Lifehack simpel gunakan Google Maps untuk cari HP Android hilang, ini fitur yang digunakan

Lifehack simpel gunakan Google Maps untuk cari HP Android hilang, ini fitur yang digunakan

Techno.id - Apakah kamu pernah kehilangan sebuah smartphone? Jika iya, pasti kamu akan merasa sedih bercampur kesal, mengapa peristiwa apes menimpa dirimu bukan? Terlebih di dalam smartphone ada banyak data penting untuk aktivitas produktif setiap harinya. Tentu semakin membuat seseorang terpuruk untuk beberapa saat.

Smartphone memiliki fungsi beraneka ragam. Mulai dapat dipakai aktivitas komunikasi setiap hari, melakukan kegiatan hiburan seperti menonton video, sampai menyimpan berbagai file data pekerjaan. Apabila perangkat ponsel pintar seseorang tiba-tiba hilang, maka akan menimbulkan beberapa dampak negatif ke pengguna.

Risiko pencurian data pribadi, hingga peretasan akun oleh oknum tidak bertanggung jawab terlampau besar apabila smartphone hilang. Selain itu, seseorang juga pasti mengalami kerugian materi jika smartphone tak kunjung ditemukan.

Ketika smartphone hilang, kamu jangan keburu galau, ya sobat! Masih ada beberapa cara untuk menemukan kembali smartphone yang entah tidak diketahui keberadaannya tersebut. Salah satunya adalah menggunakan Google Maps.

Ya, aplikasi peta digital atau Maps milik Google memiliki fitur untuk dapat memantau dan melacak perangkat ponsel yang hilang. Fitur tersebut adalah Find My Device.

Sesuai dengan namanya, fitur ini dapat melacak lokasi terakhir smartphone menggunakan Google Maps. Tujuan dari adanya fitur ini adalah membantu memberikan petunjuk seseorang untuk menemukan perangkatnya yang hilang. Selain itu, Find My Device juga dapat melakukan penguncian serta penghapusan daya smartphone apabila dibutuhkan.

Pasti kamu penasaran bukan, bagaimana cara menggunakan fitur ini? Yuk ikuti langkah yang telah dirangkum techno.id, untuk mencari smartphone Android pada Kamis (19/.1).

Cara gunakan Google Maps untuk cari HP Android hilang.

Lifehack simpel gunakan Google Maps untuk cari HP Android hilang, ini fitur yang digunakan

foto: google.com/android/find

1. Silakan masuk ke situs Google Find My Device di www.google.com/android/find
2. Kemudian login ke akun Google yang dipakai smartphone.
3. Silakan pilih model smartphone yang ingin dilacak.
4. Pengguna dapat melihat lokasi smartphone saat ini. Lokasi yang ditampilkan cukup akurat. Namun perlu dicatat, smartphone dalam kondisi masih terhubung dengan internet dan GPS tetap aktif.
5. Find My Device dapat melacak lokasi terakhir melalui riwayat lokasi Google Maps.
6. Pengguna bisa mengetuk opsi "Map Timeline" untuk menelusuri lokasi terakhir smartphone sesuai waktu dan tanggal yang ada di perangkat.
7. Selain lokasi, pengguna juga dapat memantau sisa daya baterai dan nama jaringan seluler atau WiFi yang terhubung pada smartphone.
8. Situs Google Find My Device juga dapat digunakan untuk mengelola kegiatan smartphone yang sedang hilang.
9. Pilih opsi "Play Sound" untuk mengaktifkan suara dering pada smartphone. Nada dering ini akan berbunyi selama lima menit dan terdengar lantang, meski smartphone dalam mode "Silent/Sunyi".
10. Pilih opsi "Secure Device" untuk segera mengunci smartphone dan log-out dari akun Google. Meski smartphone dalam keadaan terkunci, pengguna masih dapat melacak lokasi smartphone serta menampilkan catatan dan nomor telepon yang dapat dibaca oleh orang lain yang menemukan perangkat.
11. Pilih opsi "Erase Device" untuk menghapus seluruh file yang tersimpan dalam smartphone. Akan tetapi, apabila opsi ini dipilih, pengguna tidak lagi dapat memantau lokasi smartphone.

Itulah beberapa langkah yang bisa kamu lakukan untuk menemukan perangkat smartphone Android yang hilang. Bagaimana sobat techno, cukup mudah bukan? Namun perlu dicatat, Find My Device masih bisa digunakan apabila smartphone dalam keadaan aktif dan terkoneksi internet. Apabila ponsel dalam keadaan mati atau tidak ada jaringan internet, maka pengguna bakal kesulitan dalam mencarinya. Selamat mencoba!


(brl/guf)