Cara geser dan scroll layar perangkat Android tanpa sentuh, cukup pakai suara

Cara geser dan scroll layar perangkat Android tanpa sentuh, cukup pakai suara

Techno.id - Android merupakan salah satu sistem operasi yang banyak digunakan pada perangkat elektronik salah satunya smartphone. Sebagai sebuah perangkat andal, smartphone dengan sistem operasi Android umumnya digunakan dengan cara disentuh pada bagian layarnya. Dengan demikian perangkat tersebut bisa digunakan dengan aman dan nyaman.

Untungnya sudah ada sebuah cara yang dapat digunakan untuk mengoperasikan perangkat Android tanpa perlu menyentuh layar. Dalam sebuah unggahan melalui akun TikTok, techkitchen mengupload cara untuk mengoperasikan perangkat Android tanpa perlu menyentuh layar.

Secara umum, cara yang diperlukan bisa dibilang cukup mudah untuk dilakukan. TikTok/@techkitchen juga menjelaskan cara yang diperlukan dengan cukup rinci sehingga mudah dipahami. Dengan kemudahan tersebut, kini setiap pengguna perangkat Android bisa mengoperasikan smartphone mereka sambil mengerjakan keperluan lain.

Tak perlu berlama-lama, berikut techno.id telah merangkum dari TikTok/@techkitchen pada Kamis (19/1), cara geser dan scroll layar perangkat Android tanpa sentuh.

Cara geser dan scroll layar perangkat Android tanpa sentuh

Cara geser dan scroll layar perangkat Android tanpa sentuh, cukup pakai suara

foto: pixabay.com

Agar dapat menggunakan perangkat Android tanpa menyentuh layar, pada dasarnya ada beberapa hal yang perlu dipersiapkan. Perlu kamu ketahui, cara ini dapat digunakan dengan bantuan aplikasi tambahan.

Aplikasi yang perlu kamu downoad bernama Voice Access. Aplikasi bikinan Google satu ini merupakan modal utama yang membuat kamu bisa mengoperasikan perangkat Android tanpa perlu menyentuh layar. Tak perlu berlama-lama, simak ulasan berikut untuk mulai menggunakan Voice Access.

1. Buka Play Store pada smartphone kamu kemudian ketikkan Voice Access pada kolom pencarian.
2. Klik Instal aplikasi tersebut kemudian tunggu hingga prosesnya selesai.
3. Jika sudah, buka aplikasi tersebut kemudian akan muncul notifikasi kecil saat akan membukanya, klik OK.
4. Di dalam aplikasi Voice Access, scroll ke bagian bawah hingga menemukan Voice Access. Hidupkan toggle pengaturan yang ada.
5. Jika muncul notifikasi kecil, klik OK kemudian kamu akan diarahkan ke menu baru.
6. Scroll ke bawah kemudian hidupkan opsi Listen for command wherever my screen is on. Akan ada perizinan penggunaan microphone, klik Continue.
7. Selanjutnya klik lagi Continue hingga semua langkah selesai. Jika ada perizinan akses, klik saja OK.
8. Untuk mulai menggunakan aplikasi Voice Access, kamu bisa katakan Hi Google untuk mengakses aplikasi atau menu yang diinginkan.

Cara geser dan scroll layar perangkat Android tanpa sentuh, cukup pakai suara

foto: pixabay.com

Cara tersebut pada dasarnya termasuk mudah digunakan. Tak hanya itu, kamu juga tidak membutuhkan banyak modal untuk dapat mengakses fitur satu ini. Perlu diingat bahwa cara satu dapat diakses hanya saat perangkat yang kamu miliki terhubung dengan akses komputer.

@techkitchen Reply to @ji_yeu_n Scroll Ticktok Hands-Free with Voice Access on Android #techtokhacks #androidtipsandtrick #lifehack #techtok Monkeys Spinning Monkeys - Kevin MacLeod & Kevin The Monkey


(brl/guf)