6 Penyebab iPhone bisa diisi daya tetapi tidak mau hidup saat dinyalakan

6 Penyebab iPhone bisa diisi daya tetapi tidak mau hidup saat dinyalakan

Techno.id - Pernah mengalami iPhone kamu bisa diisi daya tetapi tidak mau menyala saat dihidupkan? Kondisi ini tentu saja bisa membuat stres. Apalagi jika kamu sedang membutuhkan smartphone, baik untuk berkomunikasi maupun menyelesaikan tugas-tugas pekerjaan.

Ada beberapa faktor yang membuat iPhone bisa diisi daya tetapi tidak bisa dihidupkan. Kamu bisa mencoba melakukan beberapa hal ini untuk memperbaiki masalahnya.

1. iPhone perlu dimulai ulang secara paksa

6 Penyebab iPhone bisa diisi daya tetapi tidak mau hidup saat dinyalakan foto: freepik

iPhone kamu mungkin dibekukan sementara dan memerlukan pengaturan ulang manual atau harus dimulai ulang paksa. Ikuti petunjuk yang sesuai untuk memulai ulang iPhone kamu secara paksa.

2. Baterai mati

6 Penyebab iPhone bisa diisi daya tetapi tidak mau hidup saat dinyalakan foto: unsplash/tyler lastovich

Jika daya baterai kamu benar-benar habis, iPhone mungkin tidak langsung menyala meskipun dicolokkan ke sumber listrik. Sambungkan iPhone ke pengisi daya dan biarkan terisi daya selama 30 menit, lalu coba nyalakan lagi.

3. Port atau kabel pengisi daya kotor

6 Penyebab iPhone bisa diisi daya tetapi tidak mau hidup saat dinyalakan foto: freepik/ali_production

Jika iPhone masih tidak menyala setelah 30 menit tersambung ke daya, periksa port dan kabel pengisi daya dan pastikan sudah bersih. Jika port pengisian daya tersumbat kotoran atau kontak kabel pengisi daya kotor, hal ini dapat mencegah pengisian daya baterai.

Bersihkan port secara hati-hati dengan tusuk gigi atau probe non-konduktif lainnya yang mirip dengan spudger, dan sedikit isopropil alkohol, biarkan mengering, dan coba kabel pengisi daya yang berbeda. Atau, coba isi daya iPhone kamu secara nirkabel.

4. Baterai, port, atau kabel pengisian daya rusak

6 Penyebab iPhone bisa diisi daya tetapi tidak mau hidup saat dinyalakan foto: freepik/poravute

Jika iPhone masih tidak menyala, mungkin baterainya mati atau port pengisian daya yang buruk. Mungkin juga ada masalah tombol daya. Jika ponsel menyala, colokkan dan lihat apakah indikasi pengisian daya menyala. Jika ponsel terisi daya, maka konektor daya berfungsi, dan kemungkinan besar kamu memiliki masalah baterai yang buruk. Tetapi jika masih tidak mengisi daya, mungkin port pengisian daya yang rusak.

5. Tombol daya rusak

6 Penyebab iPhone bisa diisi daya tetapi tidak mau hidup saat dinyalakan foto: freepik/eyesartist

Jika tombol daya tampaknya tidak berfungsi, colokkan iPhone ke sumber listrik dan lihat apakah tombol tersebut menyala secara otomatis. Jika ponsel menyala dan memiliki daya, mungkin ada masalah dengan tombol daya atau kabel tombol daya. Uji tombol daya dan ganti jika perlu.

6. Layar rusak

6 Penyebab iPhone bisa diisi daya tetapi tidak mau hidup saat dinyalakan foto: freepik/rawpixel.com

Ada kemungkinan tampaknya tidak ada yang terjadi karena tampilannya buruk. Cara mudah untuk mengujinya adalah dengan menghidupkan telepon dan mendengarkan suaranya. Selain itu, kamu dapat menggerakkan sakelar sakelar bisu ke depan dan ke belakang untuk melihat apakah sakelar itu bergetar. Jika bergetar atau mendengar suara tetapi tidak ada yang ditampilkan di layar, kemungkinan besar layar tersebut adalah masalahnya.

(brl/red)