Begini cara mengalibrasi ulang baterai iPhone untuk membantu menghemat daya

Begini cara mengalibrasi ulang baterai iPhone untuk membantu menghemat daya

Techno.id - Saat baterai iPhone sudah mulai menunjukkan masalah seperti melambat saat diisi ulang atau cepat habis meski kamu sudah menerapkan pengaturan penghematan daya, alternatif yang bisa dilakukan adalah dengan mengalibrasi ulang baterai. Sekadar informasi, alat kalibrasi iPhone yang menggunakan iOS 14.5 atau yang lebih baru, berjalan secara otomatis. Namun kamu dapat memeriksa statusnya melalui menu Pengaturan > Baterai > Kesehatan Baterai.

Kamu dapat mengalibrasi ulang iPhone yang lebih lama dengan mengosongkan baterai, mengisi daya hingga penuh, dan segera menghidupkan ulang ponsel.

Cara kalibrasi ulang baterai iPhone

Begini cara mengalibrasi ulang baterai iPhone untuk membantu menghemat daya foto: freepik/user6724086

Apple merilis alat kalibrasi baterai bersama iOS 14.5 yang dapat digunakan untuk mengalibrasi ulang baterai. Jika tidak memiliki iOS 14.5 atau yang lebih baru, kamu harus memperbarui sistem operasi sebelum menggunakan alat ini.

Jika iPhone kamu telah diperbarui sepenuhnya dan memiliki fitur kalibrasi ulang baterai, fitur ini akan berjalan secara otomatis dan membantu meningkatkan masa pakai baterai dari waktu ke waktu. Kamu dapat memeriksa perkembangannya kapan saja di bagian kesehatan baterai pada pengaturan iPhone. Berikut ini cara menggunakan alat kalibrasi ulang baterai iPhone.

1. Dari layar utama, ketuk Pengaturan.

2. Di menu pengaturan, gulir ke bawah.

3. Ketuk Baterai.

4. Ketuk Kesehatan Baterai.

5. Cari Pesan Baterai Penting di bagian atas layar untuk informasi mengenai proses kalibrasi ulang baterai pada iPhone kamu.

Cara kerja kalibrasi ulang baterai iPhone

Begini cara mengalibrasi ulang baterai iPhone untuk membantu menghemat daya foto: freepik/idiegoweb

Alat kalibrasi baterai yang diperkenalkan pada iOS 14.5 mengalibrasi baterai secara otomatis, sehingga kamu tidak perlu mengaktifkan fitur tersebut. Kalibrasi dapat memakan waktu berminggu-minggu, bahkan ini adalah proses yang berkelanjutan.

Jika kamu tidak melihat pesan tentang status kalibrasi ulang, periksa kembali nanti. Saat mengkalibrasi ulang baterai, kamu akan melihat Kapasitas Maksimum dan Kemampuan Performa Puncak berubah untuk mencerminkan status baterai kamu yang sebenarnya.

(brl/red)