Cara memperbaiki MicroSD card yang tidak bisa diformat, kenali juga penyebab utamanya

Cara memperbaiki MicroSD card yang tidak bisa diformat, kenali juga penyebab utamanya

Techno.id - Data digital merupakan salah satu dokumen penting yang bisa digunakan untuk mempermudah keperluan banyak orang. Data disimpan dalam berbagai bentuk file baik foto, video, tulisan, grafik, dan masih banyak lagi. Agar semua data tersebut bisa tersimpan dengan baik, tentu diperlukan sebuah alat penyimpanan yang ringkas.

Salah satu opsi paling bijak yang dapat digunakan untuk menyimpan banyak data adalah memanfaatkan MicroSD. Bisa digunakan pada smartphone, laptop, komputer, dan berbagai perangkat lain membuat MicroSD dipilih banyak orang. Desain minimalis dengan kapasitas hingga 1 TB membuat benda kecil ini mudah untuk digunakan.

Namun bukan tanpa kekurangan, MicroSD tentu bisa mengalami kerusakan. Salah satu kerusakan yang biasa terjadi pada MicroSD adalah tidak bisa diformat. Untungnya, sudah ada berbagai cara yang bisa dilakukan untuk mengatasi masalah tersebut.

Tak perlu berlama-lama, berikut techno.id telah merangkum dari berbagai sumber pada Rabu (4/1), cara memperbaiki MicroSD card yang tidak bisa diformat.

Penyebab MicroSD card tidak bisa diformat

Cara memperbaiki MicroSD card yang tidak bisa diformat, kenali juga penyebab utamanya

foto: freepik.com

Sebelum mengetahui cara format MicroSD, kamu perlu mengetahui terlebih dahulu beberapa penyebab utama perangkat tersebut tidak bisa diformat. Meski tidak selalu sama, namun penyebab MicroSD tidak bisa diformat secara umum hampir sama. Tak perlu berlama-lama, kamu bisa simak ulasan berikut.

1. Virus

Salah satu penyebab utama yang bisa menyebabkan MicroSD tidak bisa diformat adalah gangguan virus. Pada dasarnya virus di MicroSD bisa bersumber dari banyak hal. Mulai dari pemindahan atau pengkopian file yang tidak selesai atau menyimpan data dari sumber tidak terpercaya menjadi salah satu sumber penyebab utama MicroSD terserang virus.

2. MicroSD kotor

Salah satu penyebab MicroSD tidak bisa dibaca adalah kotor. Pada bagian pin kuning bagian depan MicroSD, kamu bisa membersihkannya menggunakan beberapa cara. Salah satu yang paling aman untuk membersihkan MicroSD yang kotor adalah menghilangkan kotoran menggunakan isopropil alkohol. Kamu bisa mendapat isopropil alkohol pada apotek atau toko penjual peralatan kimia lainnya.

3. MicroSD rusak

Masalah satu ini tentu menjadi salah satu paling fatal. Bagi kamu yang ingin format MicroSD, pastikan terlebih dahulu bahwa perangkat tersebut tidak mengalami kerusakan. Karena jika MicroSD rusak, kamu tidak akan bisa memformat perangkat tersebut.

Cara memperbaiki MicroSD card tidak bisa diformat

Cara memperbaiki MicroSD card yang tidak bisa diformat, kenali juga penyebab utamanya

foto: freepik.com

Setelah mengetahui penyebab utama dari MicroSD yang tidak terbaca, kamu bisa mulai mengetahui cara memperbaiki MicroSD yang tidak bisa diformat. Ada beberapa cara yang bisa digunakan untuk memperbaiki MicroSD yang tidak bisa diformat. Tak perlu berlama-lama, kamu bisa simak ulasan berikut untuk mulai memperbaiki MicroSD tersebut.

1. Menggunakan aplikasi

Salah satu cara untuk memperbaiki MicroSD yang tidak bisa diformat adalah memanfaatkan aplikasi. Pada Play Store dan App Store sudah terdapat banyak aplikasi yang bisa digunakan untuk melakukan format pada MicroSD. Kamu bisa menggunakan Gator, Smart Phone Cleaner, True SD Card Capacity & Speed Test Pro Version, Sandisk Memory Zone, dan masih banyak lagi.

2. Coba pada perangkat lain

Jika MicroSD yang kamu miliki tidak bisa diformat pada satu smartphone, coba perangkat lain yang ada untuk melakukan keperluan tersebut. Bisa jadi smartphone yang kamu miliki tidak bisa digunakan untuk memformat MicroSD, namun pada smartphone lain dapat dimanfaatkan untuk memudahkan keperluan tersebut. Perbedaan tersebut pada dasarnya dikarenakan perbedaan spesifikasi dan komponen yang digunakan. Maka dari itu, tidak ada salahnya untuk mencoba memformat MicroSD pada smartphone lain.

3. Format MicroSD menggunakan komputer dan laptop

Cara lain yang bisa kamu coba untuk memperbaiki MicroSD yang tidak bisa diformat adalah memanfaatkan laptop dan komputer. Pada dasarnya, laptop dan komputer memiliki spesifikasi yang lebih andal untuk melakukan format pada berbagai perangkat. Kamu bisa memanfaatkan spesifikasi tinggi tersebut untuk memperbaiki MicroSD. Meski membutuhkan adaptor, namun tidak ada salahnya untuk mencoba cara ini.

4. Format MicroSD menggunakan MacBook iMac

Pada dasarnya memperbaiki MicroSD menggunakan MacBook dan iMac hampir sama seperti saat menggunakan komputer maupun laptop. Kamu perlu memanfaatkan adapter agar MicroSD yang kamu miliki bisa terpasang pada MacBook maupun iMac. Langkah yang diperlukan pada dasarnya termasuk cukup mudah. Kamu bisa memanfaatkan fitur Finder yang ada pada perangkat tersebut.


(brl/guf)