Cara mengunci layar iPhone dan Android untuk membatasi anak mengakses konten digital

Cara mengunci layar iPhone dan Android untuk membatasi anak mengakses konten digital

Cara mengunci layar iPhone dan Android

Cara mengunci layar di Android

Cara mengunci layar iPhone dan Android untuk membatasi anak mengakses konten digital foto: freepik/alexandrgrant

Mirip dengan fitur Guided Access iPhone, Android memiliki opsi yang disebut Layar Pin. Namun, ini kurang canggih dibanding iPhone. Tujuan utama fitur Pin ini adalah untuk memberikan akses hanya ke aplikasi yang diinginkan.

Misalnya, saat orang tua menyematkan fitur ini di YouTube. Sekarang, mereka hanya dapat mengakses aplikasi itu yang berarti pengguna tidak dapat menutupnya atau membuat perubahan.

Namun, orang tua memiliki kendali penuh atas aplikasi tersebut dan hanya dapat merespons sentuhan jari mereka di dalam aplikasi tersebut.

Langkah 1, Menyiapkan fitur Layar Pin

Cara mengunci layar iPhone dan Android untuk membatasi anak mengakses konten digital foto: freepik

Orang tua diharuskan membuat pengaturan yang disebut pin windows untuk mengunci layar ponsel. Ikuti langkah-langkah di bawah ini untuk menyiapkannya.

1. Buka pengaturan perangkat.

2. Pergi ke Biometrik dan Keamanan.

3. Gulir ke bawah dan ketuk Pengaturan keamanan lainnya.

4. Ketuk Sematkan jendela dan aktifkan. Pengguna juga dapat mengaktifkan Minta PIN / Pola sebelum melepas pin.

Langkah 2, Membatasi dengan Layar Pin

Setelah mengaturnya, orang tua dapat menggunakannya dengan mudah untuk mengunci layar pada aplikasi tertentu. Begini cara melakukannya.

1. Buka aplikasi terbaru. (Pastikan YouTube berjalan di latar belakang).

2. Arahkan ke YouTube dan ketuk ikon YouTube di bagian atas.

3. Kemudian, ketuk Sematkan aplikasi ini. Sekarang, aplikasi YouTube terkunci

Untuk membuka kunci layar di Android, pengguna perlu mengetuk tombol terbaru dan kembali secara bersamaan. Jika menggunakan navigasi gerakan, geser ke atas dan tahan. Kemudian, pengguna mungkin diminta untuk memasukkan pin hanya jika telah mengaktifkan permintaan pin sebelum melepas pin.

Menggunakan aplikasi pihak ketiga

Fitur layar kunci bawaan berfungsi dengan baik hampir sepanjang waktu. Namun, jika kamu menginginkan lebih banyak fitur, kamu mungkin ingin menginstal aplikasi pihak ketiga untuk tujuan khusus ini.

Kamu dapat mencoba aplikasi seperti Touch Lock, Lock my touch, touch protector, dan lain sebagainya. Kamu juga dapat menemukan banyak alternatif untuk aplikasi ini.

Namun, karena ini adalah aplikasi pihak ketiga, aplikasi tersebut mungkin tidak aman dan dapat membahayakan perangkat. Demikian juga, kamu mungkin dibombardir dengan iklan. Jadi, Techno.id menyarankan untuk menggunakan alat bawaan perangkat daripada mengandalkan aplikasi pihak ketiga.

(brl/red)