Cara mudah mengatasi speaker HP kemasukan air selain dimasukkan ke dalam beras

Cara mudah mengatasi speaker HP kemasukan air selain dimasukkan ke dalam beras

Techno.id - Salah satu komponen smartphone yang menunjang aktivitas hiburan adalah speaker. Ya, di dalam ponsel pintar terdapat speaker untuk memberikan output audio suara ke pengguna. Tak hanya sebatas speaker saja, namun developer juga memberikan teknologi mumpuni di aspek audio. Biasa terdapat kecanggihan racikan dari Dolby Atmos hingga Harman Kardon menyertai speaker smartphone.

Kendati demikian, speaker juga menjadi salah satu part smartphone yang sering mengalami kerusakan. Biasanya speaker HP rusak karena terkena air. Terlebih speaker merupakan bagian terbuka dari ponsel, rentang terkena air dan debu.

Speaker smartphone terkena air tentu bisa dialami oleh pengguna kapan pun, tanpa aba-aba. Terlebih saat musim hujan, perangkat ponsel akan sangat rentan terkena air. Akibatnya, speaker akan mengalami distorsi suara hingga tak dapat mengeluarkan suara kembali.

Saat speaker HP tiba-tiba kemasukan air, silakan untuk langsung mengeluarkannya. Karena apabila tidak buru-buru dikeluarkan, maka potensi air merusak perangkat akan sangat tinggi. Tetesan air terselip di dalam speaker dapat mengakibatkan korsleting di dalam perangkat. Akibatnya, ponsel akan mati tak bisa digunakan kembali.

Ketika speaker HP terkena air, biasanya pengguna melakukan treatment dengan memasukkan perangkat ke dalam beras. Hal ini dipercaya efektif karena beras mampu menyerap air atau bersifat anti lembab. Namun belum diketahui seberapa efektifkan cara satu ini.

Selain dimasukkan ke dalam beras, ternyata pengguna bisa melakukan beberapa cara lain, loh untuk mengatasi speaker kemasukan air. Berikut techno.id sajikan cara mudah mengatasi speaker HP kemasukan air, yang dihimpun dari berbagai sumber pada Jumat (20/1).

1. Silakan lakukan tindakan pertolongan pertama.

Cara mudah mengatasi speaker HP kemasukan air selain dimasukkan ke dalam beras

foto: Pexels.com

Apabila mengetahui perangkat kemasukan air, silakan untuk mematikan perangkat smartphone yang digunakan. Lepas kartu SIM maupun micro SD, agar tidak rusak. Bahkan jika memungkinkan, silakan untuk melepaskan baterai. Setelah itu, bersihkan tetesan air yang masuk menggunakan kain kering hingga bersih. Alangkah lebih baik, pengguna memakai microfiber agar mencegah gores saat pembersihan.

Kemudian posisikan speaker ke arah bawah, sehingga air dapat segera keluar. Hindari untuk melakukan pengecasan baterai ke perangkat, sampai ponsel dipastikan terbebas dari air.

2. Gunakan gel silika.

Cara mudah mengatasi speaker HP kemasukan air selain dimasukkan ke dalam beras

foto: Pexels.com

Gel silika bisa digunakan untuk menyerap air dan kelembaban dalam perangkat HP apabila kemasukan air. Silakan siapkan kantong zip dan beberapa gel silika di dalamnya. Masukan HP yang terkena air ke dalam kantong berisikan gel silika tersebut. Tunggu hingga air benar-benar hilang dari perangkat. Setelah itu, cek apakah speaker mengalami kerusakan ataukah tidak dengan memutar suara.

3. Gunakan aplikasi pembersih speaker.

Cara mudah mengatasi speaker HP kemasukan air selain dimasukkan ke dalam beras

foto: Play.google.com

Seperti diketahui, untuk beberapa perangkat smartphone sudah dibekali dengan fitur untuk melakukan pembersihan speaker. Cukup pengguna masuk ke menu pengaturan perangkat, maka akan ada opsi untuk melakukan pembersihan speaker secara otomatis. Namun bagi perangkat tidak memiliki fitur ini, bisa melakukan pengunduhan aplikasi pihak ketiga.

Ada berbagai aplikasi yang menyediakan layanan untuk membersihkan speaker, secara gratis, dan dapat diinstal dengan aman di dalam perangkat. Silakan cari dan instal aplikasi pembersih speaker. Pastikan aplikasi mengantongi review positif di toko aplikasi perangkat.

Biasanya aplikasi akan memutar sound untuk mengeluarkan air terperangkap dalam speaker. Usahakan pengguna mengatur volume perangkat ke posisi maksimal. Selain itu, jangan koneksikan perangkat dengan headphone melalui audio jack maupun bluetooth.

4. Putar lagu dari Stray Kids - Miroh.

Cara mudah mengatasi speaker HP kemasukan air selain dimasukkan ke dalam beras

foto: Pexels.com

Banyak yang tak menyangka bahwa lagu K-Pop dari Stray Kids dapat memperbaiki speaker kemasukan air. Memang cara ini cukup unik dilakukan, namun tidak ada salahnya jika dicoba, ya sobat techno! Lagu Miroh dari Stray Kids memang memiliki suara cukup nendang. Apabila pengguna mengatur ponsel dalam posisi volume maksimal saat memutar lagu ini, bisa jadi tetesan air mengendap dalam speaker keluar.

5. Pergi ke service center terdekat.

Cara mudah mengatasi speaker HP kemasukan air selain dimasukkan ke dalam beras

foto: Pexels.com

Apabila cara tersebut tidak bisa mengatasi speaker kembali normal, maka jalan terakhir yang bisa ditempuh adalah pergi ke service center. Di sana pengguna akan mendaptkan perbaikan apabila speaker HP telah rusak kemasukkan air. Namun sayangnya, pengguna perlu menunggu beberapa saat agar perbaikan smartphone selesai dilakukan.

Itulah beberapa cara untuk mengatasi speaker kemasukan air. Cukup mudah bukan? Perlu diingat dan dicatat, jangan pernah mengeringkan speaker smartphone dengan hair dryer. Hal tersebut bisa menyebabkan perangkat smartphone mengalami kerusakan serius.


(brl/guf)