Professional PRO-G40 resmi rilis, ini spesifikasi lengkap dan harganya

Professional PRO-G40 resmi rilis, ini spesifikasi lengkap dan harganya

Techno.id - Sistem penyimpanan merupakan salah satu komponen paling penting pada perangkat elektronik seperti laptop dan komputer. Maka tak heran jika tidak sedikit orang yang mementingkan sektor tersebut. Saking pentingnya sistem penyimpanan, tak jarang ada orang yang membeli storage tambahan.

Melirik peluang tersebut, SanDisk menjadi perusahaan yang pintar memanfaatkan kebutuhan banyak orang. Perusahaan asal California, United States tersebut telah merilis banyak produk yang dapat digunakan sebagai sistem penyimpanan tambahan. Salah satu produk unggulan mereka yang belum lama ini resmi dirilis adalah Portabel SSD SanDisk Professional PRO-G40.

Sesuai namanya, SanDisk Professional PRO-G40 merupakan portable SSD dengan tampilan ringkas yang membuatnya mudah dipindahkan. Keunggulan dari produk satu ini tentu tidak hanya ada di sektor fisik semata. Kemampuan mumpuni dari PRO-G40 seperti kecepatan read dan write, build quality, hingga fitur yang disematkan membuat portable SSD satu ini menarik untuk dibahas.

Berkenaan dengan produk anyar tersebut, berikut techno.id telah merangkum dari berbagai sumber pada Sabtu (17/12), spesifikasi lengkap dan harga dari portabel SSD SanDisk Professional PRO-G40.

Spesifikasi SanDisk Professional PRO-G40

Professional PRO-G40 resmi rilis, ini spesifikasi lengkap dan harganya

foto: westerndigital.com

SanDisk Professional PRO-G40 hadir sebagai portable SSD dengan tampilan fisik yang bisa dibilang sangat kuat. Meski SanDisk tidak menjelaskan secara detail material yang digunakan pada PRO-G40, namun perusahaan barang elektronik tersebut mengklaim bahwa portable SSD satu ini memiliki ketahanan yang sangat tinggi.

Dengan material yang disematkan pada bagian luar, SanDisk Professional PRO-G40 diklaim mampu bertahan dari beban hingga 4000lb atau jika dikonversi setara 1800 kg serta bisa bertahan saat dijatuhkan dari ketinggian 3 meter. Dengan ketahanan tersebut, SanDisk Professional PRO-G40 tentu menjadi perangkat yang bisa dibilang aman dari kerusakan akibat terjatuh atau terlindas.

Professional PRO-G40 resmi rilis, ini spesifikasi lengkap dan harganya

foto: westerndigital.com

Tak hanya memiliki ketahanan terhadap benturan dan beban berat, SanDisk Professional PRO-G40 juga memiliki ketahanan terhadap debu dan air berkat rating IP68. Tidak hanya aman dari debu dan air, SanDisk Professional PRO-G40 juga mampu diajak menyelam dengan kedalaman hingga 1 meter selama 30 menit. Dengan proteksi tersebut, bisa dibilang SanDisk Professional PRO-G40 menjadi portable SSD yang aman untuk dibawa bermain air.

Selain dibekali ketahanan yang luar biasa, SanDisk tentu memikirkan dengan cermat spesifikasi dari PRO-G40. SanDisk mengklaim bahwa PRO-G40 memiliki kecepatan baca 2700 MB/s dan kecepatan tulis 1900 MB/s. Untuk sebuah portable SSD, kecepatan baca dan tulis yang ada pada SanDisk Professional PRO-G40 tentu bisa dibilang sangat kencang.

Professional PRO-G40 resmi rilis, ini spesifikasi lengkap dan harganya

foto: westerndigital.com

Kecepatan baca dan tulis tersebut tentu didukung dengan port unggulan yang membuatnya bisa digunakan secara maksimal. Port Thunderbolt 3 dan USB 3.2 Gen 2 hadir pada SanDisk Professional PRO-G40 agar setiap pengguna bisa merasa nyaman saat mengoperasikan perangkat satu ini. Dengan kecepatan dan prot unggulan tersebut, SanDisk mengklaim bahwa proses pemindahan data hingga 50 GB bisa dilakukan dalam waktu hanya 30 detik.

Transfer yang cepat membuat proses pemindahan banyak data bisa dilakukan dengan mudah. Apalagi SanDisk Professional PRO-G40 memiliki kapasitas hingga 2 TB yang tentu bisa menyimpan banyak data dengan aman dan mudah. Sebagai informasi tambahan, SanDisk Professional PRO-G40 bisa digunakan pada perangkat dengan sistem operasi MacOS 10.13+ (Time Machine Compatible) dan Windows 10 (via reformat).

Professional PRO-G40 resmi rilis, ini spesifikasi lengkap dan harganya

foto: westerndigital.com

Harga dari SanDisk Professional PRO-G40 akan dibanderol di angka $299.99 atau setara Rp 4,6 jutaan untuk varian 1 TB. Sedangkan untuk varian 2 TB, SanDisk Professional PRO-G40 dibanderol dengan harga $449.99 atau jika dirupiahkan setara Rp 7 jutaan. Untuk sebuah portable SSD dengan kapasitas besar, ketahanan tinggi, serta kecepatan mumpuni, harga yang dipatok termasuk cukup wajar.


(brl/guf)