Cara memindahkan nomor WhatsApp lama ke smartphone baru, semua riwayat chat bisa diakses dengan mudah

Cara memindahkan nomor WhatsApp lama ke smartphone baru, semua riwayat chat bisa diakses dengan mudah

Techno.id - Salah satu aplikasi chatting yang populer dan banyak digunakan adalah WhatsApp. WhatsApp memiliki banyak fitur menarik. Selain lancar untuk komunikasi, WhatsApp juga menawarkan fitur backup data.

Backup pada WhatsApp sendiri berfungsi untuk memindahkandata di smartphone lawas ke perangkat baru. Fitur backup tersebut tentu bisa dengan mudah digunakan untuk memindahkan nomor WhatsApp lama pada smartphone baru berikut chat dan file penting lainnya.

Berkenaan dengan pembahasan tersebut, berikut techno.id telah merangkum dari berbagai sumber pada Kamis (29/12), cara memindahkan nomor WhatsApp lama ke smartphone baru.

Cara memindahkan nomor WhatsApp lama ke smartphone baru

Cara memindahkan nomor WhatsApp lama ke smartphone baru, semua riwayat chat bisa diakses dengan mudah

foto: unsplash.com

Pada dasarnya cara untuk memindahkan nomor WhatsApp lama ke smartphone baru bisa dilakukan mudah. Saat proses pemindahan nomor lama ke smartphone baru, beberapa data seperti chat dan file yang ada pada aplikasi tersebut akan secara otomatis ikut dipindahkan. Kamu bisa menggunakan sistem backup yang tersedia pada aplikasi tersebut.

Setelah chat dan file penting lainnya berhasil terbackup, kamu bisa memindahkan nomor WhatsApp lama ke smartphone baru dengan aman. Untuk mulai memindahkan nomor WhatsApp lama ke smartphone baru berikut chat dan file penting lainnya, kamu bisa simak ulasan berikut.

1. Buka WhatsApp di smartphone lama kamu.
2. Klik titik tiga di bagian pojok kanan kemudian masuk ke menu Pengaturan.
3. Pilih menu Chat kemudian scroll ke bawah hingga menemukan Chat Backup.
4. Klik Chat Backup kemudian pilih akun Google untuk membackup data kamu.
5. Jika sudah klik Chat Backup, tunggu hingga prosesnya selesai.
6. Setelah proses backup selesai, download dan instal aplikasi WhatsApp pada smartphone baru kamu.
7. Buka WhatsApp pada smartphone baru kamu kemudian masuk dengan nomor yang sama pada perangkat lama yang telah digunakan untuk membackup data WhatsApp tadi.
8. Akan muncul informasi untuk mengembalikan data dari aplikasi WhatsApp lawas, klik Restore.
9. Pilih saja akun Google yang sebelumnya kamu gunakan untuk membackup data WhatsApp. Biasanya secara otomatis WhatsApp akan memilih Google Drive.
10. Tunggu hingga proses Backup selesai. Lama tidaknya proses backup tentu tergantung seberapa banyak data yang kamu miliki.
11. Setelah proses backup selesa, klik Next untuk mengakses semua data yang ada.


(brl/guf)