Cara menjalankan game Android, web, dan Steam di Chromebook

Cara menjalankan game Android, web, dan Steam di Chromebook

Techno.id - Chromebook awalnya identik dengan komputasi yang ringan dan relatif murah. Namun, seiring berjalannya waktu, Chromebook kini semakin mumpuni. Tidak hanya sebagai perangkat untuk aktivitas sehari-hari, tetapi juga bisa dijadikan mesin gaming.

Faktanya, ada lebih banyak opsi game di ChromeOS daripada yang mungkin disadari banyak orang. Selain memberi pengguna akses ke game web yang berjalan di peramban, ChromeOS juga mendukung game Android. Bahkan saat ini Chromebook bisa juga melibas game Steam.

Kamu bisa memilih beberapa atau semua opsi tersebut, tergantung pada kebutuhan bermain game dan budget kamu. Berikut cara menjalankan game di Chromebook.

Game Android dan web

Cara menjalankan game Android, web, dan Steam di Chromebook foto: play.google.com

ChromeOS saat ini mendukung menjalankan aplikasi dan game Android. Jika mengeklik tombol Peluncur ChromeOS, membuka Play Store, dan beralih ke tab Game, kamu bisa melihat apa saja yang tersedia. Perhatikan bahwa Play Store mencantumkan daftar game yang sangat cocok untuk Chromebook di bagian atas.

Tidak semua game Android dibuat untuk dijalankan di ChromeOS, sehingga game apa pun yang tidak kompatibel tidak akan muncul di Play Store. Selain itu saat ini banyak juga game berbasis browser.

Seiring dengan perkembangan teknologi peramban dan peningkatan kecepatan internet, maka kecanggihan game web juga semakin berkembang. Banyak game gratis yang dapat kamu temui untuk dimainkan seperti Wordle, Line Rider yang bergerak cepat, strategi epik berbasis giliran Freeciv, OGC Open untuk penggemar golf, RPG dunia terbuka Fallen London, dan Sonic the Hedgehog untuk penggemar game retro.

Steam di ChromeOS

Cara menjalankan game Android, web, dan Steam di Chromebook foto: steam.app

Dukungan Steam di ChromeOS sudah resmi, meskipun dalam bentuk beta. Artinya kamu mungkin akan melihat bug sesekali dan kamu tidak bisa memainkan semua game yang ada di perpustakaan Steam. Namun, ratusan game bisa dimainkan jika kamu memiliki Chromebook yang cukup baru dan cukup kuat.

(brl/red)