7 Langkah pindahkan data WhatsApp ke smartphone baru, mudah dan cepat

7 Langkah pindahkan data WhatsApp ke smartphone baru, mudah dan cepat

Techno.id - Berkat berkembangnya teknologi internet, saat ini melakukan komunikasi jarak jauh dengan seseorang dapat mudah dilakukan. Ditambah ada berbagai aplikasi yang dapat digunakan oleh seseorang untuk menunjang berkomunikasi tanpa batasan ruang dan waktu. Salah satu aplikasi populer yang digunakan pengguna gadget adalah WhatsApp.

WhatsApp merupakan platform penyedia layanan komunikasi virtual yang dikembangkan oleh Meta. Aplikasi dengan ciri khas warna hijau dan gambar gagang telepon tersebut memiliki segudang fitur. Mulai dari fitur di dalam chatting seperti mengirim emoji stiker dan GIF, sampai dapat digunakan untuk melakukan panggilan video pribadi maupun kelompok. WhatsApp atau yang sering disingkat WA juga dapat mengumpulkan ratusan pengguna menjadi satu grup. Hal tersebut sangat berguna untuk melakukan komunikasi kolektif secara cepat dan efisien.

WhatsApp juga miliki kemampuan untuk mengirimkan berbagai format file ke pengguna lainnya. Pemilik akun juga bisa mengirimkan foto, video, maupun voice note melalui chatting. Selain itu, sesama kontak WhatsApp dapat saling melihat unggahan status di fitur story. Hal tersebut tentu menambah keseruan dalam menggunakan WhatsApp.

Platform WhatsApp dapat diakses menggunakan nomor telepon yang dimiliki. Sistemnya satu nomor untuk satu akun. Namun terdapat pertanyaan bagaimana jika pengguna berganti perangkat? Apakah semua data WhatsApp akan hilang? Lalu apa yang harus dilakukan saat pengguna berganti perangkat baru?

7 Langkah pindahkan data WhatsApp ke smartphone baru, mudah dan cepat

foto: pixabay.com

Untuk menjawab pertanyaan tersebut, techno.id pada Rabu (13/7) akan menyajikan 7 langkah pindahkan data WhatsApp ke smartphone baru yang dirangkum dari berbagai sumber. Yuk simak caranya sampai habis, agar kamu tidak kebingungan.

Sebenarnya WhatsApp secara otomatis melakukan pencadangan secara lokal setiap harinya pada jam 2 dini hari. Pengguna dapat mengakses pencadangan yang dilakukan dengan membuka file manager kemudian pilih penyimpanan internal, pilih WhatsApp dan buka folder database.

Data yang tersimpan ada pada file dengan nama msgstore-TTTT-BB-DD.1.db.crypt12. Kode tersebut merupakan tanda kapan WhatsApp melakukan pencadangan. Cara membacanya TTTT merupakan tahun, BB adalah bulan, dan DD adalah tanggal.

Selain itu pengguna juga dapat melakukan pencadangan file dengan Google Drive. Dengan cara mencadangan ke Google Drive, perangkat mempunyai space lega untuk fungsi lainnya. Untuk melakukan pencadangan di Google Drive kamu dapat melakukan cara berikut ini:

7 Langkah pindahkan data WhatsApp ke smartphone baru, mudah dan cepat

foto: pixabay.com

1. Silakan buka aplikasi WhatsApp.
2. Kemudian klik ikon tiga titik yang terletak di sudut kanan atas layar beranda WhatsApp.
3. Setelah itu masuk ke menu Setting dan pilih Chat -> Chat Backup.
4. Silakan atur jadwal Backup sesuai keinginan.
5. Kemudian pilih akun Google Drive yang digunakan untuk menyimpan data.
6. Silakan pilih apakah file video dan foto ingin dicadangkan atau tidak.
7. Setelah itu untuk melakukan penyimpanan hasil pencadangan tekan tombol cadangkan.
8. Tunggu sampai proses pencadangan selesai.

Setelah data file telah berhasil dicadangkan, kini pengguna dapat melakukan pergantian perangkat. Untuk memindahkan file WhatsApp ke handphone yang baru, silakan ikuti langkah berikut ini:

1. Silakan mengunduh aplikasi WhatsApp pada handphone yang baru.
2. Buka aplikasi yang telah terinstal dan masuk ke menu.
3. Pilih menu Setting.
4. Kemudian pilih menu Akun > Ganti Nomor.
5. Silakan masukkan nomor telepon lama yang masih tertaut pada akun WhatsApp pengguna.
6. Kemudian login dengan nomor lama.
7. Terakhir, silakan verifikasi nomor telepon dengan memasukkan kode verifikasi yang dikirim melalui SMS.

7 Langkah pindahkan data WhatsApp ke smartphone baru, mudah dan cepat

foto: pixabay.com

Apabila pengguna mendapati chat yang tidak lengkap, silakan lakukan langkah berikut ini:

1. Silakan buka aplikasi WhatsApp.
2. Klik tombol menu yang berada di pojok kanan atas layar beranda.
3. Setelah itu, pilih opsi Setting.
4. Cari menu Chat dan pilih Backup.

Itulah langkah yang harus dilalui untuk memindahkan data WhatsApp ke handphone baru. Secara singkat sebelum beralih ke perangkat baru silakan untuk mencadangkan terlebih dahulu file penting WhatsApp. Kemudian login menggunakan nomor yang telah terdaftar sebelumnya. Pastikan nomor pengguna tetap aktif dan dapat melakukan verifikasi.

(brl/guf)