Cara membuat video stop motion di perangkat Android dan iPhone, mudah dan hasilnya keren

Cara membuat video stop motion di perangkat Android dan iPhone, mudah dan hasilnya keren

Techno.id - Video merupakan salah satu sarana hiburan yang dapat dinikmati semua kalangan. Hadirnya video tentu memberikan kemudahan tersendiri bagi setiap penggemarnya untuk mendapat informasi penting atau bahkan hanya sekadar mencari hiburan. Kemudahan tersebut juga didukung oleh banyaknya jenis video yang telah beredar di berbagai platform seperti YouTube.

Dari sekian banyaknya jenis video, ada sebuah aliran yang sukses menarik banyak peminat yakni stop motion. Video dengan gaya stop motion pada dasarnya terbuat dari perekaman benda yang diambil satu demi satu frame. Umumnya, proses pembuatan video stop motion termasuk cukup susah mengingat perlunya ketelitian pada proses tersebut.

Namun, kini sudah ada beberapa cara yang dapat dimanfaatkan dengan mudah untuk membuat video stop motion dengan mudah dan cepat. Ada beberapa cara yang dapat dimanfaatkan untuk membuat video stop motion dengan hasil yang bisa dibilang cukup memuaskan.

Tak perlu berlama-lama, berikut techno.id telah merangkum dari berbagai sumber pada Jumat (20/1), cara membuat video stop motion di perangkat Android dan iPhone.

Cara membuat video stop motion di perangkat Android dan iPhone
Pada dasarnya cara membuat video stop motion terbilang cukup mudah. Kamu cukup menyiapkan smartphone yang biasa kamu gunakan sebagai daily driver baik Android maupun iPhone.

Perlu diingat, agar dapat membuat video stop motion pada dasarnya kamu perlu mendownload aplikasi yang dapat memudahkan keperluan tersebut. Aplikasi yang digunakan pada perangkat Android dan iPhone tentu berbeda. Namun secara fungsi, baik aplikasi pada Android maupun iPhone dapat menghasilkan video yang sama bagusnya.

Tak perlu berlama-lama, kamu bisa simak ulasan berikut untuk mulai membuat video stop motion.

1. Membuat video stop motion menggunakan perangkat Android

Cara membuat video stop motion di perangkat Android dan iPhone, mudah dan hasilnya keren

foto: unsplash.com

Bagi kamu pengguna setiap perangkat Android, cara untuk membuat video stop motion termasuk mudah. Kamu bisa mengandalkan berbagai aplikasi yang sudah ada seperti Stop Motion Studio, Life Lapse, I Can Animate, Clayframes, dan masih banyak lagi. Secara umum, konsep dari semua aplikasi tersebut bisa dibilang sama. Bahkan pada aplikasi, beberapa fitur menarik seperti penghapus objek tak diinginkan sudah dapat digunakan.

Kamu hanya perlu mendownload aplikasi yang masuk daftar di atas kemudian memasukkan footage atau video yang akan kamu edit. Tak perlu khawatir, setiap aplikasi stop motion yang ada di atas terbilang cukup mudah untuk dioperasikan bahkan tanpa perlu banyak latihan.

2. Membuat video stop motion menggunakan perangkat iPhone

Cara membuat video stop motion di perangkat Android dan iPhone, mudah dan hasilnya keren

foto: unsplash.com

Tak jauh berbeda dengan perangkat Android, bagi kamu yang ingin membuat video stop motion dengan perangkat iPhone juga bisa mendapat kemudahan. Sudah ada berbagai aplikasi yang dapat diandalkan untuk mengedit video stop motion seperti iMotion, Osnap! Pro, Stop Motion Builder, Stop Motion Maker, dan masih banyak lagi.

Secara umum, cara penggunaan aplikasi pembuat video stop motion pada iPhone terbilang sama mudahnya seperti saat mengedit video stop motion pada perangkat Android. Hanya saja, tampilan yang ada tentu mengalami sedikit perubahan. Namun kamu tidak perlu khawatir, perubahan yang ada bisa dibilang cukup minim dan tidak menimbulkan banyak kebingungan.


(brl/guf)