Cara menyulap laptop lama jadi Chromebook, prosesnya tidak sampai satu jam

Cara menyulap laptop lama jadi Chromebook, prosesnya tidak sampai satu jam

Cara mengubah laptop jadi chromebook

3. Boot ke flash drive

Cara menyulap laptop lama jadi Chromebook,prosesnya tidak sampai satu jam foto:chromeenterprise.google

Untuk mem-boot ke flash drive yang baru dibuat, kamu harus melewati urutan boot otomatis laptop kamu, yang biasanya secara default mengarah ke drive penyimpanan utama. Kamu dapat melakukannya dengan menekan tombol pada keyboard saat PC pertama kali dinyalakan, mirip dengan masuk ke BIOS.

Cari secara online cara mengakses menu prioritas boot untuk laptop kamu, karena ini sifatnya tidak universal. Sebagai contoh, jika menggunakan Lenovo ThinkPad X240 maka diharuskan menekan F12 saat startup. Sedangkan untuk HP Spectre x360, tekan F9. Google bahkan menyediakan daftar kunci boot untuk pembuat laptop utama.

Metode alternatifnya adalah masuk ke BIOS laptop kamu sekali lagi, Kamu perlu mencari tombol mana yang harus ditekan saat menyalakan laptop dan mengatur ulang urutan boot otomatis, lalu membatalkan perubahan itu setelah menginstal ChromeOS Flex.

Dalam kedua kasus tersebut, Anda seharusnya bisa memilih drive USB sebagai perangkat boot. Layar hitam dengan logo ChromeOS akan muncul tak lama kemudian.

4. Pasang ChromeOS Flex

Cara menyulap laptop lama jadi Chromebook,prosesnya tidak sampai satu jam foto: pcworld

Saat layar selamat datang muncul, kamu dapat mengambil salah satu dari dua rute. Segera hapus drive laptop kamu dan instal ChromeOS Flex. Atau konfigurasikan ChromeOS Flex di flash drive. Pilih yang terakhir jika kamu ingin menguji coba ChromeOS Flex untuk sementara waktu.

Opsi 1: Instalasi

Setelah boot ke flash drive, tunggu hingga layar pembuka muncul, lalu klik tombol Mulai. Pada layar berikutnya yang muncul, pilih Instal ChromeOS Flex.

Konfirmasikan bahwa kamu telah mencadangkan data, lalu lanjutkan dengan penghapusan hard drive dan instalasi ChromeOS Flex. Proses ini akan berlangsung antara 5 hingga 20 menit, tergantung kecepatan flash drive dan ukuran hard drive laptop kamu.

Setelah selesai, laptop kamu akan mati. Lepaskan drive USB, lalu hidupkan kembali sistem dan batalkan perubahan apa pun pada urutan boot otomatis BIOS kamu, jika ada. Kamu akan melihat layar selamat datang sekali lagi, yang sekarang berjalan dari laptop kamu. Klik tombol Mulai untuk memulai pengaturan.

Saat kamu menjalani proses penyiapan, perhatikan kotak centang yang memberikan izin untuk membagikan penggunaan dan data perangkat kamu dengan Google. Ini secara otomatis diatur untuk mengizinkan berbagi, jadi pastikan untuk menghapus centang pada kotak jika kamu lebih suka informasi tersebut tetap bersifat pribadi.

Opsi 2: Coba ChromeOS Flex dari flash drive

Cara menyulap laptop lama jadi Chromebook,prosesnya tidak sampai satu jam foto: pcworld

Saat layar selamat datang muncul, klik tombol Mulai untuk memulai pengaturan. Setelah melewati layar konfigurasi untuk Wi-Fi, jenis akun, dan login akun Google, kamu akan sampai di desktop. Untuk penyiapan yang lebih cepat, kamu bisa melewatkan login akun Google dan menjelajah sebagai tamu.

Kamu nantinya dapat menginstal ChromeOS Flex secara lokal dengan mengeklik bagian kanan bawah layer di dekat fitur tanggal, lalu keluar dari akun kamu atau keluar sebagai tamu.

Pada layar yang muncul, lihat di bagian bawah layar untuk tombol Instal ChromeOS Flex. Setelah selesai, laptop kamu akan mati. Lepaskan drive USB, lalu nyalakan kembali sistem dan batalkan perubahan apa pun pada urutan boot otomatis BIOS kamu, jika ada. Kamu akan melihat layar pembuka sekali lagi, yang kini dijalankan dari laptop kamu. Mulai pengaturan dengan mengeklik tombol Mulai.

5. Masuk ke Akun Google kamu

Cara menyulap laptop lama jadi Chromebook,prosesnya tidak sampai satu jam foto: google

Jika kamu menginstal ChromeOS Flex ke drive penyimpanan laptop, sekarang kamu hanya perlu terhubung ke internet dan masuk ke akun Google. Kamu kemudian akan masuk ke desktop dan pesan selamat datang. Sekarang kamu sudah bisa menggunakan Chromebook DIY kamu.

(brl/red)