Cara mudah update Play Store ke versi terbaru secara manual, download aplikasi jadi semakin mudah

Cara mudah update Play Store ke versi terbaru secara manual, download aplikasi jadi semakin mudah

Techno.id - Smartphone merupakan salah satu perangkat elektronik yang kini sudah menjadi kebutuhan hampir semua orang. Hadirnya smartphone di tengah hiruk pikuk pekerjaan tentu menjadi terobosan unggul yang membuat banyak keperluan terasa ringan. Kemudahan tersebut tentu didukung penuh oleh penggunaan aplikasi pada smartphone.

Sebagai sebuah software, aplikasi pada sebuah smartphone hadir untuk menyelesaikan pekerjaan dengan lebih mudah. Pada perangkat smartphone sendiri khususnya Android, mendapat aplikasi bisa dilakukan dengan mudah melalui Play Store. Aplikasi buatan Google satu ini menyediakan hampir semua aplikasi pendukung yang dibutuhkan oleh smartphone.

Play Store akan melakukan update secara otomatis saat versi anyar telah tersedia. Namun pada beberapa smartphone, hal tersebut tidak terjadi. Tak perlu khawatir, ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk mengupdate Play Store secara manual. Dengan adanya proses update, mendownload berbagai aplikasi melalui Play Store tentu menjadi semakin mudah.

Berkenaan dengan pembahasan tersebut, berikut techno.id telah merangkum dari berbagai sumber pada Jumat (30/12), cara mudah update Play Store ke versi terbaru secara manual.

Cara mudah update Play Store ke versi terbaru secara manual

Cara mudah update Play Store ke versi terbaru secara manual, download aplikasi jadi semakin mudah

foto: unsplash.com

Cara mengupdate Play Store ke versi terbaru secara manual bisa dilakukan dengan mudah. Ada dua cara yang bisa kamu lakukan untuk mengupdate Play Store secara manual. Setiap cara yang ada memang tidak selalu berhasil untuk dicoba.

Namun tidak ada salahnya untuk mencoba dua cara yang ada untuk memperbarui versi Play Store pada smartphone Android kamu. Untuk mulai mengupdate Play Store secara manual, kamu bisa simak penjelasan berikut.

1. Update Play Store melalui pengaturan aplikasi tersebut
Cara pertama yang bisa kamu coba untuk melakukan update manual pada Play Store adalah menggunakan menu pengaturan pada aplikasi tersebut. Cara ini termasuk sangat mudah untuk dilakukan karena kamu tidak membutuhkan banyak alat atau urutan yang rumit. Kamu bisa simak ulasan berikut untuk mulai mengupdate Play Store menggunakan menu pengaturan aplikasi tersebut.
1. Buka Play Store pada smartphone Android kamu.
2. Klik menu akun pada pojok kanan atas kemudian pilih Setelan.
3. Pilih Tentang pada bagian paling bawah kemudian scroll hingga menemukan Versi Play Store.
4. Jika tersedia opsi untuk Update Play Store, klik saja menu tersebut.
5. Secara otomatis Play Store pada smartphone kamu akan diperbarui. Tunggu hingga proses update selesai.
6. Setelah proses update selesai, restart smartphone kamu untuk menginstal pembaruan.

2. Update Play Store melalui reset data

Cara lain yang bisa kamu gunakan untuk mengupdate Play Store adalah menghapus data yang ada pada aplikasi tersebut. Setelah sekian lama digunakan, Play Store tentu akan menyimpan data penting berupa riwayat download, daftar aplikasi terinstal, serta cache.

Kamu bisa menghapus data yang ada pada Play Store untuk membuatnya melakukan update. Tak perlu berlama-lama, simak ulasan berikut untuk menghapus data Play Store sebagai alternatif update.

1. Buka Pengaturan pada smartphone Android kamu.
2. Masuk ke bagian Aplikasi kemudian cari Google Play Store.
3. Klik bagian Penyimpanan, kemudian pilih Hapus data.
4. Setelah data pada penyimpanan Play Store terhapus, restart smartphone kamu.
5. Tunggu sekitar 3-5 menit dengan kondisi data smartphone menyala. Secara otomatis Play Store akan melakukan update ke versi terbaru.


(brl/guf)