Cara mengunduh aplikasi perangkat Android tanpa Google Play Store

Cara mengunduh aplikasi perangkat Android tanpa Google Play Store

Techno.id - Salah satu keuntungan terbesar dan paling terkenal yang selalu dimiliki perangkat Android dibandingkan iOS Apple adalah keterbukaan sistemnya. Tidak hanya jauh lebih fleksibel tetapi juga dapat digunakan di berbagai perangkat, khususnya di ranah ponsel cerdas.

Salah satu fitur terpenting bagi pengguna biasa adalah kemampuan untuk menginstal aplikasi dari luar Play Store Google. Meski sangat disarankan untuk selalu mengunduh dan menginstal aplikasi dari Play Store Google. Namun pengguna Android punya kebebasan mengunduh, menginstal, dan menggunakan toko aplikasi pihak ketiga yang berfungsi seperti Google Play Store.

Ada banyak alasan pengguna menginstal aplikasi dari luar Google Play Store. Bisa jadi karena tidak memiliki akses ke aplikasi store tersebut. Selain itu ada juga yang ingin mendapatkan versi atau versi aplikasi yang berbeda.

Terkadang, pembaruan baru menghapus fitur yang dibutuhkan atau merusak aplikasi, dan pengguna tidak ingin menunggu perbaikan bug. Dengan menginstal versi yang lebih lama melalui .file apk, mereka dapat kembali menggunakannya secara instan.

Selain itu mereka mungkin ingin menginstal aplikasi yang tidak tersedia di Play Store. Baik itu versi beta, aplikasi yang tidak memenuhi syarat dan ketentuan Play Store karena alasan apa pun, atau hanya aplikasi indie yang tidak dirilis di platform. Berikut cara menginstal aplikasi dari luar Google Play Store di perangkat Android.

1. Instal toko aplikasi pihak ketiga seperti Aptoide

Cara mengunduh aplikasi perangkat Android tanpa Google Play Store foto: aptoide

Salah satu cara termudah untuk mendapatkan aplikasi dari luar Google Play Store ke ponsel adalah dengan menggunakan toko aplikasi alternatif. Ini mungkin terdengar menakutkan. Tetapi hal itu bukanlah masalah. Jika kamu menggunakan ponsel Samsung, kamu mungkin sudah sering mengunduh aplikasi dari Galaxy Store milik Samsung.

Sebenarnya ada ribuan toko aplikasi pihak ketiga di luar sana. Selain Samsung atau Amazon, yang berafiliasi dengan produsen perangkat tertentu, salah satu yang paling popular adalah Aptoide. Perlu diingat, toko aplikasi ini bukan rekomendasi sebab tidak menjamin tingkat perlindungan yang sama dengan Google Play Store. Tetapi toko aplikasi ini cukup popular di luar Play Store Google. Ada ribuan aplikasi untuk dipilih, beberapa di antaranya tidak tersedia di Play Store Google. Jadi, inilah yang perlu kamu lakukan untuk menginstal toko aplikasi pihak ketiga dan menginstal aplikasi yang menggunakannya.

1. Buka situs web app store dan unduh file APK, dalam hal ini Aptoide.com. Sebaiknya lakukan ini di ponsel, jadi kamu tidak perlu berurusan dengan mentransfer file dari PC ke ponsel cerdas setelah mengunduh.

2. Buka aplikasi File di ponsel kamu dan temukan file APK Aptoide. Jika kamu telah mengunduhnya di ponsel, seharusnya ada di folder Unduhan.

3. Ketuk file APK untuk memulai proses instalasi.

4. Jendela pop-up akan muncul menanyakan apakah kamu ingin menginstal aplikasi. Ketuk Instal untuk melanjutkan.

5. Opsional, penginstalan mungkin terganggu oleh sistem Google Play Protect. Jika itu terjadi, dan kamu yakin aplikasi yang diinstal aman dan kamu memahami risiko menginstal aplikasi dari sumber yang tidak dikenal, ketuk Detail lainnya untuk memperluas jendela, lalu ketuk Instal.

6. Aplikasi akan memulai penginstalan, dan setelah beberapa saat, kamu akan mendapatkan pop-up yang memberi tahu bahwa penginstalan telah selesai.

7. Kamu sekarang dapat membuka toko aplikasi pihak ketiga.

8. Gunakan app store seperti yang kamu lakukan di Google Play Store. Cukup ketuk aplikasi yang ingin kamu instal, lalu ketuk Instal. App store akan mengurus sisanya.

Banyak toko aplikasi pihak ketiga juga mengizinkan kamu menginstal aplikasi versi lama. Jadi jika kamu memiliki masalah kompatibilitas, kamu mungkin ingin menggunakan fitur ini untuk membatalkan penginstalan.

2. Instal aplikasi sendiri

Cara mengunduh aplikasi perangkat Android tanpa Google Play Store foto: freepik/sabirsjg

Jika kamu sama sekali tidak ingin bergantung pada toko aplikasi, baik itu Google atau pengembang lain, kamu juga dapat menemukannya dengan unduh file apk secara online dan instal sendiri.

Dulu prosesnya sangat mudah, karena semua aplikasi Android dikompilasi dengan format .file apk, yang dapat kamu jalankan dan instal dengan mudah. Namun saat ini, aplikasi yang lebih baru mulai menggunakan Bundel Aplikasi Android, yang perlu menggunakan perangkat lunak penginstal untuk proses instalasinya.

Meskipun demikian, prosesnya tetap sangat mudah dan kamu tidak akan membutuhkan waktu lebih dari beberapa menit dari awal hingga selesai. Berikut cara menginstal .file apk dan dapatkan aplikasi.

1. Instalasi .file apk semudah biasanya, dan yang kamu butuhkan hanyalah ponsel dan browser, atau jika kamu tidak mengunduhnya .file apk dari ponsel, kamu juga memerlukan aplikasi File.

2. Unduh akun .file apk pilihan kamu.

3. Jika melakukannya di browser, kamu akan diminta untuk membuka file secara otomatis setelah diunduh, jadi ketuk Buka.

4. Jika tidak, atau kamu mentransfer file dari PC, buka aplikasi File dan temukan .file apk pilihan kamu.

5. Ketuk untuk memulai penginstalan.

6. Jendela pop-up akan muncul untuk menanyakan apakah kamu ingin menginstal aplikasi. Ketuk Instal untuk melanjutkan.

7. Opsional, penginstalan mungkin terganggu oleh sistem Google Play Protect. Jika itu terjadi, dan kamu yakin bahwa aplikasi yang kamu instal aman dan mengetahui risiko menginstal aplikasi dari sumber yang tidak dikenal, ketuk Detail lainnya untuk memperluas jendela, lalu ketuk Instal.

8. Aplikasi akan memulai penginstalan dan setelah beberapa saat kamu akan mendapatkan pop-up yang memberi tahu bahwa penginstalan telah selesai.

9. Kamu sekarang dapat menggunakan aplikasi seperti biasa.

Kamu mungkin memperhatikan bahwa langkah-langkahnya pada dasarnya sama dengan memasang toko aplikasi pihak ketiga. Itu karena toko aplikasi pihak ketiga juga hanya sebuah.aplikasi apk, jadi menggunakannya melibatkan penginstalan paket apk terlebih dahulu.

(brl/red)