Cara menonaktifkan 7 fitur Windows 11 yang mengganggu, laptop bisa lebih ngebut

Cara menonaktifkan 7 fitur Windows 11 yang mengganggu, laptop bisa lebih ngebut

Techno.id - Seperti kebanyakan sistem operasi, Windows 11 memiliki kekuatan dan kekurangan yang hampir sama. Dibanding Windows 10, Windows 11 menampilkan beberapa peningkatan besar pada kinerja dan kemampuan multitasking. Tetapi OS ini juga menyertakan beberapa fitur menjengkelkan yang menghalangi pengalaman produktif pengguna.

Nah dengan mematikan 7 fitur ini akan membuat Windows 11 kamu lebih nyaman tanpa gangguan. Bahkan untuk beberapa kasus, opsi ini dapat meningkatkan kinerja komputer. Berikut 7 fitur yang bisa kamu matikan untuk mengoptimalkan komputer kamu.

1. Pemberitahuan spanduk pop-up

Cara menonaktifkan 7 fitur Windows 11 yang mengganggu, laptop bisa lebih ngebut foto: tangkapan layar

Di Windows 11, kamu akan sering melihat pemberitahuan spanduk muncul di sudut kanan bawah layar. Pemberitahuan ini mungkin berisi peringatan sistem yang penting atau artikel yang tidak terlalu penting dari situs web yang kamu izinkan pemberitahuannya, tetapi umumnya dianggap agak mengganggu. Jika kamu pernah menemukan pemberitahuan spanduk pop-up ini mengganggu, berikut cara menonaktifkannya.

1. Buka aplikasi Pengaturan.

2. Klik Sistem di menu sebelah kiri.

3. Pilih Notifikasi dari menu tengah.

4. Matikan sakelar di sebelah Notifikasi di bagian atas jendela.

Jika kamu hanya ingin menonaktifkan notifikasi untuk sementara, kamu dapat mengaktifkan Jangan Ganggu dan mengatur waktu khusus untuk tidak menerima notifikasi.

2. Pemberitahuan dan rekomendasi menu mulai

Cara menonaktifkan 7 fitur Windows 11 yang mengganggu, laptop bisa lebih ngebut foto: tangkapan layar

Jika kamu tidak menggunakan OneDrive atau akun pengguna Microsoft, kamu akan melihat pemberitahuan terkait akun di menu Mulai. Berikut cara berhenti melihat notifikasi ini.

1. Dari aplikasi Pengaturan, pilih Personalisasi dari menu sebelah kiri.

2. Klik Start di menu tengah.

3. Matikan sakelar di sebelah Tampilkan pemberitahuan terkait akun sesekali di Start.

MenuStart juga merupakan rumah bagi rekomendasi, yang terkadang dapat membantu, tetapi lebih sering hanya mengganggu. Untuk mematikannya, alihkan sakelar di sebelah Tampilkan rekomendasi untuk kiat, pintasan, aplikasi baru, dan lainnya.

3. Iklan Microsoft yang ditargetkan

Cara menonaktifkan 7 fitur Windows 11 yang mengganggu, laptop bisa lebih ngebut foto: tangkapan layar

Dengan iklan di hampir setiap situs web yang kamu kunjungi dan di umpan media sosial, tidak mengherankan jika Windows 11 melacak aktivitas kamu sehingga pengiklan dapat mengirimkan iklan yang dipersonalisasi sesuai keinginan kamu. Meskipun tidak dapat mematikan iklan sepenuhnya di Windows 11, kamu dapat menonaktifkan penggunaan ID iklan unik kamu untuk berhenti melihat iklan bertarget.

1. Buka aplikasi Pengaturan.

2. Klik Privasi & Keamanan di menu sebelah kiri.

3. Pilih Umum dari menu tengah.

4. Di samping Izinkan aplikasi menampilkan iklan yang dipersonalisasi kepada saya dengan menggunakan ID iklan saya, matikan sakelar.

Secara opsional, kamu juga dapat mematikan sakelar di sebelah Biarkan Windows meningkatkan hasil Mulai dan penelusuran dengan melacak peluncuran aplikasi dan Menampilkan pemberitahuan kepada saya di aplikasi Pengaturan.

4. Umpan berita dari Widget

Cara menonaktifkan 7 fitur Windows 11 yang mengganggu, laptop bisa lebih ngebut foto: future

Widget adalah salah satu fitur Windows 11 terbaik karena memberi kamu sekilas info dari aplikasi yang telah ditambahkan, tetapi umpan berita yang ditambahkan secara default tidak diperlukan.

1. Buka papan Widget dengan menekan tombol Windows diikuti dengan tombol W.

2. Klik tombol Pengaturan (ikon roda gigi) di sudut kanan atas papan Widget.

3. Pilih Tampilkan atau sembunyikan umpan dari menu.

4. Matikan sakelar di sebelah Microsoft Start.

5. Jendela pop-up akan muncul untuk mengonfirmasi keputusan kamu. Pilih Matikan, dan saat kamu membuka papan Widget berikutnya, umpan berita akan hilang.

(brl/red)