Cara mudah copy tulisan buku dengan smartphone Android, bisa langsung dipindah ke laptop

Cara mudah copy tulisan buku dengan smartphone Android, bisa langsung dipindah ke laptop

Techno.id - Siapa sih yang nggak tahu fitur copy dan paste? Pasti bagi kamu mahasiswa atau seseorang dengan aktivitas digital tinggi tahu akan fitur komputasi ini. Ya, copy dan paste atau lebih sering disebut "Copas" adalah fungsi untuk menyalin dan memindahkan sebuah teks maupun gambar dalam perangkat gadget dan semacamnya. Dengan kata lain, copas adalah aktivitas menyalin sebuah teks secara utuh sesuai kehendak pengguna untuk diletakkan dalam wadah lain.

Copy dan paste biasanya diterapkan dengan perangkat komputer, laptop, maupun smartphone. Seseorang bisa menentukan teks yang ingin disalin, dengan mengetuknya beberapa saat, dan melakukan blok teks terpilih. Kemudian cukup tekan salin, maka secara otomatis teks akan tersalin ke dalam sistem. Setelah itu, pengguna hanya tinggal mem-paste atau menempelkan hasil penyalinan di platform yang digunakan.

Memang aktivitas copas bisa dilakukan secara mudah, terutama dalam perangkat komputer dan sejenisnya. Namun bisakah teks dari sebuah buku atau media hardfile di-copy dan paste sesuai kebutuhan? Jawabannya adalah bisa.

Bagi kamu pengguna smartphone terutama basis Android, tetap bisa melakukan salin atau teks dari sebuah buku atau media lainnya, kemudian menempelkannya (paste). Lantas bagaimana caranya? Berikut techno.id sajikan cara mudah copy tulisan buku dengan smartphone Android, pada Kamis (19/1).

Cara copy tulisan buku dengan smartphone Android.

Cara mudah copy tulisan buku dengan smartphone Android, bisa langsung dipindah ke laptop

foto: Techno.id/ Adnan

1. Mengcopy teks dari sebuah buku melalui ponsel Android bisa dilakukan dengan menggunakan aplikasi Google Lens. Silakan kamu buka aplikasi Google, dan klik ikon kamera.
2. Setelah itu, ketuk di bagian "Telusuri" agar tampilan kamera lebih full.
3. Pilih tools "Teks", di bagian bawah layar.
4. Arahkan kamera ke bagian teks dari buku atau tulisan lainnya.
5. Klik tombol foto, untuk mengcapture teks.
6. Kemudian pengguna bisa memilih teks yang akan disalin.
7. Setelah itu, klik opsi salin teks.
8. Buka aplikasi yang ingin dipakai sebagai wadah mempaste, seperti catatan atau WPS Office.
9. Silakan paste atau tempelkan teks yang telah disalin.
10. Viola, teks dari sebuah buku berhasil disalin secara cepat.

Itulah beberapa cara menyalin teks buku dengan smartphone Android. Pengguna bisa mengirimkan teks buku langsung ke komputer atau laptop, loh. Cara tinggal pilih opsi "Salin ke komputer", setelah teks dipilih dengan cara memblok. Namun perlu dicatat, browser dari Chrome yang digunakan sudah nge-sync, ya dengan akun Google yang digunakan dalam smartphone dan laptop. Selamat mencoba!


(brl/guf)