Samsung dikabarkan sedang menggarap rangkaian sensor kamera beresolusi tinggi hingga 440MP

Samsung dikabarkan sedang menggarap rangkaian sensor kamera beresolusi tinggi hingga 440MP

Techno.id - Pertarungan megapiksel di sektor kamera smartphone tampaknya masih terus berlanjut. Saat ini hampir semua produsen smartphone menawarkan sensor kamera smartphone dengan resolusi tinggi.

Salah satu produsen yang cukup agresif dalam hal ini adalah Samsung. Malah dikabarkan perusahaan asal Korea Selatan ini sedang mengerjakan beberapa sensor gambar yang mengerikan.Setidaknya satu di antaranya diperkirakan bakal dibenamkan pada smartphone masa depan.

Samsung memang terkenal dengan kemampuannya untuk menghasilkan gambar yang bagus di bagian kamera smartphonenya. Contohnya Galaxy S23 Ultra yang mengguncang dunia dengan sensor kamera ISOCELL 200MP yang luar biasa. Kabarnya sensor ini mungkin akan bertahan untuk Galaxy S24 Ultra. Muncul kabar jika Samsung saat ini sedang merencanakan sesuatu yang jauh lebih besar untuk smartphone masa depannya.

Samsung dikabarkan sedang menggarap rangkaian sensor kamera beresolusi tinggi hingga 440MP foto: techno.id/yani andriyansyah

Menurut pembocor rahasia, Revegnus (@Tech_Reve) yang berbagi cuitan di X menyebutkan bahwa Samsung sedang mengerjakan serangkaian sensor kamera baru dengan jumlah megapiksel tinggi. Kabarnya rangkaian sensor ini akan diproduksi secara massal mulai paruh kedua tahun 2024, yang berarti kamera-kamera ini bisa sampai ke pasar pada tahun 2025.

Sensor kamera CMOS ISOCELL adalah sekelompok sensor yang dibuat Samsung. Perusahaan lain dapat membeli dan menggunakannya untuk ponsel, komputer, dan kamera digital.

Samsung dilaporkan sedang dalam proses mengembangkan empat sensor kamera. Ini termasuk sensor HU1 440MP, sensor 320MP yang tidak disebutkan namanya, sensor HP7 200MP yang menampilkan piksel 0,7 mikron, dan sensor ISOCELL GN6 50MP dengan piksel 1,6 mikron. Sensor HP7 200MP pada awalnya ditujukan untuk Galaxy S25 Ultra di masa depan, tetapi dibatalkan karena biaya produksinya yang sangat tinggi.

Meskipun agak meragukan bahwa Samsung akan menempatkan sensor baru ini di smartphone-nya, perusahaan ini sebelumnya telah membagikan ambisinya untuk mengembangkan sensor kamera 576MP seperti mata manusia pada tahun 2025. Jadi, sensor kamera 440MP yang dirumorkan bisa menjadi langkah menuju tujuan tersebut.

Mengenai sensor kamera 320MP, pemberi informasi menyarankan bahwa sensor tersebut berpotensi untuk digunakan di Galaxy S26 Ultra. Namun, masih terlalu dini untuk mengatakan dengan pasti apakah ini akan benar-benar terjadi.

Untuk unit 440MP, belum jelas apakah sensor ini dimaksudkan untuk digunakan pada smartphone. Karena beberapa spekulasi online menyatakan bahwa sensor ini dapat digunakan pada perangkat IoT atau sektor industri. Bagi penggemar fotografi smartphone, sensor yang paling menonjol dalam daftar yang disebutkan di atas mungkin adalah sensor 320MP. Mungkinkah sensor ini akan dibenamkan pada Galaxy S26 Ultra? Namun, itu masih tiga tahun lagi, jadi kemungkinan belum ada yang pasti.

Samsung dikabarkan sedang menggarap rangkaian sensor kamera beresolusi tinggi hingga 440MP foto: techno.id/yani andriyansyah

Sementara untuk sensor kamera 50MP GN6 berpotensi menjadi sensor kamera satu inci pertama Samsung dengan ukuran piksel yang identik dengan sensor IMX989 milik Sony yang terkenal. Sensor ini digunakan beberapa produsen China, termasuk Oppo pada Find X6 Pro, Xiaomi pada Xiaomi 13 Pro, dan Vivo pada Vivo X90 Pro Plus.

Menurut pembocornya, sensor ini tidak mungkin digunakan pada ponsel Samsung. Namun, sensor ini diantisipasi untuk digunakan di antara produsen Cina. Jika Samsung benar-benar mengembangkan sensor satu inci baru ini, maka akan memberikan lebih banyak pilihan kepada produsen smartphone untuk dipilih.

(brl/red)