8 Langkah mudah WhatsApp tidak simpan foto dan video secara otomatis

8 Langkah mudah WhatsApp tidak simpan foto dan video secara otomatis

Techno.id - WhatsApp merupakan aplikasi yang digunakan untuk berkomunikasi dengan berbagai fitur menarik. Salah satu fitur yang diunggulkan WhatsApp yaitu pengguna dapat saling bertukar file melalui opsi chat. Artinya pengguna dapat mengirimkan atau menerima berbagai bentuk file seperti foto, video, maupun dokumen penting lainnya. Bahkan WhatsApp juga dapat mengirimkan file installer aplikasi lainnya.

Namun di balik kemudahan dari fitur untuk saling berkirim file, terdapat kelemahan yang dapat muncul. File yang masuk maupun keluar melalui WhatsApp dapat memakan penyimpanan ruang perangkat. Hal tersebut berakibat pada memori perangkat semakin penuh dan mengganggu proses operasi lainnya.

WhatsApp mempunyai fitur grup dengan anggota ratusan orang. Dengan masuk di grup WhatsApp kemungkinan untuk mendapatkan berbagai file yang tidak diinginkan sangatlah besar. Terlebih pengaturan WhatsApp default secara otomatis akan menyimpan file yang dikirim ke memori penyimpanan.

Namun bagi pengguna WhatsApp tidak perlu khawatir. Pihak developer WhatsApp telah memberikan fitur bagi pengguna agar aplikasi tidak secara otomatis menyimpan file yang dikirim ke penyimpanan perangkat. Lalu bagaimana cara untuk mengaktifkan pengaturan tersebut? Kali ini techno.id pada Selasa (19/7) akan menyajikan 8 langkah mudah WhatsApp tidak simpan foto dan video secara otomatis yang dirangkum dari berbagai sumber.

Cara agar file foto dan video tidak tersimpan otomatis.

8 Langkah mudah WhatsApp tidak simpan foto dan video secara otomatis

foto: pixabay.com

1. Silakan masuk ke WhatsApp dan pilih opsi "Setiings" atau "Pengaturan" dengan ikon titik tiga secara vertikal di bagian atas kanan layar.
2. Setelah masuk ke menu Settings, silakan pilih opsi Penyimpanan dan data.
3. Pengguna akan dibawa ke menu pengaturan media penyimpanan dan data aplikasi WhatsApp pada perangkat yang digunakan.
4. Pada menu tersebut silakan perhatikan opsi "Media auto-download" yang memiliki tiga menu yang bisa dipilih pengguna. Kolom tersebut dapat mengaktifkan fitur download otomatis untuk media atau dokumen yang diterima pengguna WhatsApp.
Adapun ketiga menu tersebut yaitu:
- "When using mobile data": mengaktifkan atau menonaktifkan fitur download otomatis ketika menggunakan kuota data.
- "When connected on Wifi": mengaktifkan atau menonaktifkan fitur download otomatis ketika menggunakan Wifi.
- "When roaming": mengaktifkan atau menonaktifkan fitur download otomatis ketika pengguna mengaktifkan internet via layanan roaming di luar negeri.

8 Langkah mudah WhatsApp tidak simpan foto dan video secara otomatis

foto: techno.id/adnan

5. Silakan pilih opsi "When using mobile data" dan hapus tanda centang yang ada di masing-masing kotak cek. Ada empat jenis konten yang bisa dimatikan fitur download otomatis yaitu:
- "Photos" untuk foto
- "Audio" untuk file audio
- "Videos" untuk video
- "Documents untuk file dokumen macam Microsoft Word hingga PDF.
6. Apabila pengguna ingin mematikan fitur download otomatis saat tersambung Wifi atau jaringan roaming, maka pengguna dapat menghapus tanda centang dari kotak Photos, Audio, Videos, dan Document seperti sebelumnya.
7. Setelah tanda centang dihilangkan seluruhnya, silakan klik "OK".
8. Proses selesai, setelah opsi centang pada kotak tadi dihilangkan maka seluruh media baik itu foto video yang diterima pada WhatsApp tidak tersimpan secara otomatis di penyimpanan perangkat pengguna.

8 Langkah mudah WhatsApp tidak simpan foto dan video secara otomatis

foto: pixabay.com

Itulah beberapa langkah yang dapat dilakukan untuk membuat WhatsApp tidak secara otomatis mengunduh file foto maupun video. Dampaknya file media perlu diunduh secara manual oleh pengguna dengan menekan tanda panah ke bawah. Selain itu perlu diketahui bahwa file voice note yang diterima pengguna tetap tersimpan secara otomatis oleh aplikasi.


(brl/guf)