Cara meningkatkan kecepatan download di perangkat Windows, periksa layanan internet

Cara meningkatkan kecepatan download di perangkat Windows, periksa layanan internet

Techno.id - Mungkin banyak dari kamu ketika mengunduh file dari internet ke laptop atau PC Windows berjalan sangat lambat. Artinya unduhan membutuhkan waktu yang lebih lama dari yang diharapkan.

Jika unduhan lambat dan halaman web membutuhkan waktu lama untuk dimuat, hal pertama yang harus kamu lakukan adalah memecahkan masalah koneksi internet yang lambat. Setelah kamu mengenyampingkan masalah apa pun dengan ISP, router, dan modem, lanjutkan ke pemecahan masalah perangkat.

Ada banyak penyebab mengapa komputer berjalan lambat, tetapi jika kamu secara khusus mengalami masalah dengan internet, mungkin karena hal-hal berikut.

1. Gangguan antara perangkat kamu dan router.

2. Terlalu banyak perangkat lain yang menggunakan jaringan Wi-Fi kamu.

3. Aplikasi latar belakang menghabiskan sumber daya dan bandwidth.

4. Koneksi kamu dibatasi.

Cara meningkatkan kecepatan download

Cara meningkatkan kecepatan download di perangkat Windows, periksa layanan internet foto: freepik/grinvalds

Setelah memeriksa masalah dengan koneksi internet, coba langkah-langkah ini untuk mempercepat unduhan di Windows.

1. Mengunduh pada saat bersamaan

Jika kamu mengunduh banyak file di perangkat yang berbeda, misalnya, komputer dan konsol game, secara bersamaan, setiap unduhan akan bersaing satu sama lain.

2. Matikan aplikasi latar belakang

Aplikasi yang berjalan di latar belakang dan menggunakan internet dapat mengganggu kecepatan unduhan, jadi nonaktifkan aplikasi apa pun yang menghabiskan banyak bandwidth dan sumber daya.

3. Gunakan kabel ethernet atau dekatkan ke router

Jika komputer kamu memiliki port ethernet, sambungkan PC langsung ke router untuk menghindari masalah stabilitas yang mungkin timbul dari koneksi nirkabel. Jika itu bukan pilihan, singkirkan penghalang apa pun antara komputer kamu dan router, pastikan jaraknya sedekat mungkin secara fisik.

4. Hapus file sementara

Komputer kamu menyimpan file sementara untuk program yang sering kamu gunakan. Tujuannya untuk mempercepat kinerjanya, tetapi terlalu banyak file sementara dapat memperlambat segalanya.

5. Beralih peramban web

Browser default kamu mungkin tidak dioptimalkan untuk koneksi internet yang kamu gunakan, jadi coba unduh file di browser lain.

6. Matikan pembatasan koneksi

Jika kamu menyetel koneksi untuk membatasi penggunaan data, nonaktifkan untuk memaksimalkan kecepatan unduh.

7. Gunakan pengelola unduhan

Beberapa pengelola unduhan dapat mengunduh file dari berbagai sumber secara bersamaan, memungkinkan unduhan lebih cepat.

8. Ganti server DNS

Penyedia layanan internet (ISP) kamu memilih server DNS default, dan tidak selalu memilih yang tercepat. Bereksperimenlah untuk mengetahui server mana yang paling cocok untuk kamu.

9. Nonaktifkan pembaruan Windows otomatis.

Windows mengunduh dan menginstal pembaruan OS terbaru secara otomatis. Jadi matikan fitur ini untuk memastikannya tidak mengganggu unduhan kamu.

10. Ubah batas bandwidth

Windows mencadangkan bandwidth untuk dirinya sendiri agar bisa memperbarui aplikasi dan layanan Microsoft. Untungnya, kamu dapat menyesuaikan batas bandwidth di pengaturan untuk memprioritaskan unduhan.

11. Tingkatkan paket internet

Paket internet kamu membatasi kecepatan koneksi. Hubungi ISP kamu untuk mendiskusikan peralihan ke layanan yang lebih cepat.

(brl/red)