Cara mengunci file di laptop dan komputer, bisa pakai dan tanpa aplikasi

Cara mengunci file di laptop dan komputer, bisa pakai dan tanpa aplikasi

Techno.id - Keamanan merupakan salah satu kebutuhan yang tentu ingin didapatkan oleh setiap orang. Tak melulu soal barang, keamanan sebuah data juga penting untuk diperhatikan. Pasalnya semakin banyak data di laptop dan komputer, tentu pengamanan file tersebut semakin dibutuhkan.

Ribuan bahkan jutaan data penting di laptop maupun komputer penting untuk diamankan. Proses pengamanan file bisa dilakukan dengan berbagai cara.

Cara yang diperlukan untuk mengamankan file pada laptop dan komputer sejatinya tidak terlalu rumit. Alternatif menggunakan dan tanpa aplikasi menjadi salah satu solusi cerdas untuk mengamankan file.

Berkenaan dengan pembahasan tersebut, berikut techno.id telah merangkum dari berbagai sumber pada Kamis (15/12), cara mengunci file di laptop dan komputer.

Cara mengunci file di laptop dan komputer bisa dilakukan dengan beberapa cara. Setiap cara tidak bisa dianggap mudah secara keseluruhan. Namun ada juga cara yang termasuk mudah untuk ditiru.

Selain itu, proses penguncian file pada laptop dan komputer bisa dilakukan menggunakan atau tanpa aplikasi. Kedua cara tersebut tentu memiliki perbedaan. Untuk mulai mengunci file pada komputer dan laptop baik menggunakan atau tanpa aplikasi, kamu bisa simak ulasan berikut.

1. Cara mengunci file di laptop dan komputer tanpa menggunakan aplikasi

Cara mengunci file di laptop dan komputer, bisa pakai dan tanpa aplikasi

foto: isorepublic.com

Salah satu cara yang bisa dilakukan dengan mudah adalah memanfaatkan fitur archive. Untuk mulai menggunakan fitur archive untuk mengunci file pada laptop dan komputer, kamu bisa simak ulasan berikut.

1. Buka file explorer pada laptop dan komputer yang kamu miliki.
2. Cari file yang ingin diamankan kemudian klik kanan pada file tersebut.
3. Akan muncul beberapa opsi, pilih add to archive kemudian pilih Zip.
4. Agar file tersebut lebih aman, kamu bisa menambahkan pengunci dengan cara klik set password.
5. Ketikkan password yang dianggap mudah diingat agar saat file tersebut dibutuhkan bisa dibuka dengan mudah.
6. Setelah memasukkan password yang diinginkan, klik OK untuk mulai mengompres file yang ada.

2. Cara mengunci file di laptop dan komputer menggunakan aplikasi

Cara mengunci file di laptop dan komputer, bisa pakai dan tanpa aplikasi

foto: isorepublic.com

Selain bisa mengunci file dengan cara archive, ada juga langkah lain yang bisa digunakan untuk mengamankan file pada laptop dan komputer. Kamu bisa memanfaatkan berbagai aplikasi yang bisa di instal secara gratis.

Salah satu aplikasi yang bisa kamu gunakan untuk mengamankan file pada laptop dan komputer adalah My Secret Folder. Tak hanya bisa digunakan untuk mengamankan folder, My Secret Folder bisa juga dimanfaatkan sebagai pengunci file. Untuk mulai menggunakan My Secret Folder, kamu bisa simak ulasan berikut.

1. Download aplikasi My Secret Folder melalui website penyedia terpercaya pada laptop maupun komputer.
2. Setelah proses instal berhasil, buka aplikasi tersebut kemudian buat folder baru.
3. Pada folder tersebut, kamu bisa menambahkan file yang ingin diamankan.
4. Setelah menambahkan file pada folder yang telah dibuat, kamu bisa klik Next dan pilih Create a Password untuk mengamankan folder tersebut.
5. Ikuti langkah yang diminta oleh aplikasi My Secret Folder hingga proses selesai.
7. Jika proses telah selesai, file yang ingin kamu amankan bisa tersimpan dengan mudah. Saat ingin mengakses file tersebut, kamu bisa membuka folder dan mengisikan password yang telah dipilih sebelumnya.


(brl/guf)