7 Perbedaan toko aplikasi Google Play Store dan App Store, dari jenis aplikasi sampai ulasan

7 Perbedaan toko aplikasi Google Play Store dan App Store, dari jenis aplikasi sampai ulasan

Techno.id - Smartphone memiliki berbagai aplikasi yang dapat digunakan untuk berbagai keperluan. Seperti melakukan komunikasi secara digital, hiburan, hingga mengolah data untuk bekerja. Namun pernahkah sobat techno bertanya, dari manakah datangnya aplikasi tersebut?

Bagi para pengguna smartphone tentu sudah mengetahui tentang toko aplikasi. Tercatat ada dua platform toko aplikasi besar yaitu Google Play Store untuk ponsel berbasis Android dan App Store untuk perangkat berbasis iOS. Kedua aplikasi tersebut memiliki layanan untuk menyediakan daftar aplikasi yang dapat diinstal ke perangkat.

Baik Play Store maupun App Store memiliki peran untuk mencari, mengunduh, dan memasang sebuah aplikasi pilihan dari pengguna. Keduanya mempunyai interface tergolong mirip. Terdapat menu deskripsi aplikasi, logo, gambar, hingga ulasan dari aplikasi tak absen dari keduanya.

Meski mempunyai kesamaan dalam hal tujuan, namun ekosistem dari kedua platform ini berbeda. Lantas apa saja perbedaan dari dua toko aplikasi besar milik Google dan Apple ini? Pada kesempatan ini techno.id akan memberikan 6 perbedaan toko aplikasi Google Play Store dan App Store yang dirangkum dari berbagai sumber pada Jumat (23/12).

1. Jenis aplikasi

7 Perbedaan toko aplikasi Google Play Store dan App Store, dari jenis aplikasi sampai ulasan

foto: apple.com

App Store memiliki koleksi aplikasi yang dibentuk untuk iPhone dan iPad. Namun tak semua aplikasi di dalam App Store menjangkau kedua perangkat tersebut. Ada aplikasi yang tidak support untuk dipakai dalam iPad. Karena sebagian besar aplikasi di App Store didesain untuk perangkat iPhone.

Berbeda dengan Google Play Store. Setiap perangkat yang mendukung toko aplikasi tersebut bisa mengunduh hingga menginstal aplikasi yang dikehendaki. Biasa aplikasi yang dapat diunduh di Android, dapat dipasang dalam perangkat tablet.

2. Kategori aplikasi.

Google Play Store telah lama membagi kategori aplikasi. Artinya pengguna dapat dengan mudah menemukan aplikasi sesuai kategori yang diinginkan. Play Store menyediakan beberapa kategori antara lain, arcade, balapan, kartu, kasino, kata, papan, pendidikan, teka-teki, trivia, dan lainnya.

Sedangkan untuk App Store tengah mengembangkan pembagian kategori aplikasi ini. Bahkan dapat dikatakan Play Store lebih mudah untuk digunakan daripada App Store.

3. Keamanan.

7 Perbedaan toko aplikasi Google Play Store dan App Store, dari jenis aplikasi sampai ulasan

foto: google.com

Terkait keamanan, banyak pengguna menganggap App Store lebih unggul dibandingkan Play Store. Sistem keamanan dari Play Store memiliki tingkat safety tinggi. Terbukti dengan proses verifikasi aplikasi yang membutuhkan waktu lama, sebelum aplikasi dapat terunggah ke menu tama.

Sementara untuk Play Store berisi aplikasi dengan kualitas rendah. Artinya tidak perlu menunggu lama saat proses verifikasi. Bahkan pengunggahan tidak serumit apa yang dimiliki oleh App Store.

4. Kemudahan pengembang.

Bagi pengembang aplikasi dengan orientasi ke App Store tentu tidak terlalu memikirkan mengenai virus. Karena App Store memiliki standarisasi tinggi untuk sebuah aplikasi. Bahkan pengembang tidak perlu membenahi hal-hal rumit terkait aplikasi.

Berbeda dengan Play Store dengan kualitas aplikasi tergolong rendah. Akibatnya pengembang dari aplikasi sering dipusingkan dengan adanya virus yang menyerang. Meski demikian, dapat dikatakan aplikasi di dalam Play Store cukup ramah untuk pengguna.

5. Pencarian aplikasi.

7 Perbedaan toko aplikasi Google Play Store dan App Store, dari jenis aplikasi sampai ulasan

foto: apple.com

Play Store memiliki sebuah interface yang memudahkan pengguna. Terdapat kolom pencarian yang dapat dipakai. Cukup ketikan aplikasi yang ingin diinstal, maka Play Store akan menyediakan berbagai pilihan aplikasi. Bahkan sistem Google juga akan memberikan rekomendasi aplikasi yang dapat diinstal.

Berbeda dengan App Store, mereka menggunakan keyword untuk mencari sebuah aplikasi. Pihak pengembang memberikan keyword di dalam aplikasinya. Pengguna dapat menemukan aplikasi apabila mengetahui keyword yang diberikan.

Dari penjelasan tersebut dapat ditarik benang merah, bahwa Play Store memiliki hasil lebih luas. Sedangkan untuk App Store mempunyai relevansi lebih tepat, selama keyword yang dimasukkan cukup spesifik.

6. Harga aplikasi.

7 Perbedaan toko aplikasi Google Play Store dan App Store, dari jenis aplikasi sampai ulasan

foto: google.com

Di dalam platform Play Store pengguna bisa mendapatkan berbagai aplikasi secara gratis. Bahkan aplikasi cukup fleksibel untuk digunakan di berbagai perangkat. Namun tentu ini selaras dengan kompatibilitas aplikasi. Play Store mempunyai koleksi aplikasi tergolong cukup rendah dan rentan terhadap virus.

Lain dengan halnya App Store, berbagai aplikasi yang tersedia di platform tersebut ada yang miliki harga tinggi. Pengguna perlu membayar untuk dapat mengakses aplikasi secar maksimal. Kendati demikian, App Store memberikan jaminan keamanan aplikasi yang diunduh oleh pengguna.

7. Ulasan

Di dalam Play Store terdapat ulasan aplikasi yang ingin dipasang. Tentu hal ini memberikan penilaian langsung dari pengunduh. Tujuannya agar pengguna lain dapat melihat gambaran mengenai aplikasi yang akan diinstal. Kemudian Play Store juga mengintegrasikan setiap ulasan aplikasi dengan Google+, sehingga memberikan efisiensi pencarian.

Sedangkan untuk platform App Store baru menerapkan ulasan yang terintegrasi dengan Google+ belum lama ini. Ulasan yang diberikan cukup menggambarkan terkait aplikasi yang ingin diunduh oleh pengguna lain.


(brl/guf)