Cara mengganti password router Wi-Fi dengan mudah, jadi solusi agar tidak kebobolan

Cara mengganti password router Wi-Fi dengan mudah, jadi solusi agar tidak kebobolan

Techno.id - Internet merupakan salah satu kebutuhan banyak orang di era modern seperti saat ini. Pada dasarnya, mendapat akses internet bisa dari mana saja. Salah satu akses internet yang bisa didapat dengan mudah adalah memanfaatkan jaringan Wi-Fi. Wireless fidelity atau biasa disingkat Wi-Fi merupakan sumber internet yang kini telah jamak digunakan banyak orang.

Jaringan yang lebih stabil dan kencang dari Wi-Fi tentu memberikan kemudahan pada setiap orang dalam mengakses internet. Tak hanya itu, perawatan Wi-Fi yang termasuk mudah. Meski terbilang mudah untuk dioperasikan dan dirawat, salah satu bagian penting dari Wi-Fi yaitu password.

Password Wi-Fi menjadi wajib dijaga agar tidak dibobol oleh orang tak bertanggung jawab. Untuk mengantisipasi kemungkinan buruk tersebut, ada cara efektif yang bisa dilakukan seperti mengganti password Wi-Fi secara berkala. Mengganti password Wi-Fi sendiri bisa dibilang tidak terlalu rumit. Selain itu, alat yang diperlukan saat proses penggantian password Wi-Fi juga termasuk mudah untuk didapat.

Berkenaan dengan pembahasan tersebut, berikut techno.id telah merangkum dari berbagai sumber pada Kamis (29/12), cara mengganti password router Wi-Fi dengan mudah.

Cara mengganti password router Wi-Fi dengan mudah

Cara mengganti password router Wi-Fi dengan mudah, jadi solusi agar tidak kebobolan

foto: freepik.com

Router Wi-Fi merupakan sumber utama dari sinyal internet yang lancar tentu dilengkapi dengan sistem keamanan berupa password. Setiap pengguna dari koneksi internet tersebut tentu bisa mengganti password yang telah ditetapkan sebelumnya. Sesuai yang telah dijelaskan di atas, tujuan utama dari mengganti password router Wi-Fi adalah menghindari kemungkinan pembobolan.

Agar password router Wi-Fi bisa diganti, pada dasarnya ada cara yang dapat dilakukan. Cara mengganti password router Wi-Fi bisa dilakukan melalui laptop, komputer, atau smartphone. Pada dasarnya cara yang diperlukan untuk mengganti password router Wi-Fi melalui laptop, komputer maupun smartphone bisa dibilang sama saja. Kamu bisa simak ulasan berikut untuk mengganti password router Wi-Fi.

1. Buka browser pada laptop maupun smartphone kamu kemudian ketikkan 192.168.1.1.
2. Jika kamu tidak bisa mengaksesnya, ketikkan saja alamat IP default yang ada di bagian belakang router ke kolom pencarian browser. Alamat IP pada router Wi-Fi biasanya berupa deretan angka dengan urutan tertentu.
3. Masukkan username dan password administrasi router Wi-Fi kamu. Jika tidak tahu, informasi terkait username dan password administrasi router Wi-Fi berada di bagian belakang router.
4. Klik menu Network pada bagian kiri, lalu masuk ke Wireless atau WLAN.
5. Pilih menu Setting kemudian Security.
6. Masuk ke WPA Passphrase kemudian isikan password baru yang ingin kamu gunakan.
7. Jika sudah, koneksikan Wi-Fi pada perangkat yang belum pernah terhubung untuk memeriksa apakah berhasil atau tidak.


(brl/guf)