Cara menyesuaikan pengaturan sensitivitas layar sentuh ponsel Android

Cara menyesuaikan pengaturan sensitivitas layar sentuh ponsel Android

Techno.id - Setiap perangkat layar sentuh memiliki keunikan tersendiri dalam hal interaktivitas. Kamu mungkin berasumsi bahwa setiap layar sentuh tidak ada perbedaan khusus.

Jika kamu beranggapan demikian, ternyata pendapat itu salah. Setiap layar sentuh memiliki perbedaan halus. Sebagai contoh, layar sentuh pada smartphone Android didesain untuk menerima colekan lembut dan gesekan biasa, namun tidak menyukai umpan balik yang lebih kuat.

Sebagian besar ponsel pintar Android, tergantung pada produsennya, memiliki pengaturan khusus bawaan yang dirancang untuk membuatnya lebih mudah menerima umpan balik sentuhan, lebih dari sekadar mencolek dan menggesek. Pengaturan ini dirancang terutama bagi mereka yang menggunakan pelindung yang lebih tebal pada ponsel seperti pelindung layar yang tebal atau casing.

Namun kamu bisa menyesuaikan sensitivitas sentuhan dan membuatnya lebih sesuai dengan preferensi atau gestur fisik kamu. Begini cara meningkatkan sensitivitas sentuhan pada ponsel Android.

Cara menyesuaikan pengaturan sensitivitas layar sentuh ponsel Android foto: unsplash/oliur

1. Pada ponsel kamu, buka Pengaturan.

2. Ketuk Pengaturan tampilan.

3. Aktifkan sakelar Mode pelindung layar. Tombol beralih ini juga dapat disebut Sensitivitas sentuh.

4. Ketika sakelar ini diaktifkan, sensitivitas layar sentuh ponsel Android kamu akan ditingkatkan, sehingga lebih mudah menerima input yang lebih kecil.

5. Jika kamu menggunakan pelindung layar, peningkatan sensitivitas akan menggantikan gangguan antara jari dan layar.

6. Jika ponsel kamu tidak menggunakan pelindung, kamu dapat mengaktifkan sakelar jika kamu hanya ingin layar lebih responsif terhadap input yang kamu berikan.

(brl/red)