache menjadi penting untuk memaksimalkan kinerja laptop. Namun jika terlalu banyak cache pada laptop, tentu hal ini akan mempengaruhi performa perangkat tersebut.

Pada dasarnya, cache bisa dihapus untuk mengatasi performa laptop yang mulai loyo. Menghapus cache pada laptop tentunya aman dan mudah dilakukan. Setiap pengguna bisa menghapus cache pada laptop dengan aman tanpa ada efek samping.

Berkenaan dengan pembahasan tersebut, berikut techno.id telah merangkum dari berbagai sumber pada Selasa (24/10), cara membersihkan cache di laptop Windows 11.

Cara membersihkan cache di laptop Windows 11

Cara membersihkan cache di laptop Windows 11, bikin kembali kencang

foto: freepik.com

Menghapus cache dari laptop, setidaknya ada empat cara yang bisa kamu lakukan. Semua cara yang ada pada dasarnya tergolong mudah. Tidak hanya mudah dilakukan, membersihkan cache dengan beberapa cara berikut juga tidak akan membahayakan laptop kamu. Untuk mulai membersihkan cache pada laptop Windows 11, kamu bisa simak penjelasan berikut.

1. Membersihkan cache di laptop melalui Disk Cleanup

Cara pertama yang bisa kamu gunakan untuk menghapus cache di Windows 11 adalah menggunakan Disk Cleanup. Fitur ini pada dasarnya sudah ada di setiap laptop yang kamu gunakan. Untuk menggunakan Disk Cleanup, kamu bisa simak penjelasan berikut.

1. Ketikkan Disk Cleanup pada search bar kemudian klik dua kali pada aplikasi tersebut.
2. Secara otomatis akan muncul driver yang ingin kamu bersihkan dari cache. Pilih dan kemudian klik OK.
3. Tunggu hingga proses pemindaian selesai. Jika sudah akan muncul pop up kecil berisikan beragam file yang bisa kamu hapus.
4. Pilih Temporary Internet File dan Download Program File kemudian klik OK.
5. Jika muncul pop up baru, klik Delete File.

2. Membersihkan cache di laptop melalui temp

Tidak hanya bisa dicoba pada Windows 11, cara menghapus cache melalui temp juga bisa kamu lakukan di Windows 10. Cara yang diperlukan pada dasarnya cukup mudah. Kamu bisa simak ulasan berikut untuk menghapus cache melalui temp.

1. Ketikkan Run pada search bar.
2. Jika sudah muncul klik Menu Run dan ketikkan temp pada kolom yang ada lalau OK.
3. Secara otomatis laptop kamu akan mengarah ke dalam file cache yang tersimpan di folder temp.
4. Hapus semua data yang ada dengan tekan Ctrl + A kemudian tekan Delet.

3. Membersihkan cache di laptop melalui Settings

Cara lain yang bisa kamu lakukan untuk menghapus cache di laptop adalah Settings. Siapa sangka, menu yang berisi daftar pengaturan ini justru bisa digunakan untuk menghapus file cache. Untuk mulai menghapus cache menggunakan Settings, kamu bisa simak penjelasan berikut.

1. Masuk ke Settings seperti biasa, lalu pilih System kemudian Storage.
2. Secara otomatis laptop kamu akan menganalisis data yang ada di sektor penyimpanan.
3. Setelah analisis selesai, masuk ke Temporary files. Kamu bisa menghapus beberapa file seperti Windows Update Cleanup, Windows upgrade log files, Windows error reports and feedback diagnostics, serta thumbnails.
4. Setelah memilih beberapa file yang ada klik Remove files.
5. Jika muncul pop up kecil klik Continue.

4. Membersihkan cache di laptop melalui

Cara terakhir yang bisa kamu gunakan untuk membersihkan cache di laptop adalah aplikasi pihak ketiga. Dengan bantuan aplikasi tambahan, proses penghapusan file cache tentu bisa dilakukan dengan lebih cepat dan mudah. Kendati mudah dilakukan, kamu perlu mendownload aplikasi penghapus file cache terlebih dahulu agar proses penghapusan bisa berjalan dengan lancar.


(brl/guf)