3 Cara mudah mengatur volume tanpa tombol di perangkat Android, bisa gunakan asisten suara

3 Cara mudah mengatur volume tanpa tombol di perangkat Android, bisa gunakan asisten suara

Techno.id - Tombol volume di ponsel cerdas Android kamu tidak berfungsi? Ada beberapa cara cepat dan mudah yang dapat kamu gunakan untuk mengontrol level volume di ponsel Android kamu jika berhenti berfungsi. Metode ini berfungsi sebagai solusi sementara.

1. Gunakan aplikasi pengaturan

3 Cara mudah mengatur volume tanpa tombol di perangkat Android, bisa gunakan asisten suara foto: tangkapan layar/techno.id/yani andriyansyah

Selain tombol, cara termudah untuk mengontrol level volume di ponsel adalah melalui pengaturan perangkat. Buka Pengaturan > Suara & getaran dan sesuaikan bilah geser yang berbeda untuk mengontrol volume media, nada dering, notifikasi, dan alarm sesuai keinginan. Di ponsel Samsung, kamu akan menemukannya di bawah Pengaturan > Suara dan getaran > Volume.

2. Gunakan asisten suara

3 Cara mudah mengatur volume tanpa tombol di perangkat Android, bisa gunakan asisten suara foto: freepik

Semua ponsel Android modern dilengkapi Asisten Google yang sudah diinstal sebelumnya. Kamu dapat memintanya untuk melakukan berbagai hal termasuk mengubah level volume. Cukup bangunkan asisten dengan mengucapkan kata cepat "Hai Google" dan minta perintahnya.

Namun, sebelum melakukannya, pastikan fitur tersebut aktif agar asisten dapat mendengar. Kamu dapat mempelajari cara mengaktifkan Asisten Google di Android jika dimatikan. Di ponsel Galaxy, kamu juga dapat mengaktifkan asisten suara Samsung Bixby dan memintanya melakukan perintah yang sama.

3. Gunakan perangkat wearable audio

3 Cara mudah mengatur volume tanpa tombol di perangkat Android, bisa gunakan asisten suara foto: techno.id/yani andriyansyah

Jika ponsel kamu terhubung ke perangkat audio Bluetooth seperti earbud atau headphone nirkabel, kamu juga dapat menggunakannya untuk mengontrol level volume.

Headphone nirkabel memiliki tombol khusus untuk mengontrol level volume, dan sebagian besar earbud memungkinkan melakukannya melalui kontrol sentuh. Kamu bahkan dapat menyesuaikan tindakan untuk menambah atau mengurangi level volume melalui aplikasi resmi.

(brl/red)