9 Langkah buat reaction pesan WhatsApp lebih banyak, silakan update

9 Langkah buat reaction pesan WhatsApp lebih banyak, silakan update

Techno.id - WhatsApp merupakan aplikasi untuk komunikasi yang saat ini masih menjadi andalan pengguna gadget. Ada berbagai fitur yang diberikan oleh developer WhatsApp untuk penggunanya. Mulai dari fitur chatting, panggilan audio maupun video, hingga fitur untuk membagikan story.

WhatsApp yang saat ini dikembangkan oleh Meta terus mengalami update pembaharuan ke arah lebih baik. Salah satu update yang dilakukan adalah WhatsApp Reaction. Fitur baru tersebut hadir setelah aplikasi tersebut dipegang oleh Meta.

Sebagaimana diketahui bersama, Meta merupakan perusahaan yang didirikan oleh pemilik Facebook Mark Zuckerberg. Artinya WhatsApp memiliki konsep seperti platform Facebook yang dapat mengirimkan reaksi pesan, mengunggah story, dan masih banyak lagi.

Fitur WhatsApp Reaction memungkinkan pengguna dapat mengirimkan emoji terhadap pesan yang dikirim. Ada beberapa reaksi standar yang bisa digunakan seperti tertawa, love, jempol suka, emoji sedih dan beberapa reaksi lainnya. Namun tentu pengguna WhatsApp akan merasa bosan dengan reaksi emoji default yang itu-itu saja.

Akan tetapi jangan khawatir, Meta memberikan update terbaru sehingga semua emoji di platform tersebut dapat digunakan oleh pengguna. Lalu bagaimana cara mendapatkan atau mengaktifkan fitur reaction WhatsApp terbaru? Kali ini techno.id pada Senin (18/7) akan memberikan sembilan langkah membuat reaction pesan WhatsApp lebih banyak yang dirangkum dari berbagai sumber.

9 Langkah buat reaction pesan WhatsApp lebih banyak, silakan update

foto: Twitter/ @WABetaInfo

1. Silakan untuk update WhatsApp ke versi terbaru melalui Google Play Store atau App Store.
2. Kemudian buka aplikasi WhatsApp.
3. Buka menu chat dan pilih kolom percakapan yang diinginkan.
4. Silakan tekan dan tahan pesan yang ingin diberikan reaksi.
5. Kemudian klik ikon tambah (+) yang terletak pada pojok kanan percakapan.
6. Silakan pilih emoji yang ingin ditambahkan ke fitur Reactions chat WhatsApp.
7. Pengguna juga dapat mencari emoji lain sesuai keinginan melalui kolom pencarian atau Search.
8. Emoji tersebut dapat disimpan ke kolom "Recent Reactions".
9. Setelah disimpan pengguna dapat menggunakan emoji yang telah dipilih sebagai reaksi pesan di kolom percakapan.

Namun perlu digaris bawahi bahwa Meta masih melakukan pendistribusian update reaction WhatsApp secara berkala. Artinya baru beberapa pengguna yang dapat melakukan hal tersebut. Tapi jangan khawatir, Meta akan melakukan pembaharuan reaksi pesan secara menyeluruh untuk pengguna WhatsApp.

9 Langkah buat reaction pesan WhatsApp lebih banyak, silakan update

foto: pixabay.com

Selain dapat menambah emoji reaksi lebih banyak, pengguna juga dapat melakukan pengaturan notifikasi WhatsApp Reaction. Tujuannya agar user tidak merasa terlalu terganggu dengan notifikasi dari reaksi pesan. Untuk mengatur notifikasi reaksi pesan WhatsApp dapat melakukan langkah berikut ini:

1. Silakan buka aplikasi WhatsApp.
2. Kemudian akses menu Settings atau Pengaturan
3. Pilih opsi Notifications atau Notifikasi.
4. Setelah itu pilih opsi Reactions Notifications atau Notifikasi Reaksi yang berada di bawah kolom Messages atau Pesan dan Group atau Grup.
5. Langkah selanjutnya adalah geser toggle atau tombol di sisi kanan ke arah kanan hingga berubah warna hijau untuk mengaktifkan notifikasi Reactions agar muncul di layar.
6. Atau pengguna juga dapat menonaktifkan notifikasi Reactions dengan menggeser toggle ke kiri hingga berubah warna menjadi abu-abu.

Itulah beberapa langkah untuk mengatur WhatsApp Reaction. Selamat mencoba!


(brl/guf)