Cara mudah kembalikan akun Instagram yang hilang, ini penyebabnya

Cara mudah kembalikan akun Instagram yang hilang, ini penyebabnya

Techno.id - Instagram merupakan aplikasi media sosial dengan pengguna cukup besar. Aplikasi yang dikembangkan oleh Meta ini memiliki banyak fitur menarik. Mulai dari unggahan foto dan video, Reels, hingga IG story semua bisa digunakan untuk saling berinteraksi. Bahkan hampir seluruh publik figur dunia memakai Instagram agar tetap terhubung dengan pengikutnya setiap hari.

Instagram merupakan platform yang cocok untuk melakukan branding. Dengan aplikasi ini, seorang bisa memberikan nilai terhadap sesuatu, seperti melakukan promosi barang, jasa. Selain itu, tentu Instagram juga untuk membagikan karya foto maupun video menarik sehingga mendapatkan apresiasi dari pengguna lainnya.

Karena sangat dibutuhkannya Instagram, tentu merawat akun agar tidak diretas bisa dilakukan. Tak dapat dipungkiri, Instagram pernah mengalami server down hingga merugikan pengguna. Selain itu, pihak keamanan Instagram juga sering melakukan pemblokiran terhadap akun yang melanggar pedoman komunitas.

Terakhir, Meta mengumumkan bahwa Instagram mengalami down dan akhirnya membuat beberapa pengguna kehilangan akunnya. Tentu hal tersebut sangat merugikan, terlebih ada banyak aktivitas dan konten yang di akun Instagram untuk bekerja maupun mendapatkan informasi terkini.

Apabila pengguna mengalami masalah akun Instagram pasti akan merasa kesal dan kebingungan. Jangan khawatir, kali ini techno.id pada Rabu (2/10), merangkum cara untuk mengembalikan akun Instagram yang hilang dari berbagai sumber.

Sebelum masuk ke cara untuk mengembalikan akun Instagram yang hilang, terlebih dahulu pengguna perlu mengetahui ketentuan berikut ini. Melansir dari laman resmi Instagram, ada tiga syarat utama agar akun Instagram dapat kembali setelah hilang, antara lain:

1. Akun dihapus oleh diri sendiri, bukan dari pihak developer.
2. Akun yang dihapus belum memasuki waktu lebih dari 30 hari sejak tanggal penghapusan akun.
3. Jika akun Instagram telah dihapus dan sudah lebih dari 30 hari sejak tanggal penghapusan, maka akun tersebut tidak bisa dikembalikan atau dipulihkan kembali. Sebab, akun sudah dihapus permanen oleh sistem Instagram secara otomatis.

Cara mudah kembalikan akun Instagram yang hilang, ini penyebabnya

foto: pixabay.com

Ada beberapa penyebab akun Instagram pengguna hilang. Namun seringkali penyebabnya ditimbulkan oleh pelanggaran pedoman komunitas. Selain itu, pengguna bisa tidak sengaja atau sengaja melakukan penghapusan akun. Akun dapat hilang juga karena adanya pelaporan dari pengguna lain. Oleh karena itu, pengguna Instagram tentu perlu berhati-hati dan bijak ketika membuka Instagram. Dilansir dari laman resminya, berikut ketentuan penggunaan Instagram:

1. Pengguna harus berusia minimal 13 tahun atau berusia minimum sesuai yang berlaku di negaramu.
2. Pengguna dilarang memposting sesuatu yang menjurus ke arah seksual.
3. Pengguna barus bertanggung jawab atas aktivitas yang dilakukan akun instagram masing-masing.
4. Pengguna dilarang untuk meniru sebuah akun dan memberikan informasi palsu.
5. Pengguna bertanggung jawab untuk menjaga keamanan kata sandi pribadi.
6. Pengguna dilarang menyalahgunakan, melecehkan, mengancam, menyamar sebagai atau mengintimidasi pengguna lainnya.
7. Pengguna dilarang menggunakan layanan Instagram untuk tujuan ilegal atau tidak sah.
8. Pengguna bertanggung jawab penuh atas perilaku, data, teks, informasi, dan setiap konten yang diposting di Instagram.
9. Pengguna dilarang memodifikasi, mengadaptasi, atau meretas Instagram atau memodifikasi situs web lain untuk secara keliru menyiratkan bahwa itu terkait dengan Instagram.
10. Pengguna dilarang membuat komentar berkali-kali yang berujung spam.
11. Pengguna dilarang untuk mengirimkan worm, virus, atau kode apa pun yang bersifat merusak sistem orang lain.
12. Dalam pemakaian Instagram, kamu dilarang melanggar undang-undang apa pun berlaku (termasuk tetapi tidak terbatas pada undang-undang hak cipta).

Cara mengembalikan akun Instagram yang hilang

Cara mudah kembalikan akun Instagram yang hilang, ini penyebabnya

foto: pixabay.com

1. Silakan buka aplikasi Instagram melalui perangkat yang digunakan.
2. Kemudian silakan login dengan akun yang ingin dipulihkan.
3. Pilih opsi mengembalikan akun dengan mengetuk opsi Yes di bagian "Ingin Terus Menggunakan Akun Ini?"

Apabila pengguna mengalami kehilangan akun karena diretas, bisa melakukan beberapa langkah berikut ini:

1. Silakan buka laman help.instagram.com.
2. Setelah itu pilih opsi Privacy & Safety.
3. Kemudian pilih Report Something > Hacked Account.
4. Pilih opsi I Think my account has been hacked.
5. Kemudian ketuk Report it to us.

Cara mudah kembalikan akun Instagram yang hilang, ini penyebabnya

foto: pixabay.com

Lebih lanjut, terdapat beberapa hal yang perlu kamu perhatikan setelah melaporkan masalah akun Instagram. Pertama, pihak developer akan menanggapi laporan kamu melalui alamat email. Untuk itu pastikan kamu memasukan alamat email secara benar dan aktif. Kemudian sering pihak dari Instagram memerlukan verifikasi akun dengan memberikan formulir. Silakan isikan formulir yang diberikan oleh pihak Instagram secara benar dan sesuai dengan kondisi.


(brl/guf)