Gokil, masa pakai baterai smartphone ini bisa bertahan seminggu hanya dengan sekali pengisian daya

Gokil, masa pakai baterai smartphone ini bisa bertahan seminggu hanya dengan sekali pengisian daya

Techno.id - Ada yang menarik dalam acara Mobile World Congress yang digelar di Barcelona mulai 26-29 Februari 2024. Energizer memperkenalkan ponsel dengan baterai yang sangat mengerikan sehingga membuat ponsel sehari-hari menjadi minder.

Avenir Telecom, pemegang lisensi merek Energizer, memamerkan smartphone Hard Case P28K, yang dibekali baterai berkapasitas 28.000 mAh. Smartphone ini diklaim dapat memberikan penggunaan rutin selama seminggu dengan sekali pengisian daya.

Ini bukan peertama kalinya Energizer meluncurkan smartphone dengan baterai jumbo. Sebelumnya Energizer juga telah meluncurkan ponsel dengan baterai 7.000 mAh dan 16.000 mAh. Ada juga Power Max P18K Pop dengan baterai 18.000 mAh.

Smartphone Hard Case P28K mengemas baterai terbesar yang pernah ditemukan dalam sebuah handset. Dari sisi desain, smartphone ini juga sangat tebal, yakni 27,8 mm, atau lebih dari satu inci.

Sebagai perbandingan, Galaxy S24 Ultra hanya berukuran 0,34 inci, dan bahkan Z Fold 4 memiliki ketebalan 13,4 mm, atau setengah ketebalan Hard Case P28K, saat dilipat. Smartphone ini juga memiliki berat 570g, tiga kali lebih berat dari iPhone 15. Tentu saja smartphone ini tidak bisa dibawa di saku saat kamu jogging.

Gokil, masa pakai baterai smartphone ini bisa bertahan seminggu hanya dengan sekali pengisian daya foto: X/@danielbuenotech

Namun dengan baterai sebesat itu, smartphone ini akan memberi pengguna waktu bicara sekitar 122 jam, atau lebih dari lima hari. Sementara waktu siaga bisa mencapai 2.252 jam, setara 94 hari atau lebih dari tiga bulan.

Kabar baiknya, Hard Case P28K dapat diisi dengan cepat hingga 33W. Avenir mengatakan baterainya yang besar dapat terisi penuh dalam waktu satu setengah jam menggunakan pengisi daya 36W yang disertakan.

Handset ini dirancang untuk mereka yang memprioritaskan ketangguhan dan masa pakai baterai daripada fitur unggulan. Selain itu, jangan juga berharap smartphone ini dibekali chipset Qualcomm terbaru dan konektivitas 5G.

Smartphone ini ditenagai prosesor MediaTek MT6789. Ada juga layar LCD 1080p berukuran 6,78 inci. Perangkat ini berjalan dengan Android 14, RAM 8GB, penyimpanan 256GB, dan pengaturan tiga kamera yang terdiri dari kamera utama 60 megapiksel, sensor sekunder 20 megapiksel, dan sensor 2 megapiksel. Ada juga kamera depan 16 megapiksel dan peringkat IP68.

Seperti dilaporkan The Verge, Hard Case Energizer P28K akan dibanderol dengan harga USD271 atau sekitar Rp4,2 jutaan saat mulai dijual pada Oktober mendatang ketika perangkat ini tersedia secara global. Sedangkan pengguna di Ameriks Serikat yang ingin mendapatkannya harus melalui impor.

(brl/red)