Cara menyetel ulang MacBook atau iMac ke setelan pabrik  

Cara menyetel ulang MacBook atau iMac ke setelan pabrik  

Techno.id - Jika kamu berencana untuk menjual komputer Apple atau memberikannya kepada anggota keluarga, kamu harus mengatur ulang Mac ke setelan pabrik agar data pribadi kamu tidak lagi ada di dalamnya. Baik kamu memiliki desktop MacBook atau Mac, begini cara melakukannya.

Menyetel ulang MacBook atau Mac modern ke setelan pabrik

Jika perangkat kamu menjalankan marcos Sonoma, Ventura, atau Monterey, ada cara cepat untuk mengatur ulang Mac ke setelan pabrik. Kamu dapat melakukannya melalui Pengaturan Sistem (atau Preferensi Sistem). Di macOS Ventura atau Sonoma, ikuti langkah-langkah berikut.

1. Klik logo Apple di bilah menu dan pilih Pengaturan Sistem dari menu tarik-turun.

2. Pilih Umum dari bar samping, lalu klik Transfer atau Setel Ulang di sebelah kanan.

3. Klik Hapus Semua Konten dan Pengaturan.

Di sisi lain, jika Mac kamu menjalankan Monterey, inilah yang perlu kamu lakukan.

1. Klik logo Apple di bilah menu dan pilih Preferensi Sistem.

2. Selanjutnya, klik Preferensi Sistem di bilah menu dan pilih Hapus Semua Konten dan Pengaturan dari menu tarik-turun.

Setelah memilih Hapus Semua Konten dan Pengaturan, kamu harus memasukkan kata sandi admin Mac kamu. Erase Assistant akan terbuka berikutnya dan menanyakan apakah kamu ingin mencadangkan Mac menggunakan Time Machine.

Setelah kamu melalui beberapa langkah lagi, seperti keluar dari ID Apple kamu dan mengklik Hapus Semua Konten & Pengaturan lagi, Mac kamu akan mulai diatur ulang.

Menyetel ulang MacBook dan Mac lama ke setelan pabrik menggunakan pemulihan macOS

Cara menyetel ulang MacBook atau iMac ke setelan pabrik foto: freepik/jannoon028

Jika Mac kamu menjalankan versi macOS yang lebih lama dari Monterey, kamu harus menggunakan Pemulihan macOS untuk menghapus data Mac kamu. Jika kamu memiliki Mac Intel atau Apple silicon, mudah untuk mempelajari cara mem-boot ke Pemulihan macOS. Tetapi jika kamu mengalami masalah, coba perbaikan untuk masuk ke Pemulihan macOS. Catatan, sebelum masuk ke Pemulihan macOS, pastikan untuk keluar dari akun iCloud kamu.

Anda akan tahu jika berada dalam Pemulihan macOS karena wallpaper akan menjadi hitam, dan tidak akan ada aplikasi atau file yang tersedia.

(brl/red)